Penyebab Daun Janda Bolong Menguning

Janda bolong sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias, karena bentuk daunnya yang unik dan dipercaya mampu menyerap udara yang kotor.

Namun, kamu harus waspada ketika janda bolong mulai menguning, bahkan layu. Penyebab daun janda bolong menguning ini bisa jadi karena kesalahan perawatan dan nutrisi.

Nah, apa saja penyebab daun tanaman hias kuning ini?

Kurangnya Cahaya Matahari

Penyebab daun janda bolong menguning yang paling umum adalah intensitas cahaya yang kurang. Penyebab ini bisa kamu ketahui jika pada bagian daun yang kuning atau layu berada di bagian yang tidak terkena sumber cahaya.

Namun, jika intensitas cahaya matahari terlalu banyak akan menimbulkan masalah lain. Yaitu daun akan muncul bercak-bercak berwarna coklat. Jadi, kamu harus meletakkan daun ini dengan cahaya yang cukup.

Kurangnya Penyiraman

Penyebab daun janda bolong menguning juga bisa karena kurangnya air. Daun akan mengalami layu, menggulung, dan berwarna kuning, bahkan coklat.

Penyiraman yang tepat bisa kamu lakukan dengan mengeceknya menggunakan jari. Benamkan jari ke media tanam sedalam 2 – 4 cm. Jika terasa kering, itulah waktu untuk menyiram.

Namun, jika terlalu banyak kandungan airnya maka juga akan menyebabkan tanaman mati. Jadi masalah penyiraman ini harus disesuaikan dengan baik.

Masalah Kelembaban

Masalah kelembaban udara bisa membuat daun menguning. Tanaman asli tropis ini harus berada pada kondisi kelembaban yang cukup dan sirkulasi yang baik.

Untuk mengatasi masalah daun yang menguning ini kamu bisa memotongnya di bagian daun yang menguning. Lalu, rawat tanaman tersebut dengan cara yang tepat.

Kurangnya Nutrisi

Masalah daun janda bolong yang menguning bisa disebabkan juga oleh kekurangan nutrisi atau unsur hara. Penyebab ini bisa dilihat dari daun yang menguning, batang yang terlihat kering, dan akar yang juga terlihat kering.

Artikel Terkait:  5 Fakta Tanaman Hias Janda Bolong

Cara mengatasi daun menguning ini, kamu bisa memberikan pupuk NPK. Larutkan pupuk ke dalam air, kemudian siramkan di bagian akarnya. Pastikan bahwa kadar larutan pupuk tersebut antara 1100 sampai 1400 ppm.


Itulah penyebab daun janda bolong menguning dan layu. Karena itu, kamu harus benar-benar berhati-hati dalam merawatnya, berikan pupuk tanaman janda bolong dengan tepat. Sehingga tanaman hias kamu akan semakin terlihat sehat dan segar.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with