Pecinta Syngonium Sudah Familiar Dengan Jenis ini Belum?

Syngonium termasuk jenis tanaman hias yang banyak diburu para kolektor tanaman hias. Karena warna dan corak daunnya sangat cantik-cantik. Namun ada beberapa jenis yang masih jarang di Indonesia.

Mau tahu jenis apa saja yang cukup sulit untuk didapatkan di indonesia? Lihat daftar berikut:

Syngonium Auritum

Dapat tumbuh setinggi 1-3 meter. Memiliki daun bergelombang dengan warna cenderung hijau pekat dan mengkilap hampir di seluruh permukaan daun.

Tidak seperti kebanyakan jenis lain. Auritum memiliki daun lebih tebal dari jenis syngonium lainnya dan berbentuk menyerupai telinga kelinci. Tanaman hias ini memiliki tangkai yang panjang.

Syngonium Red Arrow

Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan ini cukup sulit untuk ditemukan.

Ciri-cirinya memiliki daun berwarna hijau tua pada permukaannya dan berwarna kemerahan cenderung gelap di bagian belakang daun. Bibit dari Red Arrow saja dijual di atas Rp100 ribu.

Syngonium Chiapensis

Termasuk jenis syngonium baru yang paling eksotis. Bentuk daun menyerupai panah dan besar mencapai 30-50 cm. Sebagai spesies asli Chiapas di Meksiko, meski mudah tumbuh namun sangat jarang dibudidayakan.

Memiliki daun berwarna hijau terang merata pada setiap permukaan dan harga tergantung dari kerimbunan tanaman.

Syngonium Orm Nak

Termasuk syngonium yang paling jarang ada di Indonesia. Meskipun habitatnya lebih sering di hutan tropis, namun kamu juga bisa menemukannya di hutan basah.

Memiliki daun berbentuk hati membulat dengan warna pink yang indah sampai merah tua menyala. Warna tergantung pada kondisi cahaya dan budidaya. Di Indonesia harganya cukup tinggi, yaitu Rp1,5 – 2 juta tergantung ukuran.

Artikel Terkait:  Tanaman Variegata Kuning yang Sedang Hits

Syngonium Freckles

Memiliki daun berbentuk mata panah sempurna. Terdapat perpaduan warna putih dan hijau pada permukaan daun. Hal itu yang membuat tanaman ini tampak cantik.

Jika kamu tertarik dengan tanaman ini, letakkan di tempat yang teduh dan siram  1 kali sehari untuk menjaga kelembaban tanah.


Beberapa jenis syngonium tersebut masih lumayan jarang ditemukan di Indonesia. Tetapi bagi kamu pecinta syngonium jangan khawatir karena beberapa seller di Indonesia ada yang punya beberapa jenis tersebut. Namun jumlahnya belum banyak dan harganya masih lumayan tinggi.

Share this:

Tinggalkan komentar