Panduan Lengkap Merawat Tanaman Hias Calathea untuk Pemula

Share this Article
Merawat tanaman hias calathea

Tanaman hias Calathea adalah pilihan yang populer bagi pemula yang ingin mempercantik rumah mereka dengan tanaman indoor yang menarik. Calathea menawarkan daun yang indah dengan pola dan warna yang unik, memberikan sentuhan eksotis di dalam ruangan. Namun, perawatan yang tepat diperlukan agar Calathea tetap sehat dan indah. Dalam panduan ini, kami akan memberikan langkah-langkah praktis untuk merawat tanaman hias Calathea, cocok bagi pemula yang ingin menikmati keindahan tanaman ini.

Sebelum memulai perawatan Calathea, penting untuk memahami karakteristik tanaman ini. Calathea adalah tanaman hias yang berasal dari daerah tropis Amerika Selatan. Tanaman ini dikenal dengan daunnya yang lebar, berwarna hijau dengan pola dan variasi warna yang menarik. Beberapa varietas Calathea memiliki pola yang lebih mencolok seperti garis-garis, bintik-bintik, atau corak unik lainnya.

Jenis-jenis Calathea yang Populer

Calathea Lancifolia

Juga dikenal sebagai Rattlesnake Plant, Calathea lancifolia memiliki daun hijau gelap dengan garis-garis cokelat atau ungu yang menyerupai sisik ular. Pola unik ini memberikan sentuhan eksotis pada tanaman ini. Tanaman ini biasanya tumbuh hingga sekitar 2 kaki (60 cm) dan menjadi pilihan populer sebagai tanaman hias indoor.

Calathea Orbifolia

Calathea orbifolia memiliki daun yang lebar dan bulat dengan warna hijau gelap yang menonjol. Daunnya memiliki pola bintik-bintik putih yang mencolok di atas daun gelap, menciptakan kontras yang menarik. Tanaman ini dapat tumbuh hingga sekitar 2-3 kaki (60-90 cm) dan merupakan pilihan yang bagus untuk menciptakan tampilan yang dramatis di ruang dalam rumah Anda.

Calathea Roseopicta

Juga dikenal sebagai Calathea Medallion, Calathea roseopicta memiliki daun bulat dengan warna hijau tua yang kontras dengan corak merah muda atau merah yang mencolok. Corak ini memberikan tampilan yang anggun dan menarik pada tanaman ini. Calathea roseopicta dapat tumbuh hingga sekitar 1-2 kaki (30-60 cm) dan menjadi pilihan populer untuk menghiasi ruang tamu, ruang kerja, atau kamar tidur.

Merawat Tanaman Hias Calathea

Memberikan Kondisi Lingkungan Ideal

Untuk merawat Calathea dengan baik, Anda perlu menyediakan kondisi lingkungan yang sesuai.

Pencahayaan

Calathea menyukai sinar matahari yang terfilter atau cahaya yang lembut. Letakkan tanaman ini di tempat yang terkena sinar pagi atau tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung.

Kelembaban

Calathea merupakan tanaman yang membutuhkan kelembaban udara yang tinggi. Anda dapat meningkatkan kelembaban dengan menyemprotkan air ke sekitar tanaman atau menempatkan wadah berisi air di dekatnya.

Suhu Ruangan

Calathea tumbuh baik pada suhu ruangan antara 18-24 derajat Celsius. Hindari menempatkan tanaman ini di dekat sumber panas atau daerah yang terlalu dingin.

Penyiraman yang Tepat

Penyiraman yang tepat sangat penting untuk kesehatan Calathea.

Frekuensi Penyiraman

Pastikan tanah di sekitar Calathea tetap lembab, tetapi tidak terlalu basah. Siram tanaman ini secara teratur, namun biarkan permukaan tanah mengering sedikit sebelum menyiram lagi.

Air yang Digunakan

Gunakan air bersih dan bebas klorin untuk menyiram Calathea. Anda juga dapat menggunakan air yang telah dibiarkan selama 24 jam untuk mengurangi kandungan klorin.

Teknik Penyiraman yang Benar

Siram tanaman secara merata di sekitar akar dan pastikan tidak ada genangan air di dalam pot. Genangan air dapat menyebabkan akar busuk dan merusak tanaman.

Pemupukan yang Optimal

Memberi makan Calathea secara teratur akan memastikan pertumbuhan yang sehat dan daun yang indah.

Pemilihan Pupuk yang Tepat

Gunakan pupuk yang Anda formulasikan khusus untuk tanaman hias daun. Pilih pupuk yang mengandung nitrogen dan unsur mikro yang penting untuk pertumbuhan tanaman.

Jadwal Pemupukan

Berikan pupuk setiap 2-4 minggu sekali selama musim semi dan musim panas. Kurangi frekuensi pemupukan selama musim gugur dan musim dingin.

Cara Memberi Pupuk yang Benar

Ikuti petunjuk pada kemasan pupuk untuk dosis yang tepat. Larutkan pupuk dalam air sesuai dengan petunjuk dan tuangkan larutan pupuk ke dalam pot dengan hati-hati.

Perawatan Daun

Merawat daun Calathea dengan benar akan menjaga keindahan tanaman ini.

Membersihkan Daun

Bersihkan daun Calathea secara teratur dengan menggunakan kain lembab atau spons yang bersih. Hal ini akan menghilangkan debu dan menjaga daun tetap sehat.

Mencegah dan Mengatasi Penyakit Daun

Pantau tanda-tanda penyakit pada daun seperti noda, bercak cokelat, atau daun yang layu. Jika terjadi masalah, pisahkan tanaman yang sakit dari yang sehat dan gunakan fungisida atau insektisida yang sesuai.

Menjaga Kelembaban Daun

Semprotkan air kecil pada daun Calathea untuk menjaga kelembaban dan mencegah daun menjadi kering.

Menangani Masalah Umum

Beberapa masalah umum dapat muncul saat merawat Calathea. Berikut adalah cara mengatasinya:

Kutu Daun

Jika Calathea Anda terinfeksi kutu daun, bersihkan daun dengan air sabun atau gunakan insektisida yang aman untuk tanaman hias.

Ulat Tanah

Ulat tanah dapat merusak akar Calathea. Jika Anda melihat tanda-tanda serangan ulat tanah, keluarkan ulat tersebut dan tanamlah kembali tanaman dengan pot baru dan tanah segar.

Noda pada Daun

Noda pada daun Calathea bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlelebih. Pindahkan tanaman ke tempat yang teduh atau gunakan kain penutup untuk melindungi daun dari sinar langsung.

Replantasi dan Pembagian Tanaman

Replantasi dan pembagian tanaman perlu untuk menjaga pertumbuhan Calathea yang sehat.

Kapan Replantasi Diperlukan

Replantasi perlu ketika tanaman sudah terlalu besar untuk potnya saat ini. Tanda-tanda replantasi termasuk akar yang terjulur dari lubang drainase, pertumbuhan yang lambat, atau tanah yang terlalu padat.

Proses Pembagian Tanaman

Untuk membagi tanaman Calathea, keluarkan tanaman dari pot dan pisahkan rimpangnya dengan hati-hati. Pastikan setiap bagian memiliki setidaknya beberapa batang dan akar yang sehat. Tanam masing-masing bagian dalam pot yang baru dengan tanah yang segar.

Perawatan Pasca-replantasi

Setelah replantasi atau pembagian, berikan perawatan ekstra kepada tanaman. Pastikan tanah tetap lembab dan tempatkan tanaman di tempat yang teduh untuk beberapa hari agar tanaman pulih dari stres replantasi.

Dengan mengikuti panduan lengkap ini, Anda dapat merawat tanaman hias Calathea dengan lebih baik, bahkan jika Anda pemula. Pastikan untuk menyediakan kondisi lingkungan yang ideal, memberikan penyiraman yang tepat, pemupukan yang optimal, serta perawatan daun yang baik. Tangani masalah umum seperti kutu daun dan ulat tanah dengan cepat, dan jangan lupa melakukan replantasi dan pembagian tanaman jika diperlukan. Dengan perhatian dan perawatan yang baik, tanaman hias Calathea Anda akan tumbuh subur dan memberikan keindahan yang menakjubkan di dalam rumah Anda.

Read More: Cara Merawat Tanaman Hias dalam Ruangan

Artikel Terkait:  Rekomendasi Calathea dengan Pola Daun Paling Eksotis

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,