Bercocok

Mitos Bunga Kastuba Sebagai Christmas Flower

Bunga kastuba terkenal sebagai bunga natal. Bentuknya indah dengan dedaunan unik yang berwarna merah. Banyak yang menyukai bunga satu ini karena bentuk dan warnanya yang cantik, ada juga mitos bunga kastuba yang selama ini masyarakat percayai.

Tanaman sendiri merupakan jenis tanaman hias yang daun-daunnya tidak akan merah selamanya. Kamu perlu memberikan perawatan optimal agar daun kastuba tetap rimbun dan berwarna merah.

Lalu, apa yang membuat orang-orang menyukai kastuba?

Bunga Kastuba Pembawa Rezeki

Kastuba sering dijadikan sebagai hiasan saat perayaan natal. Warnanya yang indah seakan menambah rasa suka cita orang-orang yang berada di sekitarnya.

Konon masyarakat percaya bahwa bunga kastuba merupakan tanaman yang bisa membawa rezeki dan keberuntungan. Tidak heran bahwa banyak pecinta tanaman hias yang suka merawat tanaman kastuba dan menaruhnya di teras atau dalam rumah.

Orang-orang yang menanam tanaman ini akan melakukan upaya terbaik untuk mencegah bunga kastuba berubah warna. Caranya dengan memberikan air cukup, memupuk seminggu sekali, memberikan pencahayaan yang cukup, serta memangkas ujung batang agar tumbuh daun-daun muda.

Tanaman ini seakan menjadi tanaman wajib ketika natal. Apalagi tanaman ini memiliki warna yang menyala di bulan Desember

Ternyata ada sebuah legenda yang masyarakat yakini, masyarakat menganggap bunga kastuba sebagai bunga natal dan pembawa hoki.

Legendanya Sebagai Christmas Flower

Jauh sebelum masyarakat menganggap bunga kastuba sebagai bunga natal, seorang anak kecil miskin di Meksiko tengah kebingungan membawa hadiah untuk Kristus.

Ia tidak memiliki uang, sehingga merasa hadiah yang bisa ia bawa adalah sebuah tanaman yang ada di pinggir jalan.

Tanpa mengetahui tentang tanaman hias yang ia bawa, anak kecil tersebut berniat tulus memberikannya pada Kristus. Satu hal yang ia ingat bahwa bukan bentuk hadiahnya yang akan dilihat, melainkan ketulusan hati si pemberi hadiah.

Artikel Terkait:  7 Jenis Bunga Keladi Serta Cara Merawatnya

Anak kecil tersebut berjalan ke gereja dengan membawa tanaman hias yang ia petik tadi. Tiba-tiba dedaunannya berubah menjadi merah menyala.

Tentu saja hal itu membuat para jemaat lain kagum. Sehingga umat kristen di Meksiko menganggap bahwa kastuba adalah bagian dari keajaiban natal. Sehingga keberadaan bunga tersebut selalu ada di tiap perayaan natal.

Apakah Bunga Kastuba Beracun?

Selain dikagumi akan keindahannya, tanaman ini juga disebut sebagai daun racun. Meski demikian, racun dalam tanaman tidak tergolong parah.

Beberapa gangguan yang akan terjadi ketika terpapar bunga kastuba antara lain ruam, gatal, diare, iritasi mata, atau reaksi alergi bagi yang alergi lateks.

Tapi bukan hanya dianggap beracun, tanaman kastuba juga kerap dijadikan sebagai obat luar dengan dosis tidak terlalu banyak.


Itulah mitos bunga kastuba, legenda, dan beberapa hal mengenai tanaman kastuba. Tidak heran jika tanaman kastuba dicintai oleh banyak pecinta tanaman hias.

Source photo feature image: instagram (winatahenny)

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

calathea

Jenis Calathea, Media Tanam & Perawatannya

Calathea merupakan tanaman yang terkenal dengan dengan tanaman doa (pray plant). Karena bentuk daunnya yang menggulung layaknya tangan yang sedang berdoa. Dalam perawatannya

Philodendron

Philodendron Brasil vs Philodendron Gabby

Philodendron Brasil vs philodendron gabby, mirip tapi berbeda. Lengkapnya, berikut karakteristik pembedanya serta cara merawat philodendron. Karakteristik Philodendron Brasil dan Philodendron Gabby Philodendron

© 2021 Bercocok.id • Built with