Merawat Segala Jenis Aglaonema Biar Makin Cantik

Pecinta Aglaonema, yuk merapat! Pesona tanamam ini memang membuat siapapun langsung jatuh cinta. Pasalnya tanaman satu ini memiliki jenis yang sangat banyak serta pilihan warna yang beragam.

Untuk kamu yang sedang mencari tanaman hias berwarna, Aglaonema cocok untuk kamu rawat karena warna si cantik ini bukan saja hanya hijau. Melainkan ada merah, pink, kuning, dan lain-lain.

Bagaimana cara perawatan Aglaonema? Pada artikel berikut bercocok akan bahas. Mulai dari penyiraman, media tanam, pencahayaan sampai dengan perbanyakan. Mari disimak.

Perawatan Aglaonema

Pencahayaaan

sebagian besar jenis Aglaonema tumbuh subur dalam pencahayaan ruangan. Bahkan beberapa jenis dapat mentolerir cahaya yang sangat rendah dan hampir tidak ada cahaya. Tapi tentunya kamu harus sesekali beri cahaya pada tanaman ini agar pertumbuhan dan warnanya optimal.

Cahaya matahari sangat membantu daun tanaman ini agar warnanya tetap cantik. Apalagi untuk yang memiliki dedaunan berwana cerah seperti, Big Roy, Lady Valentine, Pink Katerina, Suksom dan sebagainya.

Media Tanam

Aglaonema menyukai jenis media tanam dengan kelembaban yang sedang dan sedikit asam. Pot pun harus memiliki drainase yang baik.

Campuran media tanam yang bisa kamu gunakan ialah, sekam mentah (lebih baik yang steril dan sudah terfermentasi), dan sekam bakar sebagai penetral media tanam, supaya poros beri tambahan andam dan pasir malang, lalu berikan sedikit tanah organik (yang berasal dari kotoran hewan atau kompos tanaman lain).

Penyiraman

Untuk penyiraman sendiri selalu menyesuaikan lingkungan kamu, karena setiap lingkungan memiliki perkiraan hari penyiraman yang berbeda.

Tips dari bercocok, jika kamu ragu-ragu apakah media tanam masih basah atau tidak gunakanlah pot transparant agar kamu dapat memantau media tanam sekaligus akar tanaman mu.

Artikel Terkait:  Tanaman Hias Popular, Keladi, Aglaonema dan Janda Bolong

Atau kalo kamu kurang menyukai pot transparant bisa menggunakan cara lama, yaitu masukan jarimu ke media tanam sekitar 3 cm untuk merasakan kelembaban media tanam.

Namun kalau kamu sudah biasa berkebun, kamu pasti tau kapan berapa kali sehari kira-kira penyiraman dilakukan dengan optimal.

Suhu

Karena tanaman ini tumbuh subur dalam suhu ruang, maka suhu terbaik ada di antara 18 derajat – 26 derajat celcius.

Tanaman ini merupakan tanaman tropis maka jangan letakan Aglaonema di bawah suhu 15 derajat celcius. Karena tanaman ini tidak tahan dingin.

Kelembaban

wah, tanaman ini tidak begitu rewel dengan tingkat kelembaban. Hampir cocok dalam segala jenis ruang, namun jika kamu meletakannya pada kelembaban rata-rata 50% Aglaonema akan sangat menyukainya. Contohnya kamu bisa meletakan dibawah pohon yang rindang.

Perbanyak Aglaonema

Cara memperbanyaknya ada 2 macam, yaitu pertama pisah akar. Cara ini dapat kamu lakukan dengan membongkar si media tanama, lalu lihat apakah ada tunas lain dalam satu pohon. Jika memiliki percabangan tunas dan sudah memiliki akar bisa langsung kamu potong.

Lalu cara kedua dengan stek batang, cara ini agak tricky dibanding cara sebelumnya. Yaitu potong batang aglaonema (jangan hanya satu daun). Lalu tancap langsung ke media tanam baru.


Perawatan tanaman ini terbilang cukup mudah dan sangat cocok untuk kamu yang baru saja tertarik dalam dunia tanaman hias. Selain itu pilihan warna tanaman ini sangat banyak sekali.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with