Bercocok

Merawat Philodendron Xanadu, Ikuti Tips Berikut

Merawat philodendron xanadu yang tumbuh tegak dan berdaun besar ini tidaklah sulit. Tanaman hias yang satu ini cocok untuk dijadikan hiasan di dalam ruangan. 

Hal ini karena ketika sudah tumbuh dewasa daun menjadi berwarna hijau gelap. Batangnya juga tebal dan di sepanjang permukaan tanah biasanya muncul akar angin. 

Namun, sebelum kamu menanam alangkah baiknya jika mengetahui metode yang tepat untuk perawatannya. Dengan demikian, nantinya akan tumbuh dengan baik dan subur. 

Jenis philodendron ini mampu beradaptasi pada berbagai kondisi lingkungan. Pada kondisi lembab maupun kering tetap bisa bertahan hidup, akan tetapi usahakan tidak tergenang air. 

Tips Merawat Philodendron Xanadu dengan Baik

Apabila kamu ingin menanam philodendron xanadu harus mengetahui syarat tumbuh serta cara merawatnya. Bagi yang belum mengetahui maka silahkan simak tips di bawah ini. 

Syarat Pencahayaan

Tanaman yang satu ini sebaiknya kamu tanam pada area yang tidak langsung terkena matahari karena akan mudah terbakar. Oleh karena itu, sebaiknya letakkan philodendron xanadu pada tempat yang terkena cahaya namun tidak langsung. 

Apabila ditanam indoor maka sebaiknya kamu keluarkan paling sedikit setiap seminggu sekali. Tujuannya agar memperoleh sinar matahari yang cukup sehingga pertumbuhannya bagus.

Merawat philodendron xanadu pada kondisi terlalu terang akan menyebabkan perubahan warna daun menjadi pucat meskipun tidak sampai terbakar. Jenis ini lebih toleransi terhadap cahaya redup.

Biasanya daun akan berubah gelap saat cahayanya redup. Berbeda dengan batangnya yang justru semakin memanjang. Pada kondisi tersebut konsumsi air menjadi lebih sedikit. 

Teknik Penyiraman

Kondisi tanah harus selalu dipantau, jika sekitar 5 cm media bagian atas mengering maka segera kamu siram dengan air. Apabila tanah tidak cepat mengering maka siramlah sedikit air saja. 

Tanaman membutuhkan kondisi tanah yang lembab, namun jangan sampai becek. Selain itu, tidak bisa tumbuh jika tanah terlalu kering. Oleh karena itu, harus berhati-hati saat merawat philodendron xanadu.

Kebutuhan air sangat dipengaruhi oleh musim dan banyak sedikitnya cahaya. Dengan demikian, saat musim kering siramlah menggunakan lebih banyak air dibandingkan ketika musim hujan. 

Repotting

Repotting sangat bermanfaat untuk tanaman yang masih muda. Pada umumnya repotting sebaiknya kamu lakukan setiap tahun atau bisa lebih apabila belum siap. Ada beberapa tanda philodendron xanadu sudah matang dan siap kamu repotting.

Tandanya antara lain adalah pertumbuhan berlangsung lambat, tanaman harus kamu siram setiap 2 hingga 3 hari sekali. Drainase pada tanah kurang baik dan sistem akar memenuhi pot serta mengelilingi bagian bawah. 

Syarat Tanah

Teknik merawat philodendron xanadu berikutnya menggunakan campuran media tanam yang mudah mengering. Tujuannya untuk membuat akar tidak mudah membusuk dan kebutuhan oksigen terpenuhi. 

pH tanah untuk pertumbuhannya adalah 5,6 hingga 7,5 sehingga kamu bisa menggunakan gambut maupun bahan organik lainnya. Contohnya mencampurkan cocopeat, sekam atau kompos yang mana jumlahnya masing-masing sepertiga.

Unsur anorganik bisa diganti memakai perlite. Selain itu, tambahkan cacahan pakis atau kulit kayu dalam jumlah sedikit pada media tanam. 

Cara Memupuk

Merawat philodendron xanadu membutuhkan pemupukan secara rutin namun tidak boleh berlebihan. Alasannya karena jika berlebihan akan terjadi penumpukan residu yang menyebabkan akar terbakar. 

Caranya memakai pupuk umum yang sudah diencerkan sampai setengah dosis baru kamu berikan ke tanaman. Metode kedua pupuk diencerkan menjadi 1 sendok teh setiap galonnya setelah itu gunakan untuk menyiram. 

Terakhir dengan menaburkan formula pupuk slow release ke tanah. Sebelum pemupukan, tanah harus dalam keadaan lembab. Dosis harus tepat sehingga warna daun tidak berubah yang akan membuat pertumbuhan kurang optimal. 

Kelembaban

Merawat philodendron xanadu harus memperhatikan kelembaban udara. Biasanya akan mengkilap dan subur jika udaranya lembab. Caranya dengan menjaga tanah selalu terhidrasi sehingga bisa menyesuaikan dengan kondisi lebih kering. 

Suhu

Suhu optimal pertumbuhan yaitu sekitar 18 hingga 29 derajat celcius. Jika diletakkan dalam ruangan maka jauhkan dari heater maupun AC karena lebih peka dengan fluktuasi suhu maupun angin cepat. 

Kamu bisa mencoba mempraktikkan berbagai tips di atas agar pertumbuhan tanaman menjadi lebih optimal. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempelajari teknik merawat philodendron xanadu.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

Rekomendasi Tanaman Indoor untuk Cafe

Tanaman indoor merupakan jenis tanaman yang dapat kamu letakkan di dalam ruangan. Cukup banyak gedung dan rumah yang sengaja menanam tumbuhan di dalam

© 2021 Bercocok.id • Built with