Menjaga Kelembaban Tanaman Hias

Sumber kebutuhan air untuk tanaman ternyata bukan hanya dari media tanam lho, tanaman juga membutuhkan kelembaban dari udara sekitar. Maka dari itu menjaga kelembaban tanaman hias sangatlah penting.

Apalagi saat musim kemarau, kelembaban tanaman hias harus tetap terjaga.

Beberapa tanda tanamanmu kekurangan kelembaban adalah, ujung daun mulai berwarna coklat, tanaman mulai layu, daun mulai menguning dan beberapa daun teksturnya seperti crispy (biasanya sering ditemukan pada tanaman calathea).

Berikut adalah tips & tricks yang bisa kamu coba untuk menjaga kelembaban tanaman hiasmu.

Menyiram Bagian Top Soil

Penyiraman top soil itu seperti apasih? penyiraman ini kamu lakukan sebaiknya dengan sprayer agar kamu lebih yakin bagian yang masuk kemedia tanam tidak begitu banyak.

Intinya pada penyiraman ini air yang masuk kemedia tanam hanya pada permukaanya saja dan jangan sampai rembes pada bagian lubang pot.

Meletakan Pot Pada Tatakan Berisi Air

Letakan pot pada sebuah wadah sedalam kurang lebih 5 cm, jangan gunakna baskon atau wadah dengan ketinggian lebih dari 5 cm.

Isi wadah tersebut dengan air, sehingga menjaga kelembaban pada permukaan potnya saja.

Kamu juga bisa memberikan wadah yang lebih tinggi dengan catatan isi sebagian wadah dengan kerikil, pecahan batu bata atau apapun itu yang berongga ya.

Misting

Istilah kerennya adalah misting yaitu menyemprotkan bagian daun dan batang dengan spayer menggunakan pancaran air yang sangat tipis.

Teknik ini menciptakan kelembaban pada sekitar permukaan daun dan batang sekaligus membersihkan debu yang menempel pada bagian daun.

Pada teknik ini kamu juga bisa menambahkan serum atau pupuk organik cair ke campuran air misting. Pengaplikasian pupuknya akan terserap oleh daun dan batang pasa proses misting.

Artikel Terkait:  Tips Merawat Alocasia, Agar Tidak Mati Satu Tumbuh Satu

Jika tanaman mu diletakan didalam rumah, kamu bisa menggunkan humidifier dan tidak perlu melakukan misting lagi.

Mengelompokan Tanaman

Cara tersebut seperti habitat asli tanaman di hutan, cara ini sangat bekerja pada tanaman calathea. Tanaman lebih senang jika dikelompokan dengan tanaman lain. apalagi jika di pekarangan rumahmu terdapat pepohonan yang rindang-rindang.

Setiap tanaman mengalami penguapan, dan uap air yang keluar bisa saling dimanfaatkan untuk menjaga kelembaban tanaman lain disekitarnya.

Jika tanaman mu sudah berkelompok sebaiknya misting kamu lakukan jangan terlalu rutin ya, kamu bisa melakukannya jika udara terasa sangat terik atau di musim kemarau saja.

Meletakannya di dalam Kamar Mandi

Kenapa kamar mandi? karena kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang lembab di dalam rumah kita.

Tetapi ada juga beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam meletakan tanaman di dalam kamar mandi mu, yaitu kamar mandi harus cukup luas. 

Mengapa? pastikan ketika kamu mandi atau melakukan aktifitas dengan air, tanaman mu tidak selalu terkena cipratan air yang mengakibatkan overwatering.

Pencahayaan yang cukup baik, ketika ingin memberikan dan menjaga kelembaban pada tanaman hias kamu tidak boleh melupakan unsur cahaya atau penyinaran yang cukup. Karena tanaman tetap membutuhkan cahaya matahari.

Sirkulasi udara, walaupun kamar mandi tempat yang lembab. Tetapi tanaman tetap menyukai sirkulasi udara yang baik. Jangan letakan pada kamar mandi yang pengap dan kedap udara.

Memberikan Toping Moss 

Berikan lumut atau spaghnum moss pada permukaan media tanam, kelembaban pada permukaan media tanam membantu merangsang pertumbuhan tunas baru, lho.


Itu dia 6 cara yang bisa kamu terapkan untuk membantu menjaga kelembaban tanaman hias mu.

Artikel Terkait:  Perbedaan Monstera Borsigiana dan Deliciosa

Biasanya bercocok paling suka teknik misting dan memberikan tatakan air pada permukaan pot.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with