Bercocok

Memperbanyak dan Mengkilapkan Daun Sansevieria

Sansevieria adalah tanaman hias yang dapat membersihkan udara. Berikut cara memperbanyak sansevieria dan mengkilapkan daunnya.

Cara memperbanyak sansevieria adalah salah satu informasi yang paling ditunggu pecinta tanaman hias. Karena sansevieria atau yang akrab disebut dengan lidah mertua adalah jenis tanaman yang disukai banyak orang.

Alasannya sederhana. Selain karena memang memiliki corak yang indah, lidah mertua juga memiliki kemampuan membersihkan udara. Inilah jawaban dari pertanyaan mengapa lidah mertua banyak ditanam di pekarangan rumah. Agar udara di sekitar tempat tinggal menjadi lebih segar dan bersih.

Mengembangkan sansevieria memang tidaklah mudah. Tapi tidak perlu khawatir. Di bawah ini akan dibahas mengenai cara mengembangbiakkan tanaman lidah mertua ini.

Cara Agar Sansevieria Berkembang Banyak

Memisahkannya

Cara agar sansevieria cepat beranak yang pertama adalah membagi batang dan akarnya. Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu mencabut tanaman lidah mertua ini. Lalu potong sebagian batang dari akarnya.

Tanam batang yang telah dipotong tersebut pada tanah lain atau media tanam lainnya. Biarkan hingga tumbuh tunas. Dengan cara ini sansevieria bisa berkembang biak lebih banyak lagi.

Menggunakan Tunas Muda

Kamu juga bisa membuat langkah lain untuk mengembangkan tanaman lidah mertua kesayanganmu. Yaitu dengan cara membuat sansevieria mini. Caranya adalah dengan mengambil tunas yang tumbuh pada tanaman ini.

Ambil pisau tanaman. Lalu potong bagian tunas yang terlihat tumbuh. Pindahkan tunas itu pada media lain. Atau bisa juga ditanam secara

bersama dengan pohon pokoknya. Pastikan kelembaban air pada media tanam cukup baik untuk menghindari pembusukan tanaman.

Memotongnya

Ada pula cara lain yang bisa kamu gunakan. Yaitu cara menanam lidah mertua dengan stek daun. Potong daun yang dekat dengan pangkal. Lalu pindahkan potongan daun tersebut pada air. Tunggu hingga tumbuh akarnya. Baru pindahkan pada media tanam tanah.

Masukkan Dalam Air Bersih

Dari sekian banyak cara yang digunakan, memasukkan pada air adalah yang paling banyak dilakukan. Mengingat air sangat berpotensi besar untuk menumbuhkan akar-akarnya.

Pastikan air yang digunakan adalah air bersih. Bukan air dengan kadar bahan kimia yang bisa merusak tanaman. Bahkan dengan cara ini pula kamu bisa gunakan lidah mertua sebagai hiasan untuk tanaman indoor.

6 Cara Mengkilapkan Daun Sansevieria

Memiliki tanaman hias seperti sansevieria atau lidah mertua, butuh upaya perawatan yang tepat supaya terlihat selalu menarik dan sehat. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah, dengan menerapkan cara mengkilapkan daun sansevieria dengan langkah-langkah tepat.

Salah satu kelebihan dari tanaman lidah mertua, memang daunnya yang menjulang tinggi dengan permukaan halus dan mengkilap. Jika tidak terawat, akan terlihat kusam bahkan mengering, daun sansevieria busuk dan layu. Berikut ini, ada 6 langkah untuk memastikan daunnya tetap kinclong.

Kain yang basah

Cara pertama yang sering dipakai adalah, dengan mengambil kain dengan tekstur lembut seperti handuk bayi. Kemudian handuk tersebut kamu celupkan ke dalam air, lalu bersihkan daun tanaman berwarna hijau lumut tersebut satu persatu dari ujung hingga pangkalnya.

Lakukan perlahan, agar kamu tidak daun menjadi patah atau tergores. Untuk melakukannya bisa setiap hari, atau ketika daunnya sudah terlihat kusam.

Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang terkenal memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk membuat daun sansevieria tetap berkilau. Caranya mudah, teteskan sedikit minyak kelapa di permukaan dari daunnya lalu ratakan dengan menggunakan kain halus.

Pastikan semua bagian daun sudah terolesi minyak kelapa, kemudian biarkan mengering alami. Ini adalah, cara merawat sansevieria mini atau standar yang paling banyak dipilih.

Pakai Air Dicampur Sabun

Jika ingin memakai cara ini, pastikan campuran air dan sabun benar-benar rata dan larut sempurna. Pengaplikasiannya dengan menyemprotkan cairan dari jarak cukup jauh, lalu ambil kain lap untuk membersihkan bekas sabun untuk memastikan efek mengkilap terlihat jelas.

Menggunakan Kuas

Pastikan untuk memilih kuas dengan bentuk ujung lembut, agar tidak membuat daun terluka. Sama halnya dengan kain basah, kamu bisa membersihkan dengan menyapu permukaan yang kotor dengan kuas. Bahkan kuas dapat membantu menjangkau area tersembunyi dari daun lho!

Pakai Kulit Daun Pisang

Belah kulit pisang, hingga terlihat cairan berupa minyak alami, gosokkan bagian itu pada permukaan daun. Ratakan menggunakan kain lembut, supaya kilau nya juga merata.

Minyak alami tersebut juga akan menjadi penjawab tanya kenapa daun lidah mertua kering. Minyak dari kulit pisang juga bisa menutrisi daun lidah mertua.


Bagaimana? Cara memperbanyak sansevieria ternyata tidak sulit, bukan? Kamu bisa melakukan langkah-langkah di atas sendiri di rumah.

Kamu bisa memilih salah satu cara mengkilapkan daun sansevieria di atas, sebagai solusi supaya tanaman hias yang banyak peminatnya ini tidak lagi terlihat kusam dan bisa dengan percaya diri kamu tempatkan di lokasi strategis hunian.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with