6 Cara Membuat Pupuk Organik Sendiri, Mudah dan Murah

Mencoba hal baru di rumah merupakan kegiatan baik seperti membuat pupuk organik. Olahan pupuk dapat membuat subur tumbuhan Kamu. Jika Kamu memiliki hobi bercocok tanam maka Kamu tidak asing dengan pupuk tanaman. 

Ada beberapa macam pupuk yaitu pupuk cair dan pupuk padat. Begitu juga dengan bahan bakunya, terdapat 2 bahan. Seperti tanaman dan kotoran hewan bisa juga dari bahan kimia yang diproduksi banyak untuk petani. 

Vitamin tanaman berguna menyuburkan tanaman Kamu, misalnya tanaman padi di sawah juga memerlukan pupuk. Biasanya petani menggunakan pupuk alami dan kimia. Kegiatan membuat pupuk organik tidak menguras kantong Kamu.

Kali ini bercocok akan menjelaskan tata cara membuat vitamin tanaman dari beberapa bahan yang mudah kamu dapatkan. Tahukah Kamu bahwa bahan makanan bekas dapat menjadi bahan baku pupuk alami?

Pastinya cara yang digunakan cukup sederhana, apalagi bagi Kamu yang memiliki hobi menanam berbagai tanaman di rumah. Hal tersebut supaya tidak mengeluarkan banyak uang untuk menyuburkan tanaman di rumah. 

Selain itu, minim bahan kimia yang digunakan juga akan menambah manfaat bagi konsumsi tanaman yang Kamu tanam. Mari simak dengan seksama penjelasan kami mengenai pembuatan pupuk organic.

Bahan Bekas Cocok untuk Membuat Pupuk Organik

Sebelum memulai, kamu perlu tahu pengertian pupuk organic. Pupuk atau vitamin tanaman alami tentu saja menggunakan bahan alam tanpa kimia. Sehingga tidak menimbulkan dampak serius bagi tanaman dan lingkungan. 

Biasanya pupuk organic terbuat dari beberapa bahan seperti kotoran hewan, tanaman sisa yang masih baru atau olahan. Membuat pupuk organik juga harus memperhatikan tanaman apa yang akan Kamu berikan pupuk tersebut.

Berikut langkah pertama membuat pupuk alami dari nasi basi adalah siapkan beberapa bahannya seperti nasi basi, air, dan gula. Untuk nasi harus benar – benar nasi yang sudah basi jika ingin mendapatkan hasil pupuk berkualitas.

Langkahnya adalah masukkan nasi basi ke dalam botol yang telah kamu siapkan sebelumnya. Lalu larutkan air dan garam ke dalam botol lainnya. Larutan air dan gula akan menjadi makanan bagi mikroorganisme yang ada di dalam nasi basi. 

Tuangkan larutan air tersebut ke dalam botol nasi. Untuk membuat pupuk organik dari nasi basi, pastikan wadah botol yang dituangkan nasi masih ada ruang sebagai tempat air dan gula tadi. Tutup rapat lalu diamkan. 

Diamkan dalam 2 hari kemudian kocok botol sehingga kedua element nasi dan air tadi menyatu. Hindarkan dari sinar matahari kemudian simpan dengan melonggarkan tutup botol tadi. Sehingga hari ke 7 siap dibuka. 

Pada hari ke 7, kamu bisa mengaplikasikan pupuk cair tersebut ke tanaman – tanaman yang ada di rumahmu. Sebagai pemula pastinya ini sangat mudah dengan menyiapkan bahan bakunya. Apalagi bahan – bahan bekas yang terjangkau.

Kegunaan Pupuk Organik Untuk Pertumbuhan Tanaman

Selain mudah membuatnya, segudang manfaat yang dimiliki pupuk alami ini sangat banyak. Berikut ini kegunaan dari pupuk alami.

  1. Sebagai nutrisi sehingga dapat memperbaiki tubuh tanaman kamu. Di antaranya adalah tumbuhan kamu bisa cepat berbunga atau berbuah. 
  2. Produktivitas tumbuhan meningkat dengan pupuk cair. Walaupun antara organic dan kimia sama – sama menghasilkan produktivitas tinggi. Tentunya yang berbahan alami lebih menguntungkan.
  3. Membuat pupuk organik dari bahan alami berguna untuk memperbaiki struktur tanah. Juga dapat menyuburkan tanah. Sehingga sebagai media tanam yang baik bagi tumbuhan kamu. 
  4. Sebagai penghalau datangnya hama. Diketahui bahwa hama pengganggu dapat menghambat pertumbuhan dari tanaman kamu. Berikan pupuk alami maka hama akan menjauh dari tanaman tersebut. 
  5. Membuat pupuk organik sebagai sumber makanan yang satu – satunya mudah sekali terserap oleh tumbuhan kamu. Karena bentuknya yang cair maka tanah dan juga tumbuhan mudah mencernanya. 
  6. Berguna bagi petani yang menerapkan sistem hidroponik. Sekali lagi bentuknya cair jadi jika kamu larutkan ke dalam saluran hidroponik justru mudah untuk diserap tanaman dan membuat tumbuh subur. 

Beberapa manfaat tersebut akan membuat tanaman kamu tumbuh menjadi subur dan tidak gampang terserang hama. Di Indonesia sudah banyak terobosan – terobosan mengenai vitamin tumbuhan. 

Salah satunya tadi menggunakan nasi basi, kemudian kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan seperti sayur segar, sayur kering, buah busuk, buah segar dan beberapa makanan sisa. Membuat pupuk organik cocok untuk pemula.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

begonia polkadot

Cara Stek Daun Begonia Polkadot

Begonia polkadot menjadi salah satu bunga yang banyak dibudidayakan karena corak daunnya yang unik. Ada dua cara memperbanyak begonia polkadot. Cara pertama adalah

Berkenalan Dengan 12 Jenis Syngonium

Kali ini bercocok akan ngebahas beberapa jenis si cantik Syngonium, karena jenisnya banyak sekali ada beberapa tanaman yang serupa tapi tak sama loh.

© 2021 Bercocok.id • Built with