Media Tanam Kamu Berjamur? Ini Tips Menghilangkannya

Share this Article
media tanam berjamur

Jika kamu mengaku pecinta tanaman, jangan lupa mengetahui informasi terkait cara mensterilkan tanah dari jamur. Karena jamur bisa tumbuh di mana saja. Termasuk di permukaan tanah.

Penyebab jamur bisa tumbuh di atas tanah beragam. Mulai dari kelembaban yang terlalu tinggi, pot tanpa sirkulasi udara yang baik, hingga penyiraman yang berlebihan. Inilah alasan mengapa cara steril tanah sangat perlu. Agar jamur tidak merusak media tanam atau bahkan tanaman itu sendiri.

Cara Mensterilkan Media Tanam Berjamur

Membuang Media Tanam Bagian Atas

Cara mensterilkan media tanam yang pertama adalah membuang tanah pada bagian atas. Bagian inilah yang biasanya ditumbuhi jamur lebih banyak. Buang dengan cara disisir atau mengambil bagian yang ditumbuhi jamur saja.

Gunakan pisau, sekop, ataupun alat pertanian lainnya. Lalu buang tanah yang berjamur ke area yang jauh dari tanaman. Hal tersebut bertujuan agar tidak kembali mengkontaminasi tanaman kembali.

Pindahkan ke Pot lain

Jika dalam beberapa hari setelah membuang tanah yang berjamur, jamur masih saja tumbuh, gunakan cara selanjutnya. Yaitu dengan memindahkan tanaman pada pot lain yang berbeda bahan. Karena bisa jadi jamur tumbuh dari bahan yang digunakan untuk membuat pot.

Biasanya pot yang terbuat dari tanah liat lebih rentan terpapar jamur. Pindah tanaman pada pot yang berbahan plastik. Tapi tetap pastikan ada lubang drainase pada dasar pot. Ini akan membantu mengurangi kelembaban berlebihan di dalam pot.

Larutan Cuka Apel

Ada pula beberapa pemilik tanaman hias yang menggunakan obat untuk steril media tanam. Obat ini bisa kamu dapatkan di toko tanaman hias. Atau bisa juga dengan membuatnya sendiri menggunakan cuka apel.

Cara membuatnya mudah. Cukup larutkan beberapa sendok cuka apel pada air. Lalu aduk hingga merata. Tempatkan larutan cuka air tersebut dalam botol spray yang biasa digunakan untuk memberi vitamin pada tanaman.

Artikel Terkait:  Menjaga Kelembaban Tanaman Hias

Semprotkan larutan cuka apel tersebut pada tanah yang ditumbuhi jamur. Cara ini cukup efektif untuk mematikan jamur yang tumbuh subur di permukaan tanah.


Bagaimana? Ternyata cara mensterilkan tanah dari jamur tidak sulit, bukan? Kamu bisa melakukannya sendiri untuk merawat tanaman hias kesukaanmu.

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,