Media Tanam Alocasia Caladium Calathea

Siapa pecinta Alocasia dan Caladium? Kalian pasti tau dong tanaman – tanaman tersebut adalah tanaman yang ada pada lantai hutan di habitat aslinya. Kali ini bercocok akan membahas media tanam Alocasia Caladium serta tanaman yang sifatnya serupa.

Tidak merambat di pepohonan seperti di Monstera, Philodendron, Epipremnum dan yang lainnya. 

Maka dari itu bercocok akan membahas media tanam untuk tanaman tersebut.

Walaupun belum pernah pergi ke hutan, pasti sudah bisa membayangkan visual lantai hutan entah dari film atau dari media lain.

Pada umunya lantai hutan sangat lembab dan di penuhi dedaunan dan ranting-ranting tanaman. Maka dari itu Caladium ataupun Alocasia sangat menyukainya.

Lalu apa saja campuran media tanam yang bisa kita coba untuk menyerupai lantai hutan tersebut? Yuk simak!

Campuran Media Tanam Caladium Alocasia Calathea

Sebelum kita masuk ke bahan bahan campuran, bercocok ingin kasih tahu ke kalian bahwa media tanam ini bisa juga di gunakan untuk jenis tanaman yang memiliki sifat serupa.

Rekomendasi campuran:

  • daun bambu : 2
  • Andam : 1
  • Sekam bakar : 1
  • Worm casting / pupuk organik/ pupuk kandang : 1
  • Perlite : 1

Selain untuk dijadikan kompos, daun bambu digunakan untuk menahan kelembaban dalam media tanam. Selain daun bambu, kamu juga bisa menggunakan opsi dedaunan andalan kalian ya.

Lalu andam digunakan untuk porositas dalam media tanam, kamu sebaiknya menggunakan andam batangnya saja yang sudah steril atau dikeringkan terlebih dahulu ya. Jangan gunakan andam yang lembab karena mengundang jamur dan bakteri

Selanjutnya, sekam bakar terkenal sebagai media yang baik untuk mencegah jamur dan bakteri. Sehingga walaupun media tetap lembab, jamur dan bakteri kemungkinan tidak akan tumbuh.

Worm Casting atau pupuk organik maupun pupuk kandang bisa kalian tambahkan, yang fungsinya sebagai unsur hara yang baik untuk nutrisi tanaman.

Artikel Terkait:  Rekomendasi Tanaman Merambat Sekaligus Berinvestasi

Terakhir ada perlite, dikenal sebagai media yang dapat menyerap unsur unsur disekitarnya maka perlite sangat baik untuk campuran media tanam. Selain itu perlite juga bersifat ringan dan memberikan porositas untuk akar tanaman.


Itu dia beberapa bahan yang bisa kamu coba gunakan untuk tanaman Alocasia atau Caladiummu ya. Selamat berkebun!

Share this:

Tinggalkan komentar