Manfaat Tanaman Puring dan Perawatan Tanaman Puring

Share this Article
Manfaat tanaman puring

Tanaman puring (Euphorbia milii) merupakan salah satu tanaman hias populer yang berasal dari Madagascar. Tanaman ini terkenal dengan nama bunga mahkota dewa, karena memiliki bentuk bunga yang indah dan menawan. Selain sebagai tanaman hias, tanaman puring juga memiliki manfaat lain yang penting bagi kehidupan manusia. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai manfaat dari tanaman puring serta tips perawatan yang tepat untuk tanaman ini.

Manfaat Tanaman Puring

Estetika dan Kecantikan Taman

Tanaman puring terkenal karena bunga-bunga berwarna cerah yang indah. Berbagai varietas puring hadir dalam berbagai warna seperti merah, merah muda, kuning, putih, dan oranye, sehingga memberikan sentuhan estetika yang menakjubkan bagi taman atau pekarangan Anda.

Menyegarkan Udara

Seperti tanaman hijau lainnya, tanaman puring juga memiliki kemampuan untuk menyaring udara dari polutan dan zat berbahaya. Ini membantu memperbaiki kualitas udara di sekitar tanaman, menjadikannya pilihan yang bagus untuk dijadikan dekorasi dalam ruangan.

Pengusir Nyamuk

Salah satu manfaat tak terduga dari tanaman puring adalah kemampuannya untuk mengusir nyamuk. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman puring mengandung senyawa yang dapat mengusir nyamuk, sehingga menjadikannya alternatif alami untuk mengurangi populasi nyamuk di sekitar rumah.

Tanaman Obat Tradisional

Tanaman puring telah digunakan sebagai tanaman obat tradisional dalam berbagai budaya. Ekstrak dari tanaman ini diyakini memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik, dan telah digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan seperti luka, jerawat, dan nyeri otot.

Keberuntungan dan Simbol Positif

Di beberapa budaya, tanaman puring dianggap sebagai simbol keberuntungan, kebahagiaan, dan kesuksesan. Dalam feng shui, tanaman puring dipercaya memiliki energi positif yang dapat meningkatkan suasana di rumah atau tempat kerja.

Perawatan Tanaman Puring

Meskipun tanaman puring dapat tumbuh dengan relatif mudah, tetap diperlukan perawatan yang tepat untuk memastikan tanaman tetap sehat dan berbunga indah. Berikut adalah beberapa tips perawatan untuk tanaman puring:

Artikel Terkait:  3 Bunga Puring Termahal, Wajib jadi Koleksi Tanaman Hias

Penyiraman

Pastikan tanaman puring mendapatkan penyiraman yang cukup, tetapi jangan terlalu banyak. Air berlebih dapat menyebabkan akar membusuk. Sebaliknya, biarkan tanah mengering sedikit di antara penyiraman.

Pencahayaan

Tanaman puring membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk berbunga dengan baik. Letakkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari pagi atau sore, dan hindari sinar matahari langsung yang terlalu terik.

Tanah dan Pemupukan

Pastikan tanah tempat Anda menanam tanaman puring memiliki drainase yang baik. Gunakan campuran tanah yang kaya akan bahan organik. Pemupukan dilakukan setiap bulan sekali dengan pupuk cair yang mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium.

Pemangkasan

Lakukan pemangkasan secara teratur untuk menjaga bentuk dan ukuran tanaman puring. Pemangkasan juga membantu merangsang pertumbuhan tunas baru dan berbunga lebih banyak.

Pengendalian Hama

Periksa tanaman secara teratur untuk memastikan tidak ada hama atau penyakit yang menyerang. Jika ditemukan, lakukan tindakan pengendalian hama yang tepat, seperti membersihkan daun atau menggunakan insektisida organik.

Perhatian terhadap Keamanan

Penting untuk diingat bahwa getah tanaman puring bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan mata. Selalu gunakan sarung tangan saat memangkas atau merawat tanaman, dan hindari kontak langsung dengan getah.

Dengan memberikan perawatan yang tepat, tanaman puring akan tumbuh subur dan memberikan manfaat estetika dan kesehatan bagi lingkungan sekitarnya. Selain itu, mengamati bunga-bunga indahnya juga bisa meningkatkan perasaan bahagia dan positif pada pemiliknya.

Kesimpulan

Tanaman puring adalah pilihan yang menarik untuk menghiasi taman, pekarangan, atau bahkan di dalam ruangan. Selain memberikan sentuhan estetika yang indah, tanaman ini juga memberikan berbagai manfaat yang penting bagi kesehatan dan lingkungan sekitarnya. Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat menikmati keindahan dan manfaat dari tanaman puring dalam waktu yang lama. Jadi, jangan ragu untuk menanam dan merawat tanaman puring di rumah Anda!

Artikel Terkait:  3 Bunga Puring Termahal, Wajib jadi Koleksi Tanaman Hias

Cara Mudah Memperbanyak Tanaman Syngonium

Syngonium, juga dikenal sebagai arrowhead vine atau goosefoot plant, adalah tanaman hias populer yang memiliki daun berbentuk panah dan tumbuh merambat. Tanaman ini berasal dari

Follow Us

Ikuti kami di Instagram untuk mendapatkan tips tentang bertanam tanaman hias dan juga ada promo menarik lainnya