Bercocok

Manfaat Pupuk Cair Organik, Baik Untuk Lingkungan

Pupuk cair banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas tanaman. Nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat bagi pertumbuhan maupun perkembangan tanaman budidaya.

Selain itu, juga memberikan efek baik bagi tanah maupun lingkungan. Pemupukan menjadi salah satu aktivitas penting yang tidak boleh terlewatkan. Karena bisa mempengaruhi hasil panen.

Pada prakteknya tidak dijadikan sebagai pupuk utama. Alasannya karena bentuknya cair sehingga mudah terbawa erosi. Meski demikian, banyak orang yang menggunakannya karena mengandung nutrisi penting bagi tanaman.

Pupuk juga lebih mudah terserap tanaman. Pertumbuhan tanaman lebih optimal jika kamu beri jenis pupuk itu. Hasil panen juga menjadi semakin banyak sehingga cara ini dianggap lebih efektif.

Manfaat Memakai Pupuk Cair yang Wajib Diketahui

Pemupukan tidak boleh kamu lakukan secara sembarangan agar berdampak baik bagi tanaman. Berikut ini adalah berbagai manfaat yang akan kamu peroleh setelah menggunakan pupuk berbentuk cair.

Kualitas Tanaman Meningkat

Tanaman akan tumbuh dengan subur sehingga hasil panennya berkualitas bagus. Jika kamu menanam sayuran maka kualitasnya menjadi semakin baik, tampak segar, rasanya lebih enak dan bisa disimpan dalam waktu lama.

Hal ini juga berlaku untuk tanaman buah. Buah hasil panen menjadi lebih banyak karena mengandung berbagai unsur hara yang lengkap baik mikro maupun makro. Salah satu contohnya yaitu pada tanaman salak.

Salak yang kamu beri pupuk organik cair biasanya terasa lebih manis. Persentase bunga yang akan berkembang menjadi buah juga semakin banyak. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Artikel Terkait:  Penyebab Tanaman Hias Tidak Tumbuh Dengan Subur

Biaya Produksi menjadi Lebih Ringan

Pemakaian pupuk yang cair menyebabkan peningkatan hasil panen sehingga sangat menguntungkan. Hal ini karena dari segi harganya lebih murah daripada pupuk anorganik. Dengan demikian, bisa menghemat biaya perawatan tanaman.

Di sisi lain, hasil panen akan melimpah sehingga keuntungan yang akan kamu dapatkan menjadi lebih besar. Setelah mengetahui berbagai manfaat tersebut maka kamu bisa langsung mempraktekkan penggunaan jenis pupuk ini.

Merevitalisasi Produktivitas Tanah

Pemakaian pupuk kimia secara berlebih memiliki dampak buruk terhadap kondisi tanah. Selain itu, akumulasi bahan kimia yang terkandung di dalamnya membuat tanah kekurangan unsur hara.

Efek jangka panjangnya akan membuat tanah menjadi keras sehingga kamu kesulitan mengolahnya. Kondisi tersebu mengganggu proses pertumbuhan. Namun, semua itu tidak akan terjadi jika kamu menggunakan pupuk organik cair.

Apabila kamu menggunakan pupuk cair dalam proses budidaya tanaman maka akan berkontribusi memperbaiki struktur tanah. Manfaat lainnya adalah membantu meningkatkan permeabilitas tanah.

Dengan demikian, lahan pertanian tidak akan ketergantungan dengan pupuk anorganik. Selain itu, bisa berfungsi sebagai sumber makanan untuk mikroorganisme tanah.

Jumlah mikroorganisme semakin banyak maka membuat lahan pertanian lebih gembur sehingga mempermudah proses penyerapan air di dalam tanah. Akibatnya, jika menanam tanaman pada tanah tersebut akan menjadi semakin subur.

Tidak Menimbulkan Resiko Berbahaya Bagi Lingkungan

Bahan utama yang sering digunakan adalah sampah organik. Misalnya seperti dedaunan, kotoran hewan dan lain sebagainya. Saat kamu menggunakannya untuk memupuk tanaman, maka bisa menjadi semakin subur dan berbuah lebat.

Selain itu, aman untuk kamu konsumsi karena tidak menyisakan residu yang akan membahayakan tanaman. Dengan demikian, tidak menimbulkan permasalahan baru seperti pencemaran lingkungan dan lain-lain.

Artikel Terkait:  Perbedaan Pupuk Slow Release dan Fast Release

Begitu banyak manfaat yang dapat kamu rasakan jika melakukan pemupukan menggunakan bahan organik berbentuk cair. Oleh karena itu, kamu sangat dianjurkan untuk beralih memakai pupuk cair ketika menanam tanaman budidaya.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

Rekomendasi Tanaman Indoor untuk Cafe

Tanaman indoor merupakan jenis tanaman yang dapat kamu letakkan di dalam ruangan. Cukup banyak gedung dan rumah yang sengaja menanam tumbuhan di dalam

memperbanyak tanaman kuping gajah

Memperbanyak Tanaman Kuping Gajah

Tanaman kuping gajah adalah sebutan popular untuk Anthurium daun. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman satu ini. Tapi apakah kamu masih bingung

© 2021 Bercocok.id • Built with