5 Langkah Mudah Merawat Monstera Variegata Bagi Pemula

Artikel ini membahas lima langkah mudah merawat Monstera Variegata bagi pemula. Mulai dari penyiraman, pemupukan, hingga penggantian pot.

Merawat tanaman hias kini menjadi salah satu hobi yang populer di kalangan masyarakat urban. 

Apakah kamu tertarik mencobanya? Berikut kami bahas langkah mudah merawat Monstera Variegata yang bisa kamu terapkan di rumah.

Kamu pasti sudah tidak asing dengan nama Monstera. Tanaman berdaun lebar yang memiliki beberapa sobekan itu memang sedang hits saat ini. 

Bahkan, harganya melambung tinggi hingga jutaan rupiah. Lalu, bagaimana dengan salah satu variasinya yang bernama Monstera Variegata?

Sekilas Tentang Monstera Variegata

Tidak berbeda jauh dengan jenis Monstera lainnya, perawatan Monstera Variegata termasuk mudah, bahkan untuk pemula sekali pun. Monstera Variegata termasuk tanaman tropis yang memiliki keunikan tersendiri di bagian daunnya.

Jenis Monstera yang satu ini mempunyai paduan warna hijau dan putih yang tak teratur akibat  mutasi genetik. Namun, warnanya yang teratur itulah yang justru menjadi daya tarik tersendiri. Tak heran, jenis Monstera Variegata termasuk langka dan menjadikan harganya super mahal.

Mungkin, di antara kamu ada yang bertanya berapa harga Monstera variegata? Jangan kaget jika kisaran harganya saat ini mencapai Rp75.000-Rp3.000.000 lebih. Angka yang fantastis bukan?Untuk itulah, selain sebagai hobi, menanam Monstera Variegata juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Tertarik mencoba? Sebaiknya pelajari bagaimana cara merawat monstera Variegata yang baik dan benar terlebih dahulu. Berikut tutorialnya.

Cara Merawat Monstera Variegata

Perhatikan Media Tanam dan Nutrisinya

Hal pertama yang tidak boleh kamu lewatkan adalah memastikan Monstera Variegata milikmu memiliki media tanam yang tepat. Sebagai tips, kamu bisa mencampurkan tanah dengan pasir yang berpadu pupuk dengan perbandingan 1:1. 

Ingat, jangan hanya menanamnya di tanah tanpa memberinya pupuk ya! Karena percuma, tanaman tidak akan tumbuh dengan sehat dan segar. Sebab, Monstera Variegata yang kamu tanam juga memerlukan nutrisi untuk tumbuh dengan baik. Maka di sini lah peran penting pupuk.

Artikel Terkait:  Tanaman Variegata Kuning yang Sedang Hits

Tidak perlu bingung menemukan rekomendasi pupuk untuk Monstera Variegata. Gunakan pupuk B1 Setiap satu kali per minggu agar tanaman mampu membentuk jaringan baru. Untuk hasil maksimal, kamu juga bisa tambahkan hidroton agar tanaman ternutrisi dengan baik.

Lakukan Penyiraman Secara Rutin

Menyiram tanaman adalah langkah penting yang tidak boleh kamu lewatkan agar tanaman tetap segar dan mampu melakukan fotosintesis dengan baik. Jika biasanya kamu menyiram tanaman setiap hari, maka perlakuan untuk Monstera Variegata agak lain.

Kamu cukup menyiram Monstera Variegata milikmu sebanyak 2-3 kali per minggu, atau bahkan cukup satu kali per minggu. Agar hasilnya bagus, sebaiknya lakukan penyiraman saat sore hari,  agar airnya terserap dengan baik.

Lakukan Rotasi Tanaman untuk Pencahayaan yang Tepat

Maksudnya rotasi itu apa ya? Mungkin kamu yang masih awam dalam bidang tanaman hias akan mempertanyakan hal ini. 

Jadi, maksudnya rotasi itu bukan diputar-putar layaknya bola ya! Rotasi tanaman berarti kita perlu memindahkan tanaman secara bergantian, antara indoor dan outdoor.

Monstera Variegata termasuk tanaman hias yang akan langsung bereaksi buruk jika terpapar cahaya matahari langsung. Karena itulah, simpan Monstera Variegata di dalam rumah. Jika terpaksa meletakkannya di luar, lindungi dengan jaring khusus di atasnya.

Akan tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa Monstera Variegata tetap membutuhkan cahaya matahari.  Untuk itulah, sebaiknya kamu taruh di dekat jendela atau di ruangan lainnya yang terang dan mendapat sinar matahari cukup.

Jangan lupa juga untuk sesekali jemur Monstera Variegata milikmu di luar rumah, misalnya saat ingin menyiramnya. Namun, lakukan langkah ini hanya saat Monstera nampak benar-benar sehat. Jika sebaliknya, maka tetap diamkan Monstera di dalam rumah. Ini adalah salah satu cara merawat Monstera Variegata yang hampir mati agar tetap bisa bertahan.

Artikel Terkait:  Jenis Tanaman Variegata Populer Tahun 2021

Lakukan pergantian pot dan pemotongan yang tepat

Selain rotasi dan penyiraman secara rutin, langkah penting yang perlu kamu lakukan yaitu pemindahan pot. Ketika akar tanaman mulai terlihat melingkari seisi pot, sebaiknya kamu langsung menggantinya ke pot baru yang lebih besar. 

Pilih pot baru yang ukurannya 50 cm lebih besar dari pot yang lama. Ini adalah cara membuat Monstera Variegata milikmu tetap bisa tumbuh dengan baik tanpa ada bagian tanamannya yang sesak atau terbelit.

Sebagai tips tambahan, perhatikan juga cara memotong Monstera Variegata secara tepat. Jangan potong asal-asalan, karena itu hanya akan membuatnya layu dan rusak. Sebaiknya tunggu daunnya gugur dengan sendirinya, lalu bersihkan daun yang jatuh itu dari sekitar pot tanaman.

Hilangkan Debu dan Gulma yang Membandel

Cara merawat Monstera Variegata yang tidak kalah penting selanjutnya, yaitu bersihkan permukaan daun dengan mengelapnya secara berkala. Walaupun daunnya terlihat berwarna hijau segar, tentu percuma jika permukaannya kotor dan berdebu.

Sembari mengelap daunnya, bersihkan juga bagian di sekitar tanaman dari gulma atau tanaman liar yang membandel. Selain mengganggu pemandangan, keberadaan tanaman liar itu juga akan mengambil asupan nutrisi yang harusnya diserap Monstera Variegata milikmu. 


Demikian lima langkah mudah merawat Monstera Variegata yang bisa kamu terapkan sekarang juga. Tidak perlu takut untuk memulai budidaya tanaman hias, karena cara perawatannya terbilang mudah dan murah. Selamat mencoba!

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

alocasia

8 Jenis Alocasia yang Paling Digemari

Alocasia merupakan keluarga Arum dan tanaman yang habitat aslinya tersebar di hutan hujan tropis Asia Tenggara. Tanaman ini sangat umum di temukan di

Propagasi tanaman

Jenis Media untuk Propagasi Tanaman

Apa sih itu propagasi tanaman? Sebelum kita memasuki inti artikel kita bahas dahulu tentang propagasi. Propagasi tanaman merupakan upaya untuk memperbanyak tanaman. Terbagi

© 2021 Bercocok.id • Built with