Kuping Gajah Dorayaki Vs Silver Blush

Untuk para pecinta Kuping Gajah kalian sudah tahu belum jenis tanaman satu ini? Serupa tapi tak sama nih, yaitu Kuping Gajah Dorayaki dan Kuping Gajah Silver Blush.

Kedua tanaman tersebut sama sama cantik lho, pada artikel kali ini bercocok ingin membahas perbedaan tanaman-tanaman tersebut.

Agar kamu kenal lebih jauh dengan kedua tanaman tersebut, yuk simak!

Anthurium / Kuping Gajah Dorayaki

Masyarakat Indonesia biasa menyebutnya sebagai tanaman Kuping Gajah, tanaman ini sebenarnya bernama Anthurium.

Ciri daun Dorayaki berbentuk mangkuk, bulat dan cekung. Pecinta tanaman hias memberinya julukan Dorayaki karena bentuk daunnya yang menyerupai kue Dorayaki makanan khas Jepang.

Banyak orang yang menyakini Anthurium Dorayaki merupakan hasil hybrid dari Anthurium Clarinervium.

Warna daunnya hijau dan urat daunnya berwarna putih. Ukuran daunnya bisa mencapai lebih dari kepala manusia dewasa.

Tempat yang paling disukai Anthurium adalah tempat yang lembab, jika kamu memiliki pohon yang besar dirumah maka bisa meletakannya dibawah pohon tersebut.

Jauhkan dari sinar mathari langsung. Gunakan tanah yang menyimpan air tapi tidak basah. Pastikan drainase pot yang kamu gunakan baik.

Anthurium Silver Blush

Silver Blush atau juga dikenal dengan Crystal Hope merupakan salah satu Anthurium yang banyak peminatnya di luar negeri.

Dari beberapa sumber Anthurium Silver Blush adalah bentuk mutasi dari Anthurium Crystalinum, yang serupa dengan Anthurium Dorayaki. Karena bentuk daunnya sama sama berbentuk bulat.

Untuk yang sudah familiar dengan keduanya tentu sangat mudah membedakannya.

Terlihat dari warna urat daun Anthurium Silver Blush yang lebih tebal dari Dorayaki. Bentuk daunnya juga tidak cekung seperti mangkok.

Pada saat dewasa warna silver lebih terlihat dominan pada permukaan daunnya.

Kelembaban yang diperlukan agar Silver Blush tumbuh dengan baik yaitu sekitar 60-80%. Letakan pada tempat yang teduh. Karena Silver Blush sangat sensitif dengan sinar matahari.

Daun yang terbakar karena sinar matahari

Jika diletakan di tempat yang terkena matahari langsung, daun tanaman akan terbakar. Gunakan media tanam yang lembab tetapi porous. Rata-rata semua tanaman menyukai tanaman seperti itu.

Artikel Terkait:  Jenis Sansevieria, Ternyata Ada Juga yang Langka dan Mahal

Itu dia perbedaan Anthurium Dorayaki dan Anthurium Silver Blush, dari segi warna daun dan bentuk kamu sudah bisa membedakannya. Apalagi untuk ukuran dewasa.

Perawatan keduanya sama, menyukai tempat lembab, tidak suka terpapar sinar matahari langsung.

Jika kamu berminat untuk membelinya, kisaran harga Dorayaki yang Original (tidak hybrid) sekitar 200-800 ribu tergantung banyak daun dan besar kecil. Untuk ukuran besar atau daun yang dewasa di atas 1juta.

sedangkan untuk Silver Blush pasaran harga jual dibawah Anthurium Dorayaki. Yaitu sekitar 200-500 ribu, tergantung ukuran dan jumlah daun. Tapi jika kamu mau beli ukuran dewasa ada yang menjual harga sekitar 800ribu.

Share this:

Tinggalkan komentar