Bercocok

Kualitas dan Jenis Air yang Bagus untuk Menyiram Tanaman

Prosesi penyiraman adalah sesuatu yang tidak boleh kamu lupakan jika kamu mempunyai tanaman hias. Dengan apa dan bagaimana kamu menyirami tanaman pun menjadi penting untuk kamu perhatikan. Kemudian muncul pertanyaan, seperti apa air yang bagus untuk menyiram tanaman?

Well, seperti makhluk hidup lain yang tidak boleh makan sembarangan, tanaman pun tidak boleh disiram dengan air yang sembarangan. Ada dua hal yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu menyirami tanaman milikmu. Inilah ulasannya!

Kualitas air

Kamu harus memastikan jika air yang akan kamu siramkan pada tanaman bersifat netral. Baik itu tentang tingkat keasaman ataupun tentang temperatur air yang nantinya kamu siramkan. Kualitas air untuk tanaman benar-benar harus kamu perhatikan!

Tingkat keasaman air

Mengenai tingkat keasaman, usahakan air yang kamu pakai tidak terlalu masam dan tidak terlalu basa. Jaga pada pH6,5 hingga pH8,5. Maka dari itu kamu perlu menghindari menyiram tanaman dengan air bekas cucian peralatan dapur serta cucian pakaian.

Temperatur air

Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan temperatur air yang nantinya kamu siramkan. Usahakan jangan menyiram tanaman dengan air panas dan air dingin untuk menjaga agar tanamanmu tidak cepat rusak. Jaga suhu air tersebut pada room temperatur atau suhu ruangan.

Jenis air

Jenis air untuk tanaman yang bagus adalah air yang menyimpan banyak zat mineral di dalamnya. Seperti Nitrogen, Belerang, Fosfor, Kalium, Kalsium, dan Magnesium.

Air hujan dan air tanah merupakan satu dari sekian air yang menjadi sumber makanan terbaik untuk tanaman. Selain itu, untuk tanaman-tanaman tertentu, air cucian beras juga bagus untuk memantik pertumbuhan tanaman agar lebih cepat.

Hindari air yang sudah tercampur zat-zat kimia. Selain itu, kamu juga perlu menghindari untuk menyirami tanaman dengan air yang sudah disuling. Hal ini karena air tersebut sudah tidak memiliki banyak mineral yang tersisa sehingga kurang efisien untuk tanaman.

Artikel Terkait:  5 Cara Merawat Keladi Amazon Agar Cepat Beranak

Itulah kualitas dan jenis air yang bagus untuk menyiram tanaman. Seperti makhluk hidup lainnya, tanaman juga berhak untuk mendapat makanan terbaik sebagai nutrisinya. Maka dari itu, ayo siram tanaman dengan baik dan benar mulai dari sekarang!

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with