Ketahui Jenis Jenis Tanaman kaktus yang Bisa Ditanam Indoor

Jenis jenis tanaman kaktus yang bisa kamu tanam di dalam ruangan sangat beragam, mulai dari kaktus koboi, kaktus kursi mertua, kaktus karang, dan berbagai jenis lain.

Saat ini tanaman kaktus mulai populer untuk dijadikan sebagai hiasan di dalam rumah, pada artikel ini kamu akan belajar mengenai apa saja jenis jenis tanaman kaktus yang bisa kamu tanam di dalam ruangan.

Mengetahui jenis-jenis kaktus sangat penting, karena tidak semua tanaman kaktus bisa kamu tanam dalam rumah. Jika kamu tertarik untuk menghias rumah, tempat kerja, atau tempat usaha seperti cafe, berikut beberapa jenis kaktus hias indoor yang harus kamu ketahui.

Kaktus Astrophytum

Astrophytum merupakan jenis kaktus kecil yang memiliki bentuk sangat unik. Kaktus ini berbentuk seperti buah belimbing dengan bunga yang dapat mekar di ujung kaktus tersebut.

Bunga yang mekar pada kaktus astrophytum juga memiliki aneka warna yang berbeda, mulai dari warna putih kekuningan, pink, hingga merah.

Warna bunga tersebut tentu tergantung dengan jenis kaktus Astrophytum yang kamu tanam, jadi satu jenis tanaman hanya akan memiliki bunga dengan satu warna saja.

Jika kamu ingin kaktus ini cepat tumbuh bunga, kamu harus menempatkan tanaman ini di tempat yang tidak terkena paparan matahari secara langsung.

Dengan ukurannya yang kecil dan tidak memerlukan cahaya matahari langsung, kamu bisa meletakan kaktus Astrophytum di atas meja atau di rak dinding.

Kaktus Ferocactus

Ferocactus yaitu jenis kaktus kecil yang memiliki bentuk sangat cantik.

Meski kaktus ini memiliki duri yang cukup banyak, namun kecantikan dari kaktus ini justru terletak pada duri-durinya yang memiliki warna kemerahan.

Jika kamu tertarik untuk menanam kaktus ini di dalam ruangan, sebaiknya tempatkan kaktus di tempat yang cukup tinggi atau tempat yang aman dari jangkauan tangan. Seperti di rak dinding bagian atas.

Artikel Terkait:  4 Cara Merawat Kaktus Mini Sebagai Dekorasi Ruangan

Kaktus Euphorbia Submammillaris

Euphorbia Submammillaris merupakan jenis kaktus indoor kecil yang berbentuk batang menyerupai jagung. Kaktus jenis ini memiliki batang yang lurus dengan diameter yang cukup tebal.

Kaktus indoor ini memiliki warna hijau tua dengan duri pendek yang mengelilingi batang kaktus tersebut, serta mampu bertahan hidup di tanah yang cukup basah bahkan kering.

Namun sebaiknya jaga tanah agar tetap lembab namun tidak terlalu basah.

Jika kamu ingin menanam kaktus ini di dalam ruangan, kamu harus menempatkannya di tempat yang terkena cahaya matahari.

Kaktus Euphorbia Lactea Cristata

Euphorbia lactea cristata adalah jenis kaktus indoor tanpa duri yang berbentuk seperti karang di lautan.

Dengan bentuknya yang menyerupai karang tersebut, tanaman ini juga biasa disebut dengan nama kaktus karang. Kaktus dengan daya tahan yang kuat sehingga bisa ditanam di luar maupun di dalam rumah.

Karena jenis kaktus hias ini tidak memiliki duri tajam, maka tanaman ini sangat cocok kamu letakan di atas meja. Namun satu hal yang perlu kamu perhatikan yaitu jangan meletakkan kaktus ini pada tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Kaktus Golden Barrel

Golden barrel adalah jenis kaktus hias indoor yang cukup populer di Indonesia.

Kaktus dengan bentuk bundar seperti bola ini juga biasa dikenal dengan nama kaktus kursi mertua.

Kaktus kursi mertua memiliki duri halus yang menyelimuti permukaan dari batang kaktus tersebut.

Duri-duri tersebut memiliki warna kuning keemasan yang membuat kaktus ini semakin terlihat menarik saat terkena cahaya matahari.

Kamu dapat menanam kaktus ini di dalam ruangan, tapi kamu harus menaruhnya di tempat yang terkena cahaya matahari.

Kaktus Cristata Brain

Jika kamu pernah melihat sebuah tanaman yang berbentuk seperti otak manusia, itu namanya kaktus otak atau cristata brain.

Kaktus hias indoor ini memiliki bentuk menggumpal layaknya otak manusia.

Bentuknya yang unik tersebut membuat para pecinta tanaman hias tertarik untuk menanam jenis kaktus otak ini.

Artikel Terkait:  4 Cara Merawat Kaktus Mini Sebagai Dekorasi Ruangan

Kaktus ini dapat kamu tanam di dalam ruangan karena memiliki ukuran yang kecil dan berbentuk unik sehingga mampu menambah kesan cantik pada ruangan tersebut.

Selain itu, kaktus otak ini sangat sensitif akan kelembapan udara yang terlampau basah.

Kaktus Cereus Peruvianus

Kaktus dengan nama latin cereus peruvianus ini juga biasa disebut dengan nama sebutan kaktus koboi. Tanaman ini cukup banyak diminati, karena bentuknya yang unik dan perawatan yang mudah.

Bentuknya yang tergolong simpel karena hanya batang yang memanjang dengan beberapa cabang, akan menambah kesan minimalis pada ruangan kamu.

Kaktus yang mampu bertahan di tanah yang sangat kering ini sangat cocok untuk ditanam di dalam ruangan, apalagi jika kamu tipe orang yang sering lupa untuk menyiram tanaman.

Kaktus koboi sangat cocok ditanam di pot mini dengan hiasan bebatuan kecil di permukaan pot tersebut.


Dari jenis jenis tanaman kaktus yang bisa ditanam indoor di atas, manakah kaktus yang kamu sukai dan ingin kamu tanam?

Share this:

Tinggalkan komentar