Kecantikan Monstera Varigata dan Serba-Serbinya

Kamu mungkin sudah familiar dengan Monstera Varigata, karena photonya sudah sering muncul di akun media sosial plant seller maupun plant lover.

Tanaman ini tergolong yang paling stabil dari segi permintaan di pasaran lho. Mungkin harganya masih terbilang cukup mahal apalagi untuk size indukan.

Tapi tak bisa kita pungkiri tanaman ini begitu cantik sehingga permintaan di pasar pun masih cukup tinggi.

Apasih yang membuat harga Monstera Varigata mahal?

Yaitu berkaitan dengan hukum penawaran dan permintaan. Dalam ekonomi ketika pasokan atau ketersediaan barang yang rendah dan permintaan pasar yang banyak, hal itu yang membuat harga suatu barang menjadi mahal.

Mengingat betapa langkanya tanaman ini karena pengembang biakannya yang tergolong lambat, maka hal itu yang membuat harganya Monstera Varigata mahal.

Apa penyebab varigasi pada tanaman?

Varigata pada tanaman merupakan gen penyakit bawaan pada induk sebelumnya. Tidak menutup kemungkinan Tanaman dapat kembali ke warna hijau alaminya, tergantung sinar matahari yang tersedia atau perubahan suhu pada lingkungan tersebut.

Jenis Varigasi Monstera

Sebelum kita membahas tentang jenis jenis Monstera Varigata, mari kenali dulu jenis Varigasi tanaman berdasarkan warna dan polanya:

Warna

Ada 3 jenis varigasi berdasarkan warna yaitu:

  1. Putih atau albo
  2. Varigasi berwarna kuning atau di sebut aurea
  3. Varigasi hijau muda biasa disebut varigasi ‘sport’ atau popular sebagai varigasi mint

Pola atau Corak

Ada 2 jenis variasi pola dalam Monstera Varigata

  1. Mable, dimana variasi corak pada daunnya memiliki variasi campuran warna antara hijau dan putih
  2. half-moon, ketika daun memiliki 2 corak yang terpisah, setengan hijau solid dan setengan putih susu sempurna tanpa bercak.
Artikel Terkait:  Macam-Macam Jenis Tanaman Ficus Elastica

4 jenis Monstera Varigata

Monstera Deliciosa Varigata

Diantara ke-4 jenis Monstera yang akan bercocok bahas, Deliciosa adalah Monstera Varigata terlangka. Daun dari tanaman ini tampak seperti hati tetapi ada lubang-lubang yang mengisi di bagian tengah dan pinggirannya.

Untuk kamu yang mau baca tentang Monstera Deliciosa bisa baca disini.

Monstera Thai Constallation

Selanjutnya adalah Monstera hasil Tissue Culture asal Thailand. Tanaman ini dinamakan Thai Constallation karena diciptakan di laboratorium Thailand.

Bentuknya adalah Monstera Deliciosa tetapi memiliki corak varigasi marble warna putih, kuning bahkan cream dan hijau.

Monstera Borsigiana Varigata

Lebih dikenal sebagai monstera albo. Monstera Borsigiana memiliki daun lebih kecil dibanding dengan Deliciosa, dan pertumbuhannya lebih cepat.

Tanaman ini memiliki versi pola varigasi marble dan half-moon. Monstera ini terbilang masih cukup mahal untuk corak varigasi yang menor. Jika kamu ingin memilikinya, kamu bisa membeli versi fresh cut satu daun dari penjual.

Monstera Adansonii Varigata

Siapa yang tak kenal janda bolong? Yap benar tanaman ini memiliki versi varigatanya. Ada tiga jenis Adansonii varigata yang beredar di pasaran, yaitu Varigata Jepang, Varigata lokal, dan Varigata Mint.

Kalau kita tengok harganya, ke-tiga tanaman ini memiliki harga yang lumayan tinggi apalagi Adansonii Varigata Jepang.

Untuk membedakannya simak ciri tanaman berikut:

Adansonii Varigata jepang

Ciri warna daunnya kombinasi putih dan hijau. Biasanya polanya half-moon, teteapi tidak menutup kemungkinan warna putih muncul sebagai bercak saja.

Adansonii Varigata Lokal

Untuk yang versi lokal trah varigasinya tidak semenor Adansonii Jepang. Corak daunnya seperti terkena cipratan cat putih dari kuas.

Adansonii Varigata Mint

Variasi corak dan bentuk mirip seperti Varigata Lokal, tetapi Adansonii Varigata Mint memiliki warna varigasi kuning, hijau muda bercampur dengan hijau tua. Hal tersebut yang membuat tanaman ini memiliki kesan corak berwana mint.


Itu dia beberapa jenis Monstera varigata yang sudah kita bahas pada artikel kali ini serta serba serbinya. Apakah salah satu tanaman diatas sedang menjadi wishlist mu?

Share this:

Tinggalkan komentar