Jenis Tanaman Variegata Populer Tahun 2021

Tanaman hias menjadi semakin digemari dari hari ke hari. Misalnya beberapa jenis tanaman variegata populer tahun 2021 yang paling disukai oleh para kolektor ini. Sekaligus melihat jenis tanaman variegata murah.

Membahas tentang tanaman hias, semakin hari peminatnya semakin banyak. Salah satu tanaman hias yang semakin diburu adalah tanaman Variegata. Kira-kira, apa saja ya tanaman variegata populer tahun 2021?

Bagi Kamu pecinta tanaman dengan corak berbeda-beda ini, pasti rela merogoh kocek berapapun untuk satu jenis tanaman. Nah, supaya tidak menyesal setelah membeli, lebih baik pelajari dulu berbagai jenis tanaman variegata.Tanaman variegata terkenal dengan bentuk dan warnanya yang unik. Siapapun pasti akan kagum, termasuk Kamu.

Jenis tanaman variegata populer karena kecantikannya

Philodendron Florida Beauty Variegata

Tak heran Philodendron termasuk tanaman populer di tahun 2020, dan masih sampai saat ini. Philodendron Florida Beauty Variegata memiliki bentuk unik. Warna daunnya ada yang kuning neon hingga hijau tua.

Perawatannya pun terbilang cukup mudah, tanaman ini dapat di tanam di dalam maupun di luar ruangan. Jangan letakan pada area yang terkena matahari langsung karena dapat membakar daunnya yang cantik.

Beberapa waktu lalu sempat di hebohkan dengan berita Philodendron Florida Beauty di tukar dengan sebuah mobil avanza. Wow ternyata tanaman ini memiliki harga yang fantastis ya. Satu daunnya di hargai 2,5 juta rupiah, loh.

Monstera Borsigiana Variegata

Siapa yang tidak tergoda pada tanaman hias dengan perpaduan warna menarik. Memiliki nama Monstera, tanaman ini patut dipuji karena keunikannya yang luar biasa.

Banyak yang menyebut bercak yang terbentuk mirip dengan rasi bintang. Warna putih dan hijau tua terlihat begitu berkelas dan enak dilihat. Tidak heran bahwa Monstera masuk kategori tanaman variegata termahal.

Artikel Terkait:  Tanaman yang Lagi Viral 2021 Untuk Hiasi Rumahmu

Kamu bisa menanam ‘keju Swiss’ ini di dalam ruangan dengan memperhatikan intensitas matahari langsung. Siapapun pasti akan terpesona dengan kecantikannya.

Philodendron Pink Princess

Pantas disebut ‘princess’ karena memang tanaman ini begitu cantik dan anggun. Perpaduan warna pink dan hijau tua memberikan kesan unik yang tidak bisa Kamu dapatkan pada tanaman variegata lain.

Ada banyak manfaat tanaman ini, misalnya untuk mempercantik ruangan atau halaman rumah. Kamu bisa menanam Pink Princess pada tiang atau menggantungnya untuk hasil tanaman variegata yang menjuntai.

Sebagai tanaman cantik, Kamu harus memperlakukannya dengan baik. Misalnya menyiram sesuai kebutuhan apabila tanahnya telah terasa kering.

Sirih Gading

Tanaman ini memiliki bentuk unik dengan dedaunan yang bisa memanjang. Banyak yang menyukainya karena menjadi inspirasi tanaman variegata merambat yang bisa mempercantik rumah.

Dedaunan yang tumbuh memiliki corak hijau tua dan putih. Tapi untuk daun muda memiliki warna yang lebih terang. Untuk kamu yang mau mencoba memiliki tanaman variegata murah, sirih gading bisa menjadi pilihan.

Kamu bisa menanamnya dengan merambatkan pada tiang agar terlihat semakin menarik. Selain pada tiang, menggantung Sirih Gading juga menjadi pilihan tepat lainnya.

Philodendron Golden Dragon Variegata

Bentuk daunnya yang unik seperti kepala naga membuat tanaman ini dijuluki Philodendron Golden Dragon. 

Tampak sebagai tanaman hijau dengan corak bintik warna keemasan yang sangat cantik, maka tanaman ini sangat digemari karena perawatannya juga mudah.

Sama seperti sirih gading, Philodendron Golden Dragon adalah tanaman variegata merambat. Kamu bisa menggunakan turus agar tanaman merambat keatas dan semakin cantik sebagai penghias rumah.

Monstera Adansonii Variegata

Satu lagi tanaman variegata monstera yang memiliki bentuk dan warna unik. Monstera Adansonii variegata memiliki lubang di dalam daun, bentuknya rapi dan teratur.

Sama seperti variegata monstera lain, tanaman ini juga dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Tapi harga tersebut setara dengan kecantikan tanaman yang memang begitu berkelas dan alami.

Artikel Terkait:  5 Perbedaan Philodendron dan Photos yang Harus Diketahui

Syngonium Variegata

Jika tanaman lain dibanderol dengan harga jutaan, Syngonium Variegata memiliki harga relatif murah sekitar Rp100.000 untuk saat ini. Harganya melonjak naik semenjak pandemi berlangsung.

Syngonium ini memiliki daun berwarna hijau bercampur warna putih. Bentuk daunnya seperti anak panah “arrowhead”. Tanaman variegata biasanya dijadikan buruan kolektor tanaman karena warnanya yang unik. Jangan letakan tanaman ini pada sinar matahari langsung, karena akan membakar daunnya.

Tanaman Waru Variegata

Kamu pasti sudah tidak asing lagi kan dengan tanaman waru? Struktur daun lebih tipis dengan bentuk menyerupai lambang hari.

Nah, waru variegata juga memiliki struktur serupa. Hanya saja corak warnanya lebih berseni karena terdiri dari warna hijau tua dan putih. Bentuk dan warnanya yang unik itu menjadikan waru variegata juga banyak diminati kolektor tanaman hias.

Homalomena Variegata

Selanjutnya ada Homalomena variegata yang bisa Kamu jadikan inspirasi tanaman hias di rumah. Tidak kalah dengan berbagai jenis variegata lain karena bentuknya yang unik.

Daun yang masih muda memiliki warna hijau yang lebih terang, berbeda jika telah tumbuh membesar. Warnanya menjadi hijau tua, sehingga menimbulkan bercak hijau tua dan putih.


Mengoleksi tanaman variegata di rumah memang memberikan kesan bahagia tersendiri. Apalagi jika Kamu memang hobi dan mencintai tanaman hias. Dengan menggunakan tanaman variegata populer tahun 2021 di atas, rumah Kamu dijamin terlihat semakin cantik. Pastikan juga untuk memperhatikan tanaman hias Kamu sebaik mungkin ya.

Share this:

Tinggalkan komentar