Jenis Tanaman Hias Gantung untuk Dekorasi Rumah

Jenis tanaman hias gantung sangat bervariasi. Ada yang memiliki dedaunan bergerombol dan ada juga yang dipenuhi bunga-bunga cantik warna-warni.

Memiliki rumah cantik penuh dengan tanaman akan sangat menyenangkan. Apalagi jika menghiasi teras atau garasi dengan jenis-jenis tanaman hias gantung.

Belakangan ini memang semakin banyak yang jatuh cinta pada tanaman hias. Baik yang berupa dedaunan bergerombol atau berbunga. Segala jenis tanaman hias memiliki kelebihan dan ciri khas masing-masing, sebagaimana beberapa inspirasi tanaman hias gantung berikut ini.

Lantana – Bunga Berwarna Cerah

Kalau Kamu mencari jenis tanaman gantung berbunga, Lantana menjadi pilihan yang paling tepat. Ada beberapa macam warna, termasuk merah jambu, kuning, dan oranye.

Lantana sangat cocok untuk menambah kesan ceria di depan rumah. Apalagi jika Kamu penyuka tanaman hias menggantung.

Lantana cocok kamu pasang pada pot unik menggantung berjajar. Jangan lupa memperhatikannya setiap hari agar bunga tidak layu. Gerombolan bunganya akan membuat siapapun terpesona.

Million Bells – Cantik dan Glamour

Million Bells sangat cocok Kamu jadikan sebagai tanaman hias gantung warna-warni. Tidak hanya dipenuhi dedaunan, tetapi bunga-bunganya juga cantik menggerombol.

Ada banyak warna mencolok yang dapat kamu satukan sehingga memberi kesan mewah sekaligus cantik. Misalnya warna ungu, merah jambu, serta kuning yang bisa membuat hunian Kamu memiliki kesan lebih berwarna.

Artikel Terkait:  9 Tanaman Hias Daun Unik dan Cantik

Tanaman Begonia – Menambah Estetika

Banyak yang menyukai Begonia karena bentuk kelopaknya yang indah. Kamu bisa menjadikan begonia sebagai tanaman gantung untuk menambah nilai estetika di rumah.

Ada beberapa warna yang tersedia, misalnya warna merah jambu, kuning, brick, dan masih banyak lagi. Banyak yang menyukai Begonia sebagai hiasan terbaik di rumah, apalagi bunganya yang menggerombol memberikan kesan yang nyaman dilihat.

Tradescantia – Corak Garis Berwarna

Selain tanaman hias gantung dengan bunga, ada juga yang berupa dedaunan bergerombol. Seperti Tradescantia yang dipenuhi garis-garis unik.

Tanaman gantung ini sangat cocok Kamu jadikan hiasan di dalam rumah karena kesannya yang elegan. Ada beberapa macam warna cantik yang dapat Kamu pilih, misalnya perpaduan antara ungu, silver, dan hijau.

Dischidia Geri – Dedaunan Bergerombol

Dischidia Geri merupakan tanaman hias gantung berupa daun bergerombol. Dedaunannya begitu cantik dengan posisi menjuntai ke bawah. Bentuk daun hijau yang mungil terkesan padat sekaligus penuh.

Tanaman satu ini sangat cocok bagi kamu yang tidak ingin tanaman gantung berbunga, tetapi tetap menawarkan kesan elegan.

String of Heart – Cocok untuk Indoor

Seperti namanya, tanaman ini berupa dedaunan berbentuk hati. Bentuknya cantik meski tidak terlalu menggerombol. Sangat bagus digunakan sebagai tanaman gantung indoor karena ketahanannya yang lebih bagus pada kondisi kering.

String of Heart bisa merambat dengan baik. Semakin menambah kecantikan ruangan dengan warna batangnya yang cantik. Jadi Kamu bisa memilih jenis ini sebagai inspirasi tanaman indoor terbaik.

Creeping Charlie – Si Rambut Gantung

Warna hijaunya yang cerah membuat ruangan akan terlihat semakin segar. Creeping Charlie sangat cocok sebagai hiasan rumah, apalagi jenis ini merupakan tanaman hias yang mudah tumbuh.

Artikel Terkait:  Rekomendasi Tanaman Outdoor yang Tahan Panas dan Hujan

Sebenarnya Creeping Charlie tidak hanya cocok untuk digantung saja. Kamu bisa menggunakannya sebagai tanaman rambat yang menggantung pada pagar atau taman.

Million Heart – Daun Berbentuk Hati

Jika ada Million Bells dengan bunga menggerombol, ada juga Million Heart dengan dedaunan bergerombol. Million Heart sangat cocok Kamu jadikan sebagai hiasan di dalam ruangan.

Warna daunnya yang hijau cenderung lebih tua. Memberikan kesan elegan di dalam ruangan dengan pencahayaan yang baik.

Spanish Moss – Tanaman Hias Unik

Spanish Moss dikenal juga sebagai tanaman jenggot putih. Bentuknya yang mirip serabut menjadikannya populer sebagai sarang burung di alam liar.

Namun jenggot putih tetap cocok sebagai tanaman gantung outdoor maupun indoor. Tapi Kamu harus memberi perhatian dengan baik, karena bisa-bisa tanaman ini terlihat seperti tidak terurus.

Bunga Anggrek – Mudah Dirawat

Anggrek juga menjadi salah satu rekomendasi bunga gantung yang wajib Kamu pertimbangkan. Warna-warnanya yang cantik membuat Anggrek tak lekang oleh waktu.

Anggrek tidak hanya cocok sebagai bunga hias di dalam ruangan, tetapi juga di taman. Apalagi cara perawatan Anggrek juga lumayan mudah.

Bunga Geranium – Cantik Memesona

Bunga Geranium sangat direkomendasikan bagi Kamu yang mencari tanaman gantung warna merah. Tidak hanya dilihat dari warna bunganya yang cantik, dedaunannya juga berbentuk menawan.

Tidak hanya merah, Geranium memiliki berbagai pilihan warna. Semuanya cocok untuk Kamu jadikan hiasan indoor yang terlihat classy.


Tanaman gantung tidak hanya bisa membuat penghuni rumah nyaman, tetapi juga kesan hangat bagi para tamu.

Lebih baik pertimbangkan jenis tanaman hias gantung sesuai kebutuhan. Pilih warna dan jenis yang cocok jika dipadukan dengan hunian Kamu.

Share this:

Satu pemikiran pada “Jenis Tanaman Hias Gantung untuk Dekorasi Rumah”

Tinggalkan komentar