Jenis Tanaman Hias Daun, Manfaat dan Cara Perawatannya

Tanaman hias daun banyak peminatnya karena sangat mudah dalam perawatannya dan cocok untuk pemula. Seperti namanya, keindahan dan ciri khasnya terdapat pada daunnya mulai dari bentuk hingga varian warna.

Meski tidak berbunga, namun beberapa jenis memiliki beberapa warna di daunnya sehingga tampak cantik sebagai dekorasi ruangan dari ruang tamu hingga kamar tidur. Sementara jenis lainnya dengan daun berwarna hijau bisa menambah kesegaran hunian.

Tipe tanaman hias daun juga memiliki kelebihan daripada tumbuhan berbunga, salah satunya adalah karena kecantikannya bisa kamu nikmati lebih lama. Hal ini karena vegetatif yang lebih lama daripada usia ketika berbunga.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa menikmati keindahannya di sepanjang usia dari tumbuhan yang ditanam. Pilihannya banyak sehingga bisa digunakan untuk penghias ruangan indoor maupun taman outdoor.

Beberapa Jenis Tanaman Hias Daun

Ada banyak sekali jenis tanaman hias ini dengan keunikan masing-masing sehingga diminati pecinta tumbuhan. Jika kamu pemula, memilih beberapa rekomendasi berikut juga sangat cocok karena mudah dalam perawatannya.

Suplir

Suplir menjadi salah satu tanaman air yang tidak tahan dengan sinar matahari langsung. Oleh karena itu, sebaiknya meletakkan tanaman hias daun suplir di tempat lembab agar tumbuh subur dengan baik.

Warna daun hijau cerah membuatnya terlihat segar dan alami sehingga cocok sebagai dekorasi ruangan di dalam rumah. Kamu bisa menanam suplir dengan media pot dan meletakkannya di sudut meja ruang tamu.

Kuping Gajah

Sudah sejak lama kuping gajah menjadi tanaman hias daun populer dan tidak mengalami tren naik turun. Dengan daun tebal dan lebar seperti namanya sehingga memberikan rasa segar dan sejuk.

Tumbuhan ini tidak tahan dengan sinar matahari langsung, namun tetap harus mendapat cahaya cukup. Jika kamu punya kuping gajah, ada baiknya meletakkan di tempat teduh agar tidak cepat layu.

Spider Plant

Spider plant memiliki daun memanjang dengan ujung meruncing, sekilas seperti kaki laba-laba sama seperti namanya. Cukup banyak orang menggunakan tanaman ini sebagai penghias ruangan, misalnya saja di ruang tamu.

Tanaman hias daun ini tidak tahan dengan sinar matahari langsung. Kamu harus meletakkannya di tempat teduh agar tidak rusak.

Artikel Terkait:  Cara Merawat Tanaman Hias Agar Sehat dan Tumbuh Subur

Tanduk Rusa

Namanya berasal dari bentuknya yang mirip dengan tanduk rusa, dengan daun menjuntai sehingga tampak alami. Tanduk rusa cocok menjadi tanaman gantung untuk ruang tamu, dapur, hingga kamar mandi sehingga menambah estetika.

Perawatannya tidak sulit, hanya perlu menyiram setidaknya seminggu sekali. Caranya sendiri adalah dengan mencabut tanduk rusa dari media tanam, lalu meletakkannya kembali jika sudah kering.

Palem Kuning

Palem kuning merupakan tanaman hias daun yang cocok ditanam untuk outdoor. Pekarangan akan lebih segar dan cerah dengan daun hijau dan batang berwarna kuning cerah. Jika tersorot cahaya matahari, daun rimbunnya akan terlihat mencolok.

Calathea

Kalatea memiliki keunikan pada daunnya karena memiliki warna bervariasi dari perpaduan warna putih, hijau, juga merah hati. Menjadikannya sebagai dekorasi rumah akan membuat suasana menjadi cerah dan hidup.

Kalatea sebaiknya diletakkan dekat jendela agar sinar matahari yang cukup. Agar lebih menarik, gunakan pot berwarna kalem. Selain itu, media tanam juga harus diperhatikan agar sesuai kebutuhan, sementara pupuk diberikan beberapa bulan sekali.

Perawatan untuk Tanaman Hias Daun

Meskipun mudah dalam perawatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memiliki tumbuhan hias daun. Berikut adalah beberapa faktor lingkungan penting diperhatikan agar tumbuhan tetap subur.

Pertama adalah memperhatikan ketinggian lokasi geografis dan suhu sesuai dengan karakteristik maupun sifat dari tiap tumbuhan. Karena tidak semua tumbuhan bisa hidup di lokasi dengan suhu sama.

Tanaman seperti sirih gading atau lidah mertua bisa tumbuh dengan kondisi kering dan suhu hangat sehingga bisa kamu pilih jika tinggal di dataran rendah. Sementara itu, ada juga tanaman yang hanya bisa tumbuh di tempat sejuk pada dataran menengah hingga tinggi.

Kedua adalah memperhatikan kebutuhan air pada setiap tanaman hias daun yang memiliki kemampuan berbeda dalam menyerap air tergantung beberapa faktor. Beberapa di antara faktor penentunya seperti jenis tanaman, ukuran tumbuhan dan pot, juga lainnya.

Sebagai contoh, tumbuhan golongan sukulen tidak membutuhkan banyak air. Sementara itu, suplir termasuk tanaman air akan membutuhkan jumlah air yang banyak dan akan tumbuh subur di kondisi yang jenuh air.

Terakhir adalah kebutuhan cahaya berbeda-beda, meskipun tetap harus terpapar cahaya matahari cukup. Letakan tanaman hias daun pada tempat yang sesuai dengan karakteristik dan jenisnya.

Jika memiliki karakter yang membutuhkan sinar matahari langsung, maka sebaiknya kamu letakkan di tempat seperti jendela atau langsung menghadap matahari. Sementara tanaman yang tidak menyukai cahaya matahari, sebaiknya kamu letakkan di tempat teduh.

Artikel Terkait:  Tanaman Hias Dengan Perawatan Mudah, Cocok Buat Pemula

Manfaat Tanaman Hias Daun dalam Ruangan

Tanaman hias ini tidak hanya mudah dalam perawatannya, namun juga memiliki berbagai manfaat, termasuk ketika meletakkannya di dalam kamar. Bukan hanya untuk hiasan saja, namun juga memiliki fungsi-fungsi lainnya.

Misalnya saja kaktus yang bisa menjadikan ruangan terlihat lebih natural, juga bisa membersihkan udara ruangan. Bukan hanya itu saja, kaktus juga bisa merangsang konsentrasi dan mengurangi stres sehingga tidur jadi berkualitas.

Kemudian ada sansevieria atau terkenal dengan lidah mertua yang bisa membuat aroma menjadi netral, mengurangi polusi, juga mengurangi radiasi. Tanaman hias daun ini juga bisa menjadi dekorasi kamar karena membuat ruangan menjadi lebih cerah dan terasa segar.

Kamu juga bisa memilih lili paris untuk penghias kamar tidur karena memiliki manfaat dalam menghasilkan oksigen dan membuat ruang menjadi segar. Tanaman ini juga bisa menjaga kesehatan fisik kamu karena bisa menyerap racun yang berbahaya.

Tanaman Hias Daun Aglonema dan Kelebihannya

Aglonema atau disebut juga dengan sri rejeki menjadi tumbuhan hias daun yang paling sering ditemukan dalam ruangan maupun teras rumah. Kepopulerannya tidak lepas dengan berbagai kombinasi warna unik.

Kombinasi warna sendiri biasanya tergantung dari varietasnya, mulai dari hijau bercorak putih, merah dengan corak hijau atau putih, dan masih banyak lainnya dengan motif berbeda. Semakin tua usianya, tumbuhan ini memiliki kemungkinan berbunga.

Mengapa tanaman hias daun ini istimewa? Sebab selain populer, aglonema juga memiliki daya tahan lebih daripada tumbuhan hias lain. Aglonema juga bisa tumbuh pada tanah kering, tidak terpapar sinar matahari, dan kurangnya perawatan.

Aglonema tetap harus kamu siram serta diperhatikan kondisinya agar terhindar dari kutu, bercak daun, maupun jamur. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir tanamanmu akan layu atau mati ketika meninggalkan rumah selama beberapa hari.

Tanaman populer ini juga memberikan manfaat, lho! Hal ini karena kelebihan lainnya yang bisa menyerap racun di udara sehingga udara lebih bersih. Tapi jangan sampai daunnya termakan anak-anak atau binatang peliharaan karena sangat beracun.

Tanaman hias menjadi salah satu cara untuk membuat hunian menjadi lebih cantik sekaligus membersihkan udara di sekitar. Tanaman hias daun menjadi pilihan banyak orang karena memiliki keunikan serta lebih mudah dalam perawatannya.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

Keladi

Keladi Hias Cantik Berwarna Pink

Tanaman hias satu ini memiliki banyak sekali corak dan warna yang beragam, variasi warnanya dari putih, merah, kuning hingga pink. Kali ini bercocok

Tempat beli tanaman di bandung

Rekomendasi Tempat Beli Tanaman di Bandung

Berencana untuk memulai kegiatan berkebun karena banyak waktu luang di rumah? Ide bagus! Bercocok akan rekomendasikan tempat beli tanaman di Bandung. Selain menyehatkan

tanaman gantung

Pilihan Tanaman Gantung untuk Dekorasi Rumah

Tanaman gantung terkenal sebagai salah satu dekorasi terbaik untuk mempercantik bagian-bagian tertentu pada hunian. Baik untuk keperluan di dalam maupun luar ruangan, keduanya

© 2021 Bercocok.id • Built with