Jenis Tanaman Air Hias Penghias Kolam Ikan

Ternyata, tumbuhan tidak hanya bisa hidup di daratan namun juga di air seperti tanaman air ini. Kebanyakan tumbuhan bisa hidup karena berada di tanah, namun tumbuhan ini bisa mengatasi dirinya dengan tumbuh besar di perairan.

Namun bukan berarti, tumbuhan jenis ini hidup dengan terendam sepenuhnya. Karena sebagian dari mereka tetap membutuhkan udara yang tentunya tidak bisa mendapatkannya dari dalam air. Terkadang, mereka juga membutuhkan sinar matahari meskipun hanya sedikit.

Tanaman ini memiliki beragam jenis. Lalu, mereka hidup dengan caranya masing – masing, yaitu dengan mengapung atau terendam agak banyak di air tergantung jenisnya. Biasanya, tanaman ini tidak membutuhkan perawatan ekstra kecuali memang ingin kamu jadikan hiasan rumah.

Biasanya banyak orang menggunakan tanaman ini untuk hiasan kolam ikan rumahnya. Sehingga, ada banyak orang yang mencari tahu jenis – jenis yang cocok untuk digunakan sebagai hiasan. Jenis ini mudah kamu temukan dalam alam liar ataupun di budidaya.

Jenis Tanaman Air yang Indah

Tumbuhan ini memang juga hidup di alam liar dan banyak ditemukan. Namun, ada beberapa yang sulit ditemukan dan hanya bisa dibeli toko. Ada baiknya, jika ingin menghias kolam ikan dengan tanaman ini, maka beli saja di toko tanaman agar mendapatkan kualitasnya.

Teratai

Sepertinya, pemilik kolam ikan yang suka menghias kolamnya dengan tanaman ini tidak asing lagi dengan tanaman ini. Teratai merupakan salah satu tumbuhan air indah yang sangat cocok sebagai hiasan.

Ini karena teratai memiliki daun lebar mengapung dan bunga – bunga berukuran kecil berwarna putih. Menambah suasana alami dan kesegaran pada kolam. Teratai mudah kamu dapatkan baik di alam liar maupun di toko tanaman.

Tanaman Air Eceng Gondok

Daun – daun eceng gondok cukup kecil dan bergerombol. Bunganya berukuran kecil dan berwarna ungu. Tanaman ini sering digerakkan oleh ikan – ikan berenang di bawahnya. Selain mudah didapatkan, eceng gondok juga tergolong dalam tumbuhan air populer.

Lotus

Mungkin, tanaman air jenis lotus masih jarang ditemukan, namun bukan berarti tidak ada. Tumbuhan ini tetap digunakan oleh sebagian masyarakat untuk menghias kolam ikannya karena bunga warna campuran putih merahnya sangat indah.

Tetapi, sebagian orang mungkin mengetahui bahwa lotus harusnya tumbuh dengan tanah. Sebenarnya tidak, lotus dapat tumbuh dengan baik di tanah maupun air. Karena bisa tumbuh dalam air dan indah, maka mengapa tidak kita pergunakan saja untuk hiasan.

Melati Air

Terdapat 2 jenis melati yaitu melati air dan melati biasanya yang tumbuh di darat dan memiliki aroma harum. Bunga tanaman yang tumbuh di perairan juga sama cantiknya yaitu berwarna putih. Mudah sekali menemukan tumbuhan ini di rawa.

Lili

Tumbuhan ini berbentuk corong berwarna putih meskipun sebenarnya ada macam – macam warna lainnya, seperti ungu, hijau, dan orange. Tentu sangat unik dan indah jika kamu gunakan sebagai hiasan kolam. Juga sangat indah terlihat di perairan bebas.

Kapu – Kapu

Banyak orang tidak mengetahui nama kapu – kapu ini tapi mengetahui seperti apa bentuknya. Sebenarnya bentuk kapu – kapu cukup sederhana untuk disebut sebagai tanaman ini indah untuk hiasan kolam ikan. Namun sangat berguna baik ikan sendiri.

Ikan biasanya menyimpan telur mereka di tumbuhan ini. Bentuk daunnya bertumpuk sehingga cocok menjadi hiasan sekaligus memberi manfaat pada ikan. Namun, kapu – kapu tidak terlalu tahan dengan sinar matahari karena akan cepat layu.


Memiliki kolam di rumah atau melihat perairan dengan jenis tumbuhan ini pasti membuat orang berpikir bahwa mereka indah. Namun tidak hanya itu, sebenarnya tanaman air juga memiliki fungsi sebagai pelindung ikan.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

tanaman hias apartment

5 Jenis Tanaman Hias untuk Apartment

Mempercantik unit hunian dengan tanaman hias apartment akan memberikan suasana segar dan menenangkan. Tapi, kebanyakan dari kamu mungkin bingung jenis tanaman apa yang

cafe outdoor

Inspirasi Dekorasi Taman untuk Cafe Outdoor

Mengunjungi cafe dengan dekorasi taman menjadi salah satu pilihan menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Apalagi jika nongkrong bersama teman-teman yang lama tidak bertemu, bisa-bisa

Tempat beli tanaman di bandung

Rekomendasi Tempat Beli Tanaman di Bandung

Berencana untuk memulai kegiatan berkebun karena banyak waktu luang di rumah? Ide bagus! Bercocok akan rekomendasikan tempat beli tanaman di Bandung. Selain menyehatkan

© 2021 Bercocok.id • Built with