Monstera Paling Populer di Kalangan Pecinta Tanaman

Monstera merupakan tanaman hias yang sedang naik daun dan popular masyarakat saat ini. Ada banyak jenis monstera yang bisa kamu temukan di pasaran, mulai dari harga puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah. Apa sajakah jenis dari monstera? Apa yang membuat tanaman ini sangat populer?

Ketahui 7 Jenis Monstera yang Paling Populer Berikut Ini!

Monstera Deliciosa

Tanaman ini paling popular di Indonesia, salah satunya dalah Monstera Deliciosa. Jenis yang satu ini memiliki ciri khas yakni lubang daunnya cukup banyak dan bentuknya menjari di bagian pinggir. Ukuran daun dominan besar dan bentuknya hampir mirip dengan hati. 

Tanaman berwarna hijau segar. Semakin tua usianya, maka semakin gelap juga warna hijau daunnya. Jenis ini mampu tumbuh dan hidup dengan baik di dalam ruangan yang memiliki suhu antara 20 hingga 30 derajat celcius. 

Tanaman tidak membutuhkan perawatan khusus. Kamu hanya perlu menyiraminya ketika media tanah sudah hampir kering.

Selain dapat mempercantik sudut ruangan dalam hunian, Bagian buah dari tanaman ini ternyata bisa kamu makan lho, Namun, pastikan kondisi buah sudah benar-benar matang. 

Monstera Obliqua

Tanaman ini terkenal memiliki harga termahal pada kelasnya. Kamu tidak akan mudah menemukan jenis Obliqa di pasaran karena tergolong langka dan banyak diburu oleh kolektor tanaman. 

Ciri umum dari Obliqua adalah ukuran daun lebih kecil dengan lubang besar di bagian permukaan. Setiap helai daunnya tidak tebal seperti jenis Monstera lain. Ukuran yang mungil inilah yang membuat banyak orang menyukainya. 

Tanaman ini sangat cocok untuk diletakkan pada pekaranganmu, pastikan mendapatkan sirkulasi dan kelembaban udara yang baik.

Harga tanaman di pasaran satu daun per potnya kurang lebih 10 juta ribu rupiah.

Monstera Borsigiana

Bagi kamu yang menyukai Monstera dengan ukuran sedang, kamu bisa memilih jenis tanaman ini.

Jenis satu ini merupakan versi kecilnya dari Deliciosa. Bentuk daun dan permukaannya hampir sama. 

Perbedaan dari Borsigiana dan Deliciosa terletak pada ukuran daun yang lebih kecil dan jarak lubang-lubang pada permukaan lebih lebar. Sehingga tanaman ini terlihat lebih simpel, tetapi tetap elegan dan unik. 

Batang tanaman ini termasuk lunak, sehingga pertumbuhannya akan menjuntai. Kamu bisa meletakkan tanaman ini di pot gantung untuk hiasan teras dan samping rumah. 

Artikel Terkait:  Si Mostera Mini, Rhaphidophora Tetasperma Vs Pertusa

Warna daun Monstera Borsigiana terdiri dari perpaduan hijau tua dan putih. Jika kamu beruntung, warna putih pada permukaan daun bisa membentuk corak yang khas dan unik. Semakin unik coraknya, maka semakin mahal harga Monstera jenis ini. 

Bagi kamu yang menginginkan Monstera Borsigiana dengan corak unik dan antimainstream, kamu bisa mencarinya ke para kolektor atau komunitas tanaman Monstera. Usahakan melakukan pembelian langsung agar tidak tertipu dengan kondisi tanaman sebenarnya. 

Monstera Dubia

Tanaman ini tidak hanya identik dengan lubang di permukaan daunnya. Namun, ada juga daun Monstera tanpa lubang yang layak menjadi tanaman hias di rumah. Monstera Dubia merupakan tanaman Monstera dengan daun yang utuh dan kombinasi warna yang cantik. 

Daun tanaman ini berbentuk bundar mengerucut menyerupai hati dengan ukuran kecil. Warna daun terdiri dari hijau terang dan putih. Bagian tulang daun sangat terlihat oleh mata, sehingga menghadirkan motif alami yang mempesona. 

Cara merawatnya tidak berbeda jauh dengan Monstera lain. Kamu perlu menjemur tanaman ini secukupnya dan asupan air harus terpenuhi.

Jika ada batang yang layu atau mati, kamu bisa memotongnya agar tidak mengganggu pertumbuhan daun lainnya. 

Jika ingin meletakkannya di teras, kamu bisa mencoba menggunakan papan kayu. Monstera Dubai cukup ditanam di tanah dan akan merambat sesuai tinggi papan kayu yang digunakan. 

Monstera Adansonii

Meskipun ada puluhan jenis tanaman Monstera, namun salah satu yang paling populer di kalangan masyarakat adalah Adansonii atau Janda Bolong. Bentuknya cukup unik dan tidak kalah dengan jenis Deliciosa. Adansonii memiliki lubang di bagian tengah daun saja. 

Bagian pinggir daun tetap utuh dan ukurannya lebih kecil dibandingkan jenis Monstera lainnya. Warna daun berupa perpaduan hijau muda dan tua, sehingga menimbulkan efek gradasi yang indah dan menawan. 

Adansonii pada umumnya memiliki tinggi sekitar 1 meter. Namun, jika kamu merawatnya dengan baik, maka tinggi batangnya bisa mencapai 2 meter hingga 4 meter.

Jika kamu temukan daun yang kering, segera potong dan sisihkan agar tidak mengganggu pertumbuhan dan tampilan dari Monstera. 

Pertumbuhan bagian batang Adansonii termasuk fleksibel (tidak kaku), sehingga sangat mungkin untuk dijadikan tanaman hias gantung. Kamu juga bisa menjadikan tanaman ini sebagai bagian wall garden karena sifatnya yang merambat dan menjuntai akan membuat rumah lebih asri.  

Artikel Terkait:  Tanaman Hias Untuk Pemula, Anti Rewel

Jika dijadikan tanaman hias gantung dan bisa bertumbuh hingga 4 meter, kamu harus sering memangkasnya agar tanaman terlihat tetap cantik. Hal yang sama juga berlaku untuk wall garden. Perawatan berkala harus tetap dilakukan agar Monstera Adansonii tumbuh dengan baik dan subur. 

Monstera Acuminata

Selanjutnya ada monstera acuminata, salah satu jenis tanaman yang serupa dengan Janda Bolong atau adansonii.

Memiliki daun hijau bertekstur tebal dan lembut dengan lubang yang lebih banyak dibandingkan dengan adansonii. Selain cocok sebagai hiasan, acuminata ini juga berfungsi sebagai penjernih udara.

Mungkin kamu akan kesulitan mengenali Acuminata dan adansonii ketika masih berukuran baby. Perbedaan keduanya akan terlihat jelas jika tanaman ini sudah mencapai ukuran dewasa.

Acuminata merupakan tanaman epifit artinya bisa hidup meskipun penyiraman satu kali dalam seminggu. Jenis ini sangat sensitif terhadap matahari jadi kamu bisa meletakkannya di jendela ketika pagi dan sore hari.

Jika kamu menanamnya di luar ruangan, tanaman hias ini bisa tumbuh merambat dan bisa tumbuh hingga 10 m. Perlu diperhatikan, tanaman ini beracun bagi manusia dan hewan jika tertelan jadi kamu perlu hati hati dalam memilih tempat untuk tanaman ini.

Monstera Variegata

Monstera Variegata sendiri memiliki banyak jenis dan pola variegata. Salah satunya adalah Monstera Albo, tanaman ini adalah jenis dari Borsigiana, memiliki daun lebih kecil dibanding dengan Deliciosa, dan pertumbuhannya lebih cepat.

Tanaman ini memiliki versi pola varigasi beragam, marble dan half-moon. Tanaman ini terbilang masih cukup mahal untuk corak varigasi yang menor.

Satu potnya tanaman ini bisa memiliki harga belasan sampai puluhan juta rupiah, tergantung kesehatan dan corak varigasi dari tanaman itu sendiri.

Namun jika kamu sangat menginginkan Monstera Variegata dan sudah menjadi wishlist sedari lama. Tak usah khawatir sebab banyak penjual yang menjual tanaman ini dalam versi ekonomis.

Jika kamu ingin memilikinya, kamu bisa membeli versi fresh cut satu daun dari penjual.


Popularitas dari tanaman monstera sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain bentuknya yang unik, ada banyak jenis monstera yang bisa dibeli masyarakat sesuai dengan budget. Lantas, jenis manakah yang paling kamu sukai? 

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

Propagasi tanaman

Jenis Media untuk Propagasi Tanaman

Apa sih itu propagasi tanaman? Sebelum kita memasuki inti artikel kita bahas dahulu tentang propagasi. Propagasi tanaman merupakan upaya untuk memperbanyak tanaman. Terbagi

© 2021 Bercocok.id • Built with