Jenis Tanaman Merambat Berdasarkan Tempatnya

Rumah akan semakin indah jika dihiasi dengan tanaman rambat, sehingga kamu harus tahu jenis tanaman merambat supaya sesuai dengan bentuk rumahmu.

Rumah yang cantik tidak harus mewah. Pemilihan desain tepat dengan tanaman hias juga menjadi faktor yang penting. Kamu bisa berkenalan dengan jenis tanaman merambat untuk menambah kecantikan rumah Kamu.

Ada banyak jenis tanaman merambat. Misalnya yang berfungsi sebagai hiasan rumah, pergola, atau merambat di air. Semuanya memiliki fungsi masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa tanaman merambat yang bisa Kamu jadikan inspirasi untuk hiasan rumah.

Tanaman Rambat Sebagai Hiasan

Tanaman rambat sebagai hiasan biasanya tumbuh di dinding rumah atau pekarangan. Sebagaimana beberapa tanaman berikut ini:

1. Tanaman Lee Kuan Yew

Pernah lihat tanaman merambat yang panjangnya bisa sampai 3 meter? Biasanya ditanam di depan rumah bagian kanopi atau balkon dengan bentuk vertikal layaknya tirai dari dedaunan.

Tanaman Lee Kuan Yew mampu memberikan kesan asri karena warnanya yang hijau dan membuat hati merasa nyaman. Rumah Kamu juga akan terlihat semakin teduh.

2. Morning Glory

Bagi Kamu yang membutuhkan semangat dari bunga hias di pagi hari, Morning Glory cocok menjadi pilihan. Bunga dengan warna ungu menyala ini dijamin bisa membuat pekarangan rumah Kamu lebih berseri.

Tanam Morning Glory dengan menaburkan bibitnya di pekarangan atau tempat yang Kamu inginkan. Tanaman ini termasuk jenis tanaman rambat yang mudah dirawat.

Artikel Terkait:  Jenis - jenis Tanaman Pothos Atau Sirih Gading

3. Bunga Hias Bougenville

Warna-warna terang dan mencolok terkadang sangat serasi dengan desain rumah. Untuk menambah kesan rumah yang polos, Kamu bisa menambahkan tanaman merambat Bougenville dengan warna merah terang atau oranye.

Sebagai tanaman merambat berbunga,  cara perawatannya juga terbilang praktis. Tidak heran kalau Kamu sering menjumpai Bougenville di berbagai daerah.

4. Tanaman Dollar

Kalau Kamu mencari tanaman rambat menempel di dinding, lebih baik mempertimbangkan tanaman Dollar.

Dinding Kamu akan terlihat penuh tempelan daun hijau yang cantik. Cocok untuk dinding bata atau media tertentu yang memiliki tekstur kasar.

Cara perawatan tanaman Dollar tidak terlalu sulit. Perhatikan juga dedaunan agar tetap terlihat rapi. Sesekali pungkas daun-daunnya jika mulai terlihat berlebihan.

Tanaman Rambat Pergola

Selain hiasan di dinding, Kamu bisa menggunakan tanaman rambat sebagai hiasan Pergola. Seperti beberapa tanaman berikut ini:

1. Flame of Irian

Memiliki pergola cantik pribadi akan lebih berkesan dengan penambahan tanaman rambat. Salah satu tanaman rambat di pergola terbaik adalah Kuku Macan atau Flame of Irian.

Warnanya cantik dengan daun dan bunga oranye menyala yang bergerombol.

Sebagai bunga rambat yang cantik, Kamu harus merawatnya dengan baik. Siram bunga dua kali sehari di awal penanaman. Jangan menyiramnya terlalu berlebihan. Berikan juga pupuk dan tempatkan kuku macan di tempat yang terkena sinar matahari.

2. Tanaman Rambat Alamanda

Bunga merambat bergerombol tidak hanya ada di negeri dongeng.  Tanaman rambat Alamanda memiliki warna-warna unik seperti kuning menyala, putih, ungu, atau pink lembut.

Alamanda memiliki ukuran bunga yang lumayan besar dengan bentuk seperti terompet. Cocok untuk menghiasi pergola agar lebih cantik. Beberapa orang juga menggunakan alamanda pada dinding rumah, taman, atau pekarangan.

Artikel Terkait:  Tanaman yang Lagi Viral 2021 Untuk Hiasi Rumahmu

3. Shower Orchid

Namanya saja sudah Shower Orchid. Bentuknya yang bergerombol dan cantik sangat sempurna sebagai pelengkap pergola Kamu. Hal yang unik dari tanaman ini adalah ketahanan bunganya yang mekar sampai dengan 14 harian lho.

4. Melati Kosta

Warnanya yang terang memberi kesan ceria dan positif. Membuat pergola Kamu akan terlihat semakin menarik. Kamu bisa merambatkan melati kosta di pergola sehingga siapapun akan terkesan ketika melihatnya.

Tanaman Rambat di Air

Selain yang merambat di dinding atau pergola, Kamu bisa menggunakan tanaman merambat di air sebagai hiasan. Misalnya sejumlah tanaman berikut ini:

Bunga Teratai

Bentuk bunga yang cantik dengan daun lebar mampu membuat kolam Kamu terlihat mengagumkan. Cocok untuk kolam kecil atau berukuran sedang di depan atau belakang rumah.

Bahkan ketika bunganya mekar, suasana di sekitar rumah menjadi semakin sejuk dan nyaman dilihat.

Ada juga tanaman merambat yang cocok untuk dalam ruangan, misalnya heartleaf philodendron, Devil’s Ivy, Suplir, dan String of Pearls. Kamu bisa memilih jenis tanaman yang paling cocok untuk digantung atau ditanam dalam pot.

Ketika memutuskan untuk menanam tanaman rambat, pastikan untuk memberi perhatian dengan serius. Misalnya mempertimbangkan intensitas sinar matahari dan rajin memangkas dedaunan yang terlalu bergerombol.

Mengingat banyaknya jenis tanaman merambat, Kamu harus memastikan untuk memberi perhatian sesuai kebutuhan. Caranya dengan mempelajari jenis tanaman terlebih dahulu dengan baik.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with