Jenis-jenis Tanaman Keladi dan Cara Merawatnya

Tanaman keladi termasuk salah satu jenis tumbuhan hias yang paling banyak peminatnya. Termasuk dalam keluarga genus caladium (talas-talasan), keladi sangat cocok untuk mempercantik tampilan sebuah hunian. 

Selain memiliki corak berupa warna serta motif yang menarik, tumbuhan ini juga memiliki berbagi jenis tumbuhan. Perbedaan dari masing-masing keladi tersebut bisa kamu lihat dari dominan warna, bentuk, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Tanaman Keladi Secara Umum

Kamu bisa mengenali beberapa jenis keladi secara umum dengan dua langkah, yakni melihat warna serta coraknya. Beberapa di antaranya yang terkenal adalah Gingerland, White queen, Freckless, Thai beauty, dan sebagainya. 

Gingerland

Keladi Gingerland sangat mudah mengenalinya secara fisik karena termasuk salah satu jenis yang populer. Ciri-ciri utamanya adalah daunnya berukuran kecil dan berbentuk hati, serta bintik-bintil selebar setengah senti berwarna merah muda.

Freckless

Sama seperti Gingerland, daun dari jenis Freckles juga berbentuk seperti hati namun memiliki corak dan warna berbeda. Secara keseluruhan, warna hijau yang lembut mendominasi daunnya dengan corak berwarna kemerahan hingga putih. 

Thai beauty

Thai beauty merupakan tanaman keladi hias yang menjadi favorit karena keunikan dari daunnya yang bercorak seperti batik. Berwarna campuran merah mudah dan hijau, Thai beauty sering disebut sebagai daun batik. 

White queen

Terlihat dari namanya, White queen berwarna putih yang mendominasi permukaan daun meski tidak keseluruhan. Salah satu hal yang unik adalah, tulang daun terlihat menonjol sehingga terlihat seperti serat-serat urat manusia. 

Candidum

Candidum bisa dikenali dengan mudah karena hanya tersedia dalam dua warna saja, yakni hijau dan putih. Tulang pada daun berwarna hijau terang sehingga terlihat kontras dengan permukaannya, namun terlihat eksotis. 

Artikel Terkait:  Berkenalan Dengan 12 Jenis Syngonium

Spring fling

Tanaman keladi berikutnya Spring fling yang berwarna merah mudah di keseluruhan daunnya. Karena keunikannya inilah, Spring fling dinobatkan sebagai keladi termahal karena sangat cocok ditempatkan sebagai penghias interior rumah.

Carolyn Whorton

Hampir mirip dengan Spring fling, Caroly Whorton juga berwarna merah muda meski tidak menutupi daunnya secara keseluruhan. Bagian tengahnya berwarna merah terang dengan tepian bintik-bintik hijau terang dengan gradasi hitam. 

Moonlight

Memiliki nama Moonlight karena coraknya mirip dengan bulan sehingga terlihat elegan. Bagian daunnya secara utuh berwarna putih bersih, namun terdapat beberapa aksen berupa urat-urat berwarna hijau lembut di bagian tepinya.

Tengkorak

Tanaman keladi tengkorak terbilang sangat minimalis jika kamu bandingkan dengan jenis tumbuhan sejenisnya. Warna dasarnya adalah hijau tua dengan daun tulang berwarna hijau lembut yang terlihat menonjol, sehingga mirip dengan tulang manusia. 

Miss muffet

Miss Muffet memiliki corak berupa bintik-bintik ungu berukuran kecil pada permukaan daunnya yang berwarna hijau lime. Batangnya memiliki warna merah marron terang sehingga sangat cocok sebagai hiasan di teras rumah.

Tips Merawat Tumbuhan Keladi agar Tumbuh dengan Baik

Karena termasuk keluarga talas-talasan, tumbuhan seperti keladi perlu mendapatkan perawatan secara khusus agar bisa tumbuh subur. Mulai dari penggunaan media tanam berkualitas, rutin menyiramnya secara teratur dan memberi pupuk.

Menggunakan media tanaman berkualitas tinggi

Tanaman keladi mampu tumbuh dengan baik jika menggunakan media tanam yang berkualitas tinggi. Kamu bisa memanfaatkan arang sekam, sekam jerami sisa panen padi, tanah hitam dan jenis sekam bakar.

Setelah itu, tumbuhan harus rutin kamu beri pupuk agar bisa berkembang dengan baik. Ingat, pemberian pupuk harus kamu lakukan secara teratur menggunakan jenis NPK, yang dilarutkan terlebih dahulu dengan air cucian beras.

Artikel Terkait:  5 Tanaman Hias Daun yang Paling Populer

Menyiram secara rutin

Proses penyiraman harus kamu lakukan dengan hati-hati karena keladi mudah busuk jika terlalu banyak terendam air. Cara paling ampuh adalah dengan teknik penyemprotan sebanyak satu kali sehari yang kamu lakukan secara rutin.

Agar tanaman keladi tetap sehat, jangan lupa untuk membersihkan media tanam dari gangguan seperti gulma. Selain mempercepat pertumbuhan, pembersihan terhadap gulma juga mampu mempertahankan kesehatan pada bagian-bagian penting dari keladi.

Selain kedua cara di atas, Kamu juga harus memahami bagaimana cara memperlakukan keladi selama proses perawatan. Ilmu dasar ini sangat penting karena masing-masing dari jenisnya terkadang membutuhkan perlakukan secara khusus. 

Memilih varietas yang eksotis berkualitas tinggi sebagai hiasan untuk mempercantik hunian memang sangat diperlukan. Selain jenis bunga-bunga seperti anggrek maupun bonsai, daun-daunan seperti tanaman keladi juga bisa menjadi pilihan terbaik.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with