Jenis Jenis Alocasia yang Siap Mempercantik Rumahmu

Belakangan jenis jenis alocasia memang tengah viral, mengingat bentuknya yang unik seperti kuping gajah. Selain itu, warnanya pun bervariasi dengan visual yang elok.

Alocasia, salah satu jenis tanaman tropis yang masih satu kelompok dengan keladi, aglaonema dan anthurium. Belakangan jenis jenis alocasia memang tengah viral, mengingat bentuk uniknya yang seperti kuping gajah. 

Warnanya sendiri cukup bervariasi, mulai dari hijau tua berkilau, hijau bertekstur beludru hingga putih dengan urat daun keperakan. 

Sekedar informasi, lebih dari 70 jenis alocasia yang dibudidayakan sebagai tanaman hias. Melihat antusias pembaca, kami akan mengulas jenis tanaman alocasia yang bisa didapatkan dipasaran. Yuk langsung disimak!

Rekomendasi Tanaman Alocasia yang Tengah Populer

Alocasia Amazonica/Polly

Jenis alocasia terpopuler pertama adalah Alocasia Amazonica atau Alocasia Polly. Ciri utama jenis ini, yakni berdaun lebar dengan warna hijau tua, berbentuk perisai atau panah. Garis tepinya sendiri bergelombang dengan urat putih tebal di sepanjang daunnya. 

Alocasia Amazonica memiliki tinggi dan lebar sebesar 18 inci, dengan panjang daun mencapai 16 inci. Tidak semua, namun terkadang jenis ini akan berbunga seperti calla atau bunga kecil. Karena daunnya yang besar, bunga tersebut akan tertutupi dan cenderung tak terlihat.

Black Velvet

Jenis alocasia selanjutnya adalah black velvet. Tak hanya sekedar nama, karena black velvet bertekstur seperti beludru. Visual daunnya sendiri kecil, memunculkan kesan imut dan cantik. 

Instagram.com/@buy_plants_online

Lalu pada bagian tulang daun, tercetak garis berwarna silver yang membuat Black Velvet tampil menawan, pun karakter yang kuat.

Artikel Terkait:  5 Tanaman Hias Daun yang Paling Populer

Alocasia Melo

Adalah salah satu jenis alocasia langka yang ditemukan pada tahun 1997. Jenis satu ini biasa tumbuh di daerah Sabah, hingga akhirnya mulai muncul di Sulawesi dan kian populer.

Sebenarnya alocasia melo lebih dikenal dengan sebutan alocasia dukosa mengingat bentuk daunnya yang sangat unik. Ciri utama tanaman ini yakni berwarna hijau, tebal, besar dan bertekstur kasar.

Alocasia Baginda Silver Dragon

Kamu penggemar tanaman pasti tahu jenis alocasia satu ini. Ya, siapa yang tak kenal dengan baginda silver dragon? 

Salah satu jenis alocasia yang memiliki daun lebar, berwarna keperakan dan urat daun berwarna kehitaman dan berlekuk tegas. Visualnya sendiri seperti sisik naga perak yang berkarakter kuat.

Alocasia Micholitziana Frydek

Karena namanya cukup sulit, tanaman hias ini biasa disebut alocasia beludru hijau. Jika dilihat sekilas, tampilannya memang mirip dengan alocasia polly, khususnya dalam ukuran, warna dan bentuk daun.

Yang membedakan frydek dengan polly adalah warna hijau tua dan urat daun putih cerah pada alocasia frydek. Biasanya tanaman ini tumbuh hingga 2-3 kaki dengan panjang daun mencapai 18 inci saat sudah dewasa.

Alocasia Wentii

Ciri utama alocasia wentii adalah berwarna hijau tua, namun di mix dengan kontras perunggu ungu, sehingga memunculkan warna cantik yang memesona. 

Namun jika sudah dewasa, alocasia wentii akan merubah warnanya menjadi lebih gelap jika membandingkannya ketika masih muda. Untuk ukurannya sendiri mencapai 12 inci.

Alocasia Watsoniana

Alocasia satu ini berasal dari Pulau Kalimantan. Sekilas tampilan visualnya mirip dengan alocasia amazonica.

Pembedanya sendiri terletak pada garis daun yang berwarna putih dan tampak tipis, berbeda dengan amazonica. 

Alocasia Longiloba

Jenis alocasia longiloba memiliki tampilan daun yang sangat elok. Bentuknya seperti wajah rubah yang runcing dan panjang atau mata panah.

Adapun warnanya bervariasi mulai dari hijau kelabu sampai hijau kebiruan, dengan bagian bawah yang berwarna ungu gelap.

Artikel Terkait:  Cara Merawat Tanaman Calathea

Alocasia Cucullata Hooded Dwarf

Alocasia jenis ini memiliki bentuk daun yang lebih tebal, hampir mirip seperti hati. Warna daunnya sendiri hijau mengkilap dan memiliki urat urat tebal yang menonjol di sisi bawah. Daunnya sendiri lebar dan bergelombang, bentuknya seperti menengadah. 

Alocasia satu ini ditemukan didaerah Thailand dan Laos, bahkan mereka menganggapnya seperti pembawa keberuntungan.

Green Green Shield

Alocasia green shield terkenal dengan namanya yang unik, yakni tengkorak hijau. Tidak seperti jenis lainnya, alocasia satu ini berdaun tipis bahkan tak mempunya garis putih pada tulang daun. Seperti namanya, green shield berwarna hijau begitupun dengan tulang daunnya.

Alocasia Zebrina

Sangat berciri khas, jenis alocasia zebrina memiliki bentuk visual seperti perisai atau panah namun tidak memiliki urat putih pada daunnya. Bagian tubuhnya yang paling menarik adalah pada batangnya yang berwarna hitam putih seperti binatang zebra. Sangat unik bukan?

Selain itu, daun pada alocasia zebrina lebih tipis jika dibandingkan jenis lainnya. Untuk tinggi dan lebarnya sendiri sekitar 3 kaki saja. Bagaimana, tertarik untuk membelinya?

Alocasia Gian Taro

Seperti namanya alocasia satu ini memiliki ukuran yang sangat besar. Berwarna hijau limah dengan bentuk panah mengkilap tanpa urat putih. Pertumbuhannya sendiri setinggi 5 kaki, dengan lebar 3 sampai 5 kaki. 


Nah, itulah informasi seputar jenis jenis alocasia yang sangat populer di masa kini. Sekian, semoga bermanfaat!

Share this:

Tinggalkan komentar