Janda Bolong Variegata, Jepang Vs Lokal

Pecinta variegata wajib punya yang satu ini. Tak bisa dipungkiri ya, tanaman Janda Bolong memang selalu menarik karena bentuknya yang unik.

Beberapa tahun lalu tanaman ini sempat naik daun, namun kini yang popular versi variegatanya.

Pada artikel kali ini bercocok akan bahas 2 versi Janda Bolong Variegata Jepang dan Lokal.

Adansonii Variegata Jepang

Ini dia salah satu tanaman yang paling banyak peminatnya. Tanaman satu ini memiliki ciri daun yang berlubang dengan batang yang memiliki warna hijau.

Yang sangat mencolok dari tanaman ini adalah warna daunnya, walaupun kamu belum familiar tetapi kamu langsung bisa membedakan Adansonii Variegata jepang dan lokal.

Variegata Adansonii Jepang memiliki perpaduan corak putih dan hijau pada bagian daunnya. Pada satu daun akan muncul setengah corak putih, atau bahkan dapat berwarna putih keseluruhan.

Untuk perawatannya sendiri tidak tergolong sulit. Jangan tempatkan tanaman ini pada sinar matahari langsung. Perhatikan PH tanah antara 6-7 dan jangan biarkan tanah terlalu basah.

Dari segi harga Tanaman ini terbilang cukup mahal, pasalnya untuk bibit saja berada di kisaran 4 juta sampai 5 juta rupiah.

Adansonii Variegata Lokal

Tanaman ini tidak kalah cantik lho, apalagi harganya yang masih terjangkau. 

Bentuk daunnya sama seperti Janda bolong variegata Jepang, hanya saja yang membedakannya adalah corak daun.

Corak Variegata pada tanaman ini tidak semenor versi lokalnya. Dengan daun yang dominan hijau, dan corak putih seperti sarang laba-laba pada permukaan daun.

Bahkan jika kamu salah melakukan perawatan coraknya untuk daun daun berikutnya akan hilang.

Baiknya untuk menjaga ke-konsistensian corak, letakan tanaman ini dibawah sinar matahari yang tidak langsung. Serta rutin lakukan pemupukan serta pemilihan media tanam yang cocok.

Artikel Terkait:  Philodendron Brasil vs Philodendron Gabby

Jika kamu ingin merawat tanaman ini sebaiknya pilih indukan yang sedikit mahal harganya tetapi memiliki corak yang menor.


Sudah memiliki keputusan untuk merawat salah satu tanaman diatas? Atau mungkin kamu sudah punya salah satunya?

Perbedaannya yang bisa langsung terlihat adalah corak warna pada bagian daunnya, tetapi sama-sama cantik ya.

Share this:

Tinggalkan komentar