Inilah Cara Merawat Tanaman Janda Bolong Dengan Mudah

Bagaimana cara merawat tanaman Janda Bolong dengan tepat dan mudah? Tentu pertanyaan ini banyak dilontarkan oleh para pecinta tanaman hias di Indonesia.

Apalagi Janda Bolong menjadi tanaman hias yang akhir-akhir ini tengah viral di kalangan masyarakat. Terutama bagi para pecinta tanaman.

Tentu masih segar dalam ingatan bagaimana hebohnya perbincangan publik mengenai tanaman bernama latin “Monstera Adansonii” ini. Sebab bentuknya yang sangat unik juga cantik, serta dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Cara Mudah dan Tepat Merawat Tanaman Janda Bolong

Kali ini akan dibahas secara lengkap tentang perawatan Janda Bolong dengan cara yang tepat dan mudah. Yuk, simak!

Perhatikan Media Tanamnya

Hal utama yang perlu diperhatikan supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik adalah memperhatikan media tanamnya. Usahakan tanah yang akan digunakan untuk menanam Janda Bolong tidak padat.

Kemudian Jika ingin menanamnya di dalam pot, Pastikan terdapat lubang drainase di bawahnya. Ini dikarenakan Janda Bolong merupakan jenis tumbuhan yang merambat.

Tak lupa gunakan media tanah yang mengandung gambut. Ini disebabkan tanah yang mengandung gambut mampu membantu menahan kelembaban tanpa adanya genangan air. Hal ini mencegah bagian akar menjadi busuk. 

Lalu disarankan untuk menggunakan pot gantung. Supaya bagian tanaman yang merambat dapat terlihat. Sehingga kesan estetika dan keindahannya dapat terpacarkan dengan baik.

Tempatkan di Lokasi yang Tepat

Lokasi penempatan tanaman juga menjadi salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan. Usahakan untuk meletakkan tanaman di dekat jendela.

Artikel Terkait:  Cara Merawat Tanaman Alocasia Supaya Daunnya Kian Cantik

Ini disebabkan, tanaman Janda Bolong harus selalu mendapatkan sinar matahari yang optimal. Akan tetapi cahaya yang didapatkan secara indirect atau tidak langsung. Sebab sinar matahari yang dibutuhkan, hanya secukupnya saja.

Jika menanamnya pada media tanah kebun, usahakan tanaman diberikan atap pelindung. Supaya cahaya matahari yang didapatkannya tidak berlebihan.

Perlu diketahui bahwa suhu yang dapat ditolerir oleh tanaman Janda Bolong yakni berkisar 21 – 30 derajat celcius.

Lakukan Penyiraman Secara Berkala

Melakukan penyiraman pada tanaman Janda Bolong adalah aspek yang sangat penting untuk diperhatikan secara seksama. Bukan hanya Janda Bolong, melainkan jenis Monstera lainnya. 

Sebab jika kadar air yang terdapat pada tanaman terlalu berlebih, akan menyebabkan bagian akar menjadi busuk. Kendati demikian, Janda Bolong juga membutuhkan tanah dengan kelembaban tinggi.

Menyikapi hal tersebut, kamu harus memastikan bahwa tanah berada dalam kondisi yang kering sebelum menyiraminya.

Proses penyiraman pun harus dilakukan dengan hati-hati dan secara rutin. Jika hal tersebut tidak dilakukan, biasanya pada bagian daun akan berubah warna menjadi kuning.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, disarankan penyiraman dilakukan dalam kurun waktu satu minggu sekali.

Perawatan Agar Tanaman Janda Bolong Tumbuh Subur

Kesuburan adalah salah satu parameter yang menentukan apakah tanaman tersebut sehat atau tidak. Tentu tanaman hias yang subur menjadi satu hal yang diinginkan oleh sang pemilik. 

Berikut ini adalah cara merawat tanaman Janda Bolong agar subur dan tumbuh dengan baik. Hal-hal yang bisa dilakukan antara lain : 

Lakukan Pemangkasan

Jika tanaman sudah tumbuh lebat, maka pemangkasan bisa dilakukan. Selain untuk terlihat lebih rapi, pemangkasan juga secara efektif mampu mendorong pertumbuhan tanaman.

Artikel Terkait:  Tips Merawat Tanaman Dolar, Tanaman Hias Mudah Dirawat

Gunakan air cucian beras

Air bekas cucian beras dapat menjadi pilihan untuk bisa menyuburkan tanaman. Karena didalamnya terkandung vitamin B1 yang sangat baik bagi pertumbuhan tanaman.

Pemupukan

Nutrisi adalah hal yang tidak boleh dilupakan untuk menjaga tanaman tetap subur dan tumbuh dengan baik. Gunakan jenis pupuk apa saja salah satunya pupuk kompos atau bahkan pupuk cair.

Lakukan pemupukan selama 6 bulan sekali. Tetapi jika pupuk yang digunakan adalah pupuk cair, maka pemupukan harus dilakukan satu bulan sekali.


Disisi lain, terdapat tips atau cara memperbanyak tanaman Janda Bolong dengan mudah. Langkah yang perlu dilakukan antara lain gunting pada bagian tanaman merambat yang setidaknya memiliki dua simpul.

Kemudian tempatkan tanaman yang telah digunting tersebut ke dalam segelas air. Tunggu hingga akar yang baru terbentuk. Jika sudah terbentuk, tanam potongan tersebut pada media tanah.

Dengan cara ini, tanaman baru Janda Bolong akan tumbuh.

Masalah Umum yang Terjadi pada Tanaman Janda Bolong

Masalah umum yang biasanya terjadi pada tanaman Janda Bolong adalah warna daun yang menguning dan bentuk daun yang terkulai. 

Untuk masalah daun yang menguning disebabkan beberapa faktor, yakni tingkat kelembaban, cahaya matahari yang terlalu berlebihan, hama, hingga perubahan natural yang tak perlu dikhawatirkan.Sementara penyebab daun yang terkulai dipengaruhi oleh tanah yang terlalu kering serta kelembaban yang kurang. Dengan melakukan perawatan tanaman Janda Bolong dengan benar, maka masalah-masalah tersebut dapat teratasi.


Cara merawat tanaman Janda Bolong tidaklah rumit. Hanya saja perlu dilakukan dengan tepat. Tanaman hias yang satu ini sangat cocok untuk menghias dan mempercantik halaman maupun interior rumah.

Jadi apakah kamu tertarik untuk menjadikan tanaman Janda Bolong sebagai koleksi tanaman hias selanjutnya?

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

Hidroponik

Memulai Hidroponik Sederhana Untuk Berkebun

Hidroponik adalah teknik budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanam padat (sekam, sekam bakar, perlite, dll). Teknik budidaya tanaman ini hanya memerlukan cahaya, air,

© 2021 Bercocok.id • Built with