Ini Dia Transformasi Monstera Dubia Dari Bayi Hingga Dewasa

Tanaman hias belakangan ini sedang menjadi tren yang banyak diperbincangkan. Bahkan ada juga yang menjadikan kegiatan merawat tanaman hias sebagai hobi, salah satunya adalah merawat monstera. 

Namun, tahukah kalian berapa total jenis monstera sekarang? Ada kurang lebih 30 jenis monstera di dunia dan kali ini kita akan membahas salah satunya, Monstera Dubia. Ini dia transformasinya dari bayi hingga dewasa.

Tanaman ini memiliki nama lain shingle plant, merupakan tanaman hias yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Jika kamu membayangkan Dubia adalah tanaman dengan daun lebar dan berlubang, maka kamu kurang tepat. 

Justru sebaliknya, tanaman hias ini tidak berdaun lebar dan tidak memiliki lubang yang besar. Berikut ini adalah jenis monstera dan gambar.  

Tentang Monstera Dubia yang Harus Kalian Tahu

Awal Pertumbuhan

Awalnya Monstera Dubia tumbuh di hutan. Biasanya mereka tumbuh layaknya tumbuhan merambat yang berjalan hingga puncak. Ketika di hutan mereka menggunakan pohon sebagai inangnya.

Pada saat tanaman hias ini masih kecil, biasanya dia akan menempel pada media yang ada di sekitarnya seperti pohon, papan, atau tiang. Setelah mereka

menemukan inangnya mereka akan menempel dan memulai perjalanan mereka naik hingga ke puncak.

Selain itu, apakah kalian tahu jika Monstera merupakan tanaman yang memiliki proses perubahan pada daunnya? Ya, tanaman ini, secara mengejutkan, bisa berkembang menjadi bentuk dan warna yang berbeda selama mereka hidup.

Daun dan Batang

Monstera Dubia sebenarnya memiliki sisi gelap – terang pada daunnya, namun ia tidak termasuk kedalam jenis monstera variegata. 

Ketika masih muda, bentuk daun Monstera Dubia akan terlihat seperti bentuk hati dengan panjang sekitar 2-3 inci atau sekitar 3-5 cm. Pada permukaan Daunnya hampir dipenuhi dengan bintik-bintik berwarna perak.

Namun, ketika dewasa ukuran mereka menjadi lebih besar dengan warna daun lebih hijau, bisa dikatakan jika warna terang pada daun sudah tidak terlihat lagi, dan membelah. 

Artikel Terkait:  Rekomendasi Tempat Beli Tanaman di Bandung

Panjang daun Monstera Dubia sendiri bisa mencapai sekitar 5 inci atau sekitar 12 cm saat dewasa. Tanaman ini dapat tumbuh setinggi 3 kaki – 10 kaki atau sekitar 92 – 304 cm.

Namun, agar hal tersebut bisa terjadi membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun. Karena pada umumnya mereka jarang dibiarkan tumbuh sebesar itu dan menerima cukup sinar matahari agar metamorfosis ini terjadi.Hal yang menarik dari Monstera Dubia ini adalah ketika mereka masih muda mereka terlihat seperti Rhaphidophora Cryptantha sedangkan ketika dewasa mereka terlihat seperti Monstera Deliciosa, bukan Monstera Borsigiana.

Bunga Monstera Dubia

Monstera Dubia bisa berbunga, benarkah itu? Monstera Dubia yang telah dewasa biasanya akan memiliki bunga. Pada umumnya, bunga-bunga berwarna salmon mekar tepat setelah daun muda pertama menjadi dewasa.

Jika kalian menanam Monstera Dubia di ruangan terbuka, kalian akan kesulitan untuk melihat bunganya mekar. Terlebih agar bisa berbunga, tanaman harus ditopang dengan benar pada totem atau media tongkat untuk tanaman hias.

Seperti tanaman monstera pada umumnya, kalian perlu memahami jika memiliki monstera dalam jumlah banyak dapat menjadi racun karena sifatnya yang shingle plant. Jadi, pastikan kalian tidak membiarkan anak-anak atau hewan peliharaan berbaur dengan tanaman merambat.

Perawatan Tanaman

Bagaimana cara merawat Monstera Dubia? Apakah itu sulit? Tenang, perawatan Monstera Dubia tidak sesulit yang kalian bayangkan, simak baik-baik.

Air

Monstera Dubia menyukai tanah yang lembab. Sehingga kalian bisa menyiram tanaman ini sebanyak 1-2 kali seminggu (jika cuaca panas) dan 1 kali dalam 2 minggu (jika suhu normal). Usahakan agar tidak terlalu banyak menyiram tanah Monstera Dubia, karena mereka tidak suka tanah yang basah.

Sinar Matahari

Tidak seperti kebanyakan tanaman monstera, tanaman ini tidak suka terpapar sinar matahari langsung. Jadi pilihlah dengan bijak tempat dengan sinar matahari yang cerah dan tidak langsung.

Artikel Terkait:  Kuping Gajah Dorayaki Vs Silver Blush

Pot

Yang paling ideal adalah sesuaikan ukuran tanaman dan akar kalian, ketika akar dan tanaman masih berukuran kecil jangan gunakan pot yang terlalu besar karena akan membuat akar rentan busuk.

Tanah, Suhu, dan Kelembapan

Suhu ideal Monstera Dubia adalah 15-25°C, sedangkan tingkat kelembapan udara harus di atas 50%. Tanah gambut yang subur, cepat kering, dengan PH antara 5–7.5 cocok dengan tanaman unik ini. 

Jika daun tanaman ini terlihat seperti meringkuk dari totem/tiang ketika cuaca kering, maka kelembapan yang tidak memadai adalah penyebabnya. Sehingga pastikan jika tanaman unik ini mendapat tanah, suhu, dan kelembapan yang tepat.

Pemotongan dan Pemangkasan

Kalian bisa menghilangkan daun tua dan tidak sehat, memangkas tanaman merambat untuk menjaga ukuran serta memastikan pertumbuhan yang sehat dari tanaman kalian.


Tanaman Monstera Dubia pada dasarnya adalah tanaman unik dan bukan jenis monstera paling mahal. Mereka adalah tanaman pemanjat yang mengalami banyak perubahan ketika dewasa. 

Dengan mendapat sinar matahari yang cukup mereka akan mekar secara penuh. Tanaman unik ini sangat cocok untuk tumbuh baik didalam maupun diluar ruangan dalam iklim yang sesuai

Jadi ini dia transformasi Monstera Dubia dari bayi hingga dewasa. Apakah kalian tertarik untuk merawat tanaman cantik ini? Segara adopsi tanaman ini dan jangan lupa untuk merawatnya ya!

Share this:

Tinggalkan komentar