Ini Dia Cara Mudah Menanam dan Merawat Syngonium Strawberry Milk

Share this Article
Syngonium strawberry milk

Syngonium Strawberry Milk adalah tanaman hias yang sedang populer di kalangan pecinta tanaman. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati dengan warna yang unik, yaitu putih susu dengan bercak-bercak merah muda yang menyerupai milkshake stroberi. Bagi Anda yang ingin menanam dan merawat tanaman ini, berikut adalah beberapa tips yang mudah untuk diikuti.

Persiapan Menanam Syngonium

Sebelum menanam tanaman ini, pastikan Anda memiliki media tanam yang cukup. Syngonium dapat tumbuh dengan baik di tanah campuran yang terdiri dari campuran tanah, serbuk gergaji, dan arang kayu. Pastikan juga pot yang Anda gunakan memiliki lubang drainase untuk menghindari air yang tergenang di dalam pot.

Cara Menanam

Langkah pertama dalam menanam Syngonium ini adalah menyiapkan pot dan media tanam. Letakkan tanaman dalam pot dan tambahkan media tanam hingga setinggi 2-3 cm di atas akar tanaman. Setelah itu, padatkan media tanam dan siram dengan air secukupnya.

Pemeliharaan Syngonium Strawberry Milk

Tanaman ini adalah tanaman yang mudah dirawat. Untuk menjaga kelembaban tanah, sebaiknya siram tanaman satu kali dalam seminggu. Pastikan juga tanaman mendapat sinar matahari yang cukup, namun tidak langsung terkena sinar matahari yang terlalu terik. Anda juga bisa memberikan pupuk sekali sebulan untuk memastikan tanaman mendapat nutrisi yang cukup.

Tips Merawat Syngonium Strawberry Milk

Untuk menjaga kecantikan Strawberry Milk, pastikan tanaman mendapat cahaya yang cukup, tanah tetap lembab namun tidak terlalu basah, serta hindari paparan sinar matahari langsung yang dapat merusak daun. Selain itu, pastikan juga untuk memangkas tanaman secara teratur untuk menjaga bentuk dan ukuran yang sesuai.

Untuk mencegah pertumbuhan jamur pada daun, sebaiknya hindari menyiram daun dengan air. Sebagai alternatif, Anda bisa membersihkan daun dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi dengan air secukupnya. Selain itu, pastikan tanaman tidak terkena udara yang terlalu dingin, karena dapat menyebabkan daun menjadi kering dan layu.


Syngonium adalah tanaman yang mudah tumbuh dan dirawat, cocok untuk para pemula maupun pecinta tanaman yang sudah berpengalaman. Dengan menanam dan merawat tanaman ini dengan benar, Anda dapat menikmati keindahan daun berwarna putih susu dengan bercak-bercak merah muda yang menyerupai milkshake stroberi di dalam rumah Anda.

Artikel Terkait:  Tips dan Cara Merawat Tanaman Syngonium Pink

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,