Cara Merawat Tanaman Alocasia Supaya Daunnya Kian Cantik

Supaya keindahan daunnya yang lebar kian cantik nan eksotik, ada sejumlah tips dan cara merawat tanaman Alocasia yang bisa kamu pelajari di sini. Sekilas, daun Alocasia memang terlihat mirip dengan Caladium. 

Namun daun tanaman ini lebih hijau, strukturnya tulangnya lebih tebal dan menonjol, dan lebih lebar dibandingkan Caladium. Merawat dan memperlakukan tanaman ini pun relatif susah-susah gampang. Simak informasi lengkapnya berikut.

Tips dan Cara Merawat Tanaman Alocasia

Gunakan Tanah Campuran

Tanaman Alocasia sejatinya masih dalam rumpun keluarga Araceae, yang habitat aslinya adalah daerah beriklim tropis dan subtropis. Meski sering dijumpai di alam liar, namun beberapa jenis Alocasia cocok dijadikan tanaman hias karena tangguh. Misalnya jenis Black Velvet atau Dragon Scale yang kian digandrungi.

Jika ingin menanamnya di rumah, pastikan tanahnya berpori dan memiliki drainase yang baik. Media tanam Alocasia Dragon Scale yang cocok umumnya terbuat dari campuran tanah gembur dan pupuk organik. Kamu juga bisa menambahkan lumut gambut dan sedikit perlite agar cukup lembab.

Kombinasi campuran ini bisa menyuplai banyak nutrisi ke akar tanaman, sehingga mendorong pertumbuhan tanaman menjadi lebih sehat. Namun, bukan berarti tanaman Alocasia cocok di lingkungan basah. Terlalu basah bisa menyebabkan akar lekas busuk dan rentan terkena infeksi jamur.

Tempatkan di Lingkungan yang Sesuai

Lingkungan yang lembab sangat disukai tanaman Alocasia, sehingga kondisi yang terlalu kering atau dingin bisa membuatnya mati. Angka kelembaban yang memungkinkan adalah berkisar 50 – 60% supaya tanaman ini bisa tumbuh sehat indoor.

Memperhatikan tingkat keasaman tanah juga sangat penting.  PH tanah yang ideal adalah sekitar 5,5 sampai 6,5, sementara tanah dengan keasaman terlalu tinggi bisa membuat warna daun menggelap. Pupuk untuk Alocasia terbaik adalah  campuran yang berimbang dari nitrogen, potasium, dan fosfat.

Artikel Terkait:  Tips Merawat Philodendron Gloriosum Anti Ribet

Pilih Pencahayaan Terbaik

Salah satu cara merawat Alocasia Dragon Scale maupun jenis Alocasia lainnya, adalah dengan mengatur pencahayaan. Tanaman ini menyukai tempat terang, namun bukan terkena matahari secara langsung. Jika kamu meletakannya di dalam ruangan, sebaiknya tempatkan saja di dekat jendela.

Ingin meletakkannya di luar untuk menghias taman? Boleh saja! Tipsnya, hindari matahari secara langsung karena daunnya bisa terbakar dan merusak keindahannya. Bisa juga dengan membentangkan paranet di atas tanaman jika ingin menempatkannya di luar ruangan.

Saat panas cukup menyengat, tanaman Alocasia luar ruangan sebaiknya pindahkan ke tempat teduh. Hindari meletakkan tanaman di tempat gelap karena akan mempengaruhi keindahan daunnya. Warna daun juga akan cenderung kusam dan tidak cemerlang.

Siram Dengan Benar

Teknik menyiram Alocasia bisa jadi sangat tricky. Tanaman ini menyukai tanah lembab, namun jika terlalu basah akan membuat akarnya busuk dan mudah terjangkit jamur. Tipsnya, siram secara teratur dengan memperhatikan kondisi tanahnya terlebih dahulu.

Jika bagian atas tanah hingga sekitar 1 – 2 cm ke bawah sudah kering, berarti sudah saatnya menyiram. Yang perlu diperhatikan, pada musim dingin ketika pertumbuhan daun menurun, jumlah air yang disiramkan sebaiknya dikurangi. Jika teknik ini kamu terapkan, bentuk daun yang indah akan tetap terjaga sepanjang tahun.

Atur Suhunya

Mengatur suhu sangat penting jika ingin menghasilkan daun Alocasia yang rimbun dan indah. Suhu idealnya adalah 13- 27 derajat Celcius. Jika meletakannya dalam ruangan, hindari kontak secara langsung dengan pendingin ruangan seperti AC atau kipas angin.

Tempat yang terlalu dingin bisa membuat tanaman ini berhenti bertumbuh. Jika Alocasia mengalami kondisi dormansi seperti ini,  daunnya bisa tiba-tiba layu, meski umbi masih terlihat segar. Tipsnya, ganti media tanam dengan yang baru dan mengandung banyak humus untuk mencegah terjadinya dormansi.

Artikel Terkait:  Agar Tak Salah Merawat, Ini Tips dan Cara Merawat Tanaman Pilea

Mengganti Pot

Jika tanaman sudah terlihat sehat, batangnya kokoh, dan daunnya rimbun, sudah saatnya mengganti potnya. Teknik ini juga merupakan cara memperbanyak Alocasia , terutama untuk jenis yang besar seperti Giant Taro. Namun yang perlu diingat, tidak perlu sering memindahkan karena malah akan membuatnya stres.

Tipsnya, pilih pot dengan ukuran yang lebih tinggi. Gunakan campuran tanah yang sama seperti di awal menanam serta buang bagian yang ada tanda kerusakan atau pembusukan. Sedangkan cara budidaya Alocasia adalah dengan membelah akar rimpangnya yang berumbi dan menempatkannya di pot baru.


Dengan menerapkan tips dan cara merawat tanaman Alocasia di atas, kamu bisa menikmati keindahan daunnya sepanjang tahun. Namun ingat, jauhkan tanaman ini dari jangkauan peliharaan dan anak-anak karena ada kandungan  kristal oksalat yang cukup beracun bagi mereka.

Share this:

Tinggalkan komentar