4 Cara Merawat Kaktus Mini Sebagai Dekorasi Ruangan

Kaktus kini menjadi salah satu tanaman hias yang populer sebagai dekorasi ruangan di Indonesia. Berikut ini cara merawat Kaktus mini di dalam ruangan.

Tanaman kaktus kini tengah populer sebagai salah satu hiasan dekorasi di dalam ruangan guna mempercantik ruangan tersebut. Lalu bagaimana sih cara merawat kaktushias dalam ruangan?  Simak artikel di bawah ini ya.

Bagi sebagian orang yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk merawat tanaman, tetapi tetap ingin memiliki tanaman, kaktus mini ini adalah pilihan tepat untuk menjadi tanaman hias di dalam ruangan kamu.

Ada berbagai jenis kaktus mini yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik ruangan seperti Kaktus Mini Astrophytum, Kaktus Mini Ariocarpus, Kaktus Mini Ferocactus, Kaktus Mini Cephalocereus Senilis, Kaktus Mini Echinocactus Grusonii, dan lain sebagainya.

Kaktus mini kini sudah banyak dijual dimana-mana termasuk di berbagai ecommerce dengan harga yang cukup affordable. Itu juga yang menjadi alasan kenapa kaktus mini kian menjadi populer di kalangan masyarakat.

Tanaman kaktus mini ini memang tidak mudah layu, tetapi tetap ada tata cara untuk merawatnya agar tanaman tersebut tetap tumbuh dan tidak mati. 

Berikut ini 4 cara merawat kaktus mini sebagai dekorasi ruangan kamu.

Pilih ruangan yang terkena sinar matahari

Merawat kaktus di dalam ruang memang sedikit berbeda dengan kaktus di luar ruangan. Kaktus mini yang sudah terbiasa berada di indoor, ketika kamu simpan ditempat yang terkena  sinar matahari secara langsung maka ia akan terbakar.

Carilah ruangan di rumahmu yang memiliki pencahayaan yang cukup seperti di dekat jendela. Jangan taruh kaktus di tempat yang basah dan lembab, karena pada dasarnya habitat kaktus adalah di lingkungan yang kering.

Artikel Terkait:  Merawat Tanaman Hias dengan Teknik Bottom Watering

Pilih media tanam yang tepat

Memilih media tanam yang tepat menjadi bagian yang tidak kalah penting dari cara merawat kaktus. Dengan menggunakan media yang tepat akan membantu kaktus tumbuh dan berkembang.

Pertama pilihlah pot yang memiliki lubang di bawahnya yang akan berfungsi sebagai jalan keluar air agar air tidak menggenang  di dalam pot.

Kemudian untuk dasar dalam pot kamu masukan batu-batu kerikil. Setelah itu, lanjut dengan memasukan tanah, lalu pasir kasar, lalu terakhir serbuk arang. Serbuk arang ini dapat membantu menjaga kesehatan kaktus. 

Agar kaktus semakin sehat kamu juga bisa menambahkan sedikit tepung tulang yang mengandung zat fosfor berguna untuk memperkuat fisik si kaktus, dan masukan juga serbuk kapur guna mengurangi kadar asam dalam media tanam.

Jangan menyiram kaktus terlalu sering

Akar kaktus yang pendek dan berjumlah sedikit ini memiliki sistem sederhana, yang membuat ia tidak dapat menyerap kelembapan secara berlebihan.

Pemberian air secara berlebihan justru akan membuat kaktus cepat mati. Selain itu batang kaktus juga selalu menyimpan cadangan air untuk dirinya sendiri.

Siramlah kaktus dua sampai tiga minggu sekali dengan cara di semprot menggunakan spray yang berisi air hangat agar si kaktus tidak kaget. Lakukan penyiraman di pagi hari karena saat pagi akar kaktus sedang dalam kondisi yang siap menyerap kelembapan. Kamu juga bisa coba menggunakan alat seperti Moisture meter untuk mengetahui kapan saat yang tepat untuk proses penyiraman dan berapa banyak air yang dibutuhkan.

Selain itu dengan menggunakan Moisture meter kamu juga bisa mengetahui tingkat kelembaban tanah hingga ke bagian akarnya, intensitas cahaya, dan juga pH dari si tanah. Meskipun dari luar permukaan tanah terlihat kering, tapi bisa saja bagian dalamnya masih basah.

Artikel Terkait:  Penyebab Daun Tanaman Menguning dan Cara Mengatasinya

Berikan pupuk secara teratur

Layaknya tanaman jenis lain, kaktus juga membutuhkan pupuk untuk bertumbuh agar lebih subur. Berbeda dengan tanaman lain, pemberian pupuk pada kaktus dapat dilakukan setahun sekali pada saat musim hujan.

Ada beberapa jenis pupuk yang bisa kamu gunakan seperti pupuk kompos, pupuk kandang dan pupuk NPK. Namun hati-hati dalam memberikan pupuk, jangan sampai berlebihan dan merusak si kaktus.

Kamu bisa mengambil tanah di bagian atas dari media tanam kaktus  tersebut sampai setengah pot, lalu mulai memasukkan pupuk tersebut. Setelah itu masukan kembali tanah yang diambil tadi untuk menimbun pupuk tersebut agar pupuk tidak menguap ke atas. 


Itu dia 4 cara merawat kaktus. Gimana tidak sulit bukan untuk merawat kaktus sebagai dekorasi ruangan?. Ayo kita menanam kaktus di rumah.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

Berkenalan Dengan 12 Jenis Syngonium

Kali ini bercocok akan ngebahas beberapa jenis si cantik Syngonium, karena jenisnya banyak sekali ada beberapa tanaman yang serupa tapi tak sama loh.

© 2021 Bercocok.id • Built with