Cara Merawat Bunga Kastuba Berubah Warna Merah Merona

Kecantikan tanaman kastuba adalah saat bunga kastuba berubah warna menjadi merah. Namun sebenarnya, tanaman ini tidak berbunga. Warna merah merona nan indah merupakan bagian daunnya yang berwarna hijau.

Dengan perawatan yang tepat, warna daun kastuba ini akan berubah warna. Daya tariknya yang terdapat dalam daun kastuba ini menjadikannya tanaman hias yang banyak yang mencarinya. Nah, bagaimana cara merawat bunga kastuba agar menjadi merah merona?

Letakkan Bunga Kastuba di Tempat yang Minim Cahaya

Intensitas cahaya yang kecil akan membuat daun kastuba cepat berubah warna. Kamu bisa meletakkannya di teras rumah, sehingga cahaya matahari tidak bisa langsung mengenai tanaman ini.

Tutup Bunga Kastuba dengan Cungkup

Gunakan polybag dengan ukuran yang besar agar bisa menutup semua bagian bunga. Kamu juga bisa menggunakan cungkup lainnya yang bisa menghalangi cahaya mengenai daun kastuba.

Ikat cungkup tersebut agar tidak mudah terbuka selama proses penutupan. Hasil perawatan jenis bunga kastuba merah ini akan semakin baik ketika cahaya benar-benar tidak masuk atau kedap cahaya.

Lakukan Proses Penyungkupan Selama 19 Jam

Proses ini dilakukan selama 19 jam setiap hari. Waktu terbaik untuk melakukan proses pencungkupan, dimulai pada jam 2 siang sampai 9 pagi.

Sedangkan di antara jam 9 pagi sampai jam 2 siang, kamu harus membuka cungkupnya, agar tanaman bisa melakukan fotosintesis.

Lakukan Penyiraman Secukupnya

Ketika melakukan proses untuk mengubah warna bunga kastuba ini kamu harus melakukan penyiraman secukupnya saja. Karena pada proses ini, air yang terlalu banyak malah akan membuat tanaman cepat mengalami pembusukan.

Artikel Terkait:  Cara Merawat Karet Kebo Agar Hidup Lebih Lama

Kamu cukup menyirami dengan menyemprotkan air ke daun tanaman ini. Jangan sampai air penyiraman tersebut sampai menggenang di bawah pot atau polybag.

Lakukan Proses Penyungkupan Sampai Daun Berubah Merah Merona

Biasanya untuk mendapatkan daun yang merah merona, kamu harus melakukan proses ini selama satu bulan lebih. Semakin banyak waktu yang diperlukan, maka warna daun akan semakin gelap. Jadi, kamu bisa mengamatinya setiap hari sampai dirasa warnanya sudah cukup merah.


Itulah cara agar bunga kastuba berubah warna menjadi merah merona. Semakin banyak daunnya yang berubah warna, tentunya menjadikan daun ini semakin memikat dan menjadikan harga bunga kastuba makin mahal. Jadi, rawat tanaman kastuba kamu agar semakin terlihat cantik.

Feature image source: instagram.com/chlorophyllindonesia

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

toko tanaman jabodetabek

Toko Tanaman Hias di Wilayah Jabodetabek

Toko tanaman hias selalu menjadi tujuan favorit bagi para pecinta tumbuh-tumbuhan khusus seperti bunga dan sejenisnya. Selain berburu varietas unggulan, tidak jarang mereka

© 2021 Bercocok.id • Built with