Bercocok

Cara Memperbanyak Monstera Deliciosa

Tanaman Monstera Deliciosa memiliki cukup banyak penggemar. Daripada menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli lebih banyak, kamu bisa mempelajari cara memperbanyak Monstera Deliciosa dan memotongnya sendiri. Langsung saja kamu simak penjelasan caranya berikut ini.

Cara Memperbanyak Monstera Deliciosa Dengan Mudah

Ada 5 langkah mudah yang dapat kamu lakukan untuk memperbanyak Monstera. Ini dia langkah-langkahnya.

Pilih Tanaman Monstera

Bila kamu ingin memperbanyak tanaman Monstera Deliciosa, maka pilihlah yang sudah cukup umur.

Ciri-cirinya adalah monstera deliciosa yang sudah memiliki tinggi, besar batang dan akar yang cukup. Kamu perlu mengeluarkan tanaman ini dari pot dengan perlahan. Tujuannya adalah agar agarnya tidak mengalami stres yang akan memperlambat pertumbuhan.

Potong Pada Bagian Bonggol Monstera Deliciosa

Perhatikan bagian mana dari bonggol yang sudah memiliki mata tunas dan akar yang cukup. Lalu kamu dapat memotongnya, sehingga akan mendapatkan 2 atau lebih calon tanaman baru berdasarkan tunas yang kamu dapat.

Setelah kamu memotongnya, kamu bisa memastikan apakah ada cukup akar untuk mendukung bagian tanaman yang kamu potong dapat langsung ditanaman.

Bila tidak bisa langsung kamu tanam, maka kamu dapat melakukan proses water propagation terlebih dahulu. Begitulah cara memotong Monstera Deliciosa yang benar.

Cuci Akarnya

Bonggol yang sudah dipotong dicuci untuk melihat dengan lebih jelas kondisi akar dari bonggol yang telah terpotong.

Ini juga untuk memastikan apakah ada kemungkinan tunas baru yang bisa menjadi tanaman terpisah. Bila ternyata masih ada tunas baru, maka kamu dapat melakukan pencacahan berikutnya.

Siapkan Pot

Ukuran pot yang akan kamu gunakan akan bergantung kepada ukuran tunas baru yang akan kamu tanam. Apabila kamu berniat untuk memperbanyak menggunakan tunas-tunas tadi, maka disarankan untuk memakai pot plastik.

Untuk mempermudah nantinya ketika hendak melakukan pencacahan kembali.

Selain menyiapkan pot, jangan lupa untuk menyiapkan media tanam, bisa berupa campuran tanah, kompos dan pasir. Pot yang kamu pergunakan harus memiliki cukup lubang di bagian bawahnya.

Tanam Bonggol Yang Memiliki Tunas

Masukkan media tanam 1 lapis, setelah itu tanam bonggol yang memiliki tunas dan akar yang cukup. Tambahkan media tanam sampai akarnya dapat tertutup tetapi upayakan agar tunasnya tidak tertutup. Itulah cara menanam monstera di tanah dengan benar, sehingga hasilnya dapat tumbuh dengan baik.


Bagaimana menurut kamu penjelasan cara memperbanyak monstera deliciosa di atas? Mudah sekali bukan untuk dipraktekkan? Hasilnya pasti akan membuat kamu senang.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

mengatasi hama tanaman

Langkah Jitu Mengatasi Hama pada Tanaman

Mengatasi hama pada tanaman memang gampang-gampang susah. Gampang karenamemang sudah banyak produk pestisida yang bisa membunuh hama dengan cepat. Sedangkan susah karena beberapa

sungkup tanaman

Cara dan Kegunaan Sungkup Tanaman

Ada beberapa cara menyungkup tanaman serta kegunaan dari sungkup tanaman yang perlu kamu ketahui. Bagi para petani Indonesia, mungkin tidak banyak yang mengetahui

Cara Merawat Mawar Dengan Mudah

Bagi kamu pecinta bunga mawar, ada beberapa cara merawat Mawar yang perlu kamu ketahui. Apabila menanam bunga, kita wajib untuk merawatnya agar bisa

© 2021 Bercocok.id • Built with