3 Bunga Puring Termahal, Wajib jadi Koleksi Tanaman Hias

Sudahkah kamu memiliki bunga puring, sebagai koleksi tanaman hias terbaik di rumah? Jika belum, cek daftar bunga puring termahal berikut ini. Tampilannya unik dan menarik, serta perawatannya sangat mudah bahkan oleh pemula sekalipun.

Awalnya tanaman ini dikategorikan gulma, karena sering tumbuh di kebun milik petani yang sedang membudidayakan sayuran atau buah. Tapi, di awal tahun 2000-an mulai ada orang yang kemudian menjadikannya tanaman hias. Salah satu pesona puring yaitu motif bunganya yang sangat variatif dan berwarna cerah.

3 Bunga Puring Termahal Saat Ini

Penasaran apa saja jenis bunga puring yang disebut-sebut paling mahal itu? Berikut ini daftar terbarunya. Siapa tahu, ada yang kamu sukai dan ingin miliki untuk melengkapi taman bunga di rumah.

Corak Kura-Kura

Yang pertama adalah jenis kura-kura, dimana daunnya berwarna-warni dengan motif seperti cangkang hewan berjalan lambat tersebut. Ada daun berwarna kuning dengan corak hijau berbentuk bulat. Kemudian ada juga daun merah terang dengan warna merah tua.

Soal harga, jenis ini dibanderol sekitar Rp. 100 ribuan untuk satu pot bunganya. Sama juga dengan puring batik, namun coraknya lebih mengarah pada motif batik di Indonesia.

Corak Apel

Ada lagi bunga puring termahal puring apel, dimana daunnya sekilas mirip dengan irisan buah apel merah atau hijau. Bulat dengan batang daun di bagian tengah, dengan corak unik. Yaitu lingkaran luar daun berwarna cerah sedangkan motif di bagian tengah seperti corak warna-warni bertebaran.

Jika kamu mau punya salah satunya, perlu mempersiapkan dana hingga Rp. 350 ribuan. Tergantung keunikan warna dan usia dari tanaman tersebut.

Corak Jet Matahari

Ini masuk jenis tanaman puring termahal yang cukup menguras kantong, karena harganya bisa mencapai Rp. 600 ribu untuk satu pot bunga kecilnya saja.

Keunikannya terletak pada bentuk daun melebar mirip dengan pesawat jet, kemudian tinggi maksimalnya tidak melebihi satu meter dn warnanya cukup variatif.

Dari warna hijau berpadu kuning pada batang daun, ada pula warna merah pekat dengan warna hijau kekuningan pada bagian batang daun.

Cara Cepat Menumbuhkan Akar Bunga Puring

Bunga puring, sudah menjadi salah satu tanaman hias favorit masyarakat sejak lama. Apalagi untuk membudidayakannya tergolong mudah, melalui cara cepat menumbuhkan akar bunga puring secara alami.

Akar tanaman akan mulai tumbuh pada proses pembibitan, sebelum kamu pindahkan ke media tanam permanen. Sehingga akan sangat butuh detail kerja yang mampu merangsang pertumbuhan akar tersebut. Penasaran bagaimana implementasinya pada bunga puring?

3 Cara Cepat Menumbuhkan Akar Bunga Puring

Tiga cara berikut ini bisa kamu pilih, mana yang menurut kamu paling gampang. Ada cara menanam puring tanpa akar yang mudah dilakukan. Pastinya, akan butuh penampang utama dari indukan sebagai tempat nantinya tumbuh tanaman baru dengan kualitas sama dengan induknya.

Cangkok Bunga Puring

Melalui cara cangkok, bagian utama indukan yang akan digunakan adalah batang tanaman tuanya. Kemudian, kikis sisi batang menggunakan pisau tajam sampai muncul lendir.

Setelah itu bungkus menggunakan tanah subur yang sudah kamu beri pupuk jenis organik terbaik dan dimasukkan ke dalam sabut kelapa sebagai media penunjang.

Pemberian pupuk secara rutin setiap hari, akan membantu akar cepat keluar dan tunas baru terlihat. Biasanya untuk cara ini berbeda dengan cara menanam puring dengan stek, membutuhkan waktu sekitar tiga minggu.

Setelah itu, tinggal pindahkan saja ke media tanam tanah untuk pembudidayaan lanjutan.

Stek Bunga Puring

Kemudian cara cepat menumbuhkan akar bunga puring kedua adalah dengan melakukan sistem stek, dimana batang dari tanaman utama dipotong.

Lalu rendam ke dalam larutan pupuk organik cair, sebagai upaya menyuburkan bagian bawah batang yang akan menjadi bagian utama tanaman baru nantinya.

Setelah itu, tinggal tancapkan batang tersebut pada media tanam tanah yang sudah kamu sediakan. Untuk pertumbuhan lebih lanjut hingga tanaman tumbuh dewasa.

Perawatan Terbaik

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah, dengan merawat bunga puring dengan tepat. Mulai dari memberikan nutrisi tepat sesuai usia, kemudian meletakkannya di lokasi yang mendapat sinar matahari cukup.

Sehingga daun puring bisa tumbuh maksimal
Jangan lupa untuk merapikan daun jika sudah mulai rimbun dengan pemangkasan, kemudian beri penyangga jika batang semakin tinggi agar pertumbuhannya tetap tegak ke atas.


Ternyata cara cepat menumbuhkan akar bunga puring tidaklah sulit. Tinggal memilih langkah paling tepat dan mudah, terapkan, dan lakukan perawatan terbaik hingga bunga tersebut dewasa dan siap mempercantik rumah.

Sudah siap untuk mengoleksi bunga puring termahal? rasanya harga yang mahal akan sebanding dengan keindahannya yang dapat kamu nikmati setiap hari. Apalagi, untuk perawatan tergolong mudah dan tidak perlu biaya mahal lagi.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

rekomendasi tanaman hias

Rekomendasi Tanaman Hias Tahun 2022

Memasuki tahun 2022 tren tanaman hias masih digemari oleh banyak orang. Apakah wishlist tanaman mu ditahun lalu sudah terpenuhi semua? karena bercocok akan

© 2021 Bercocok.id • Built with