Berikut Ini Tata Cara Merawat Bonsai yang Benar

Cara merawat bonsai biasanya dilakukan secara hati-hati karena termasuk salah satu jenis tanaman hias yang terbilang mahal, menjadi pertimbangan tersendiri dalam melakukan perawatan agar mampu tumbuh dengan baik.

Tanaman seperti bonsai sendiri telah lama dijadikan sebagai hiasan yang mampu mempercantik tampilan halaman depan rumah. Jika ingin mendapatkan hasil terbaik, kamu bisa mengikuti beberapa cara merawatnya di bawah ini.

Cara Merawat Bonsai Secara Rutin agar Tumbuh Subur

Salah satu teknik paling umum dalam melakukan perawatan terhadap tumbuhan tersebut adalah mengganti bagian potnya. Langkah selanjutnya adalah menyiram tanaman secara rutin, menjemur, memangkas cabang-cabangnya, hingga diberi pupuk agar subur.

Mengganti pot secara rutin

Karakteristik batang bonsai yang kerdil, mengharuskan pemiliknya untuk memakai pot dangkal sebagai wadah tumbuhan. Karena akarnya terus tumbuh, Kamu harus melakukan pergantian pot secara rutin dengan menyesuaikan ukuran tanaman tersebut.

Salah satu cara merawat bonsai ini bertujuan untuk memudahkan akar agar bebas bergerak ketika mulai tumbuh. Ganti dengan pot berukuran besar jika merasa perlu dan pastikan memiliki lubang di bawahnya. 

menyiram dengan intensitas tertentu

Bonsai merupakan tipikal tanaman dengan akar yang mudah membusuk dan berjamur jika terlalu banyak terendam air. Oleh sebab itu, mengatur intensitas penyiraman merupakan hal utama ketika ingin melakukan perawatan rutin.

Penyiraman bertujuan untuk menjaga kesuburan tanah sebagai media tanam agar tidak kering. Sedangkan bagi batang tanaman, air tersebut bisa menjadi sumber nutrisi yang menyegarkan sekaligus menutrisi sel-sel batang hingga akar.

Artikel Terkait:  Tips Merawat Philodendron Burle Marx Variegata

Menjemurnya di bawah sinar mentari 

Cara merawat bonsai berikutnya adalah dengan cara menjemurnya di bawah sinar mentari dengan intensitas tertentu. Tanaman tersebut tetap memerlukan cahaya agar bisa berkembang dengan baik, namun dengan durasi yang tidak terlalu lama.

Proses menjemur tersebut biasanya dilakukan setelah tumbuhan berusia sekitar dua minggu, terhitung saat pertama kamu tanam. Durasinya cukup hanya 1 hingga 3 jam saja, kemudian bisa kamu tambah lebih lama seiring pertumbuhannya.

Rutin memangkas bagian cabangnya 

Memangkas bagian cabang merupakan cara merawat bonsai yang paling ampuh jika ingin mendapatkan penampilan estetik. Beberapa bagian dari ranting memang harus dipangkas secara rutin, agar pertumbuhan berikutnya terlihat lebih rapi. 

Tidak hanya bagian ranting, Kamu juga bisa memangkas daun-daunnya dalam berbagai bentuk sesuai dengan keinginan. Tahap ini merupakan teknik untuk mendapatkan bentuk bonsai yang bagus sehingga dianggap sebagai tanaman hias.

Pemupukan secara rutin agar tumbuh subur

Cara merawat bonsai pada proses pemberikan pupuk hampir sama dengan menjemur dan penyiraman, yakni memperhatikan intensitas pemberiannya. Kamu bisa menggunakan jenis pupuk yang umum digunakan untuk menyuburkan tumbuhan seperti urea maupun NPK sesuai kebutuhan.

Selain membantu menyuburkan bagian batang hingga akarnya, urea maupun NPK juga mampu menyuburkan tanah. Jangan lupa gunakan juga pupuk khusus untuk daun agar perkembangannya tetap terjaga dan terhindar dari hama.

Manfaat Menguasai Cara Merawat Bonsai untuk Kebutuhan Pribadi 

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mampu memberikan perawatan terbaik pada bonsai untuk kebutuhan pribadi. Mulai dari hasil tanaman berkualitas tinggi, serta menjadi tanaman hias jika ingin kamu budidayakan secara intens.

 Mendapatkan tanaman yang berkualitas tinggi

Tanaman berkualitas tinggi hanya bisa kamu dapat dengan cara melakukan perawatan terbaik secara berkala. Baik ketika proses penanaman pertama, penggantian pot, penyiraman, menjemur secara rutin, pemberian pupuk, hingga dipangkas secara berkala. 

Cara merawat bonsai tersebut merupakan teknik paling umum sehingga bisa kamu terapkan dengan mudah oleh pemula sekalipun. Namun sebagai tanaman hias, tentu ada beberapa perawatan tambahan agar terlihat menarik.

Artikel Terkait:  Inilah Cara Merawat Tanaman Janda Bolong Dengan Mudah

Sebagai penghias halaman rumah

Bonsai memang sangat cocok sebagai tanaman hias yang bisa mempercantik tampilan halaman rumah. Jika kamu mengetahui cara melakukan perawatan selain teknik umum seperti di atas, tentu hasilnya akan lebih baik.

Tampilan yang bagus sangat cocok untuk mempercantik bagian-bagian tertentu pada rumah, seperti halaman, ruang tamu, dan sebagainya. Hanya saja, Kamu juga harus menyiapkan peralatan serta biayanya untuk melakukan perawatan rutin. 

Tanaman hias seperti bonsai memang sangat bagus dan estetik dari sisi penampilan jika kamu bandingkan dengan lainnya. Hanya saja, membutuhkan ketelatenan khusus sekaligus menguasai cara merawat bonsai agar tetap tumbuh dan sehat.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

Tanaman hias daun unik

9 Tanaman Hias Daun Unik dan Cantik

Banyak sekali tanaman hias daun unik dan cantik yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Karena selain memiliki bentuk yang cantik, tanaman

© 2021 Bercocok.id • Built with