Anthurium Popular di Indonesia Sebagai Penghias Rumah

Anthurium pernah sangat popular di tahun 2006-2008. Mungkin kalau kamu masih kecil, ibu, ayah atau tantemu tahu masa-masa Tanaman ini mencapai ratusan juta.

Yap! Benar salah satunya adalah Gelombang Cinta. Kepopularan Tanaman mencapai puncak di tahun 2007.

Ada 2 golongan Anthurium, jenis berdaun dan berbunga. Jenis berdaun pada umumnya disebut Kuping Gajah di Indonesia. Bentuk, warna dan ketebalan daun sangat beragam.

Diperkirakan spesies Anthurium telah mencapai lebih dari 1000 jenis. Apa saja sih jenis Anthurium Popular di Indonesia. Yuk simak di artikel berikut ini.

Anthurium Crystallinum

Biasa orang Indonesia menyebutnya dengan Kuping Gajah, siapa yang tidak familiar dengan tanaman satu ini.

Ciri daunnya berbentuk hati dengan ujung lancip, memiliki urat daun berwarna putih. Jika kamu merawatnya dengan baik tanaman ini bisa mencapai 90cm loh untuk ukuran daunnya saja.

Anthurium menyukai kelembaban tinggi. Jika kamu menanamnya di pot pastikan media tanam yang kamu gunakan adalah media yang porous tetapi dapat menyimpan air.

Crystallinum sendiri tergolong jenis Anthurium daun yang harganya masih terjangkau dibanding yang lain, kamu bisa mendapatkan tanaman ini dengan harga di bawah 50ribu.

Anthurium Jenmanii Cobra

Tanaman ini merupakan keluarga Araceae yang selalu mempesona. Ciri daunnya pendek dan melebar dari pangkal daun, ujung daun yang lancip dan melengkung seperti kepala Cobra. Memiliki batang yang pendek dan pinggiran daun yang bergelombang teratur.

Walaupun sudah tidak semahal dulu tetapi peminatnya masih banyak dan cukup popular di masa pandemi sekarang.

Artikel Terkait:  Cara Merawat Anthurium Agar Subur dan Berbunga

Anthurium Sirih

Memiliki nama lain anthurium Radicans, kini mulai ‘naik daun’ kembali dan masuk kedalam tanaman hias dengan harga lumayan tinggi.

Warna daun cenderung hijau tua mengkilap dengan tekstur daun seperti kulit naga. Memiliki urat dan tulang daun yang berukuran besar. Sehingga tampilannya nampak kekar, mewah,dan ekslusif.

Di habitat aslinya Anthurium hidup sebagai parasit yakni menempel pada pohon dan tumbuh pada lantai hutan. Ukuran daunnya bisa melebihi 30cm.

Tanaman ini memiliki perkembangan yang cukup lambat jika kamu bandingkan dengan jenis Anthurium lainnya. Maka tanaman ini termasuk Anthurium yang langka, tak heran harganya saat ini untuk satu pot sekitar ratusan ribu tergantung ukuran dan jumlah daunnya.

Anthurium Hookeri

Tanaman ini sedikit mirip seperti Anthurium Jemani Cobra, tetapi bentuk daunnya tak selebar Jemani Cobra.

Ciri Hookeri berdaun gelombang dengan warna hijau solid seluruh daun dengan tulang daun berwarna hijau muda.

Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang terang tetapi tidak langsung untuk menunjang kesehatan yang optimal. Mereka perlu menyerap banyak cahaya untuk berkembang dan berfotosintesis.

Sekarang bahkan ada versi Hookeri Variegata, warna daun yang semakin cantik. Hookeri variegata memiliki corak variegata kuning saat baby dan akan menjadi variegata berwarna putih saat dewasa.

Tentu harga variegata masih terbilang cukup mahal. Untuk Hookeri variegata sendiri harganya mulai dari ratusan ribu per potnya untuk yang ukuran baby.

Anthurium Plowmanii

Masih ingat dengan tanaman Gelombang Cinta yang sangat popular di tahun 2000-an. Harganya pun waktu itu mencapai ratusan juta rupiah dan diburu banyak orang dari berbagai kalangan.

Yap! Ini dia Anthurium Plowmanii Gelombang Cinta. Meski tak seperti dulu, tapi peminat tanaman ini masih banyak lho.

Cirii daun tanaman ini berwarna hijau tua mengkilap dan kasar. Memiliki gelombang pada tepian daunnya seperti ombak. Hal itu yang membuat tanaman ini dijuluki Gelombang Cinta.

Artikel Terkait:  Jenis Anthurium, “Si Kuping Gajah” Apa Saja Sih?

Tanaman ini tumbuh melebar kesamping seperti kelopak mawar. Pada habitat aslinya Plowmanii bisa tumbuh mencapai 2meter.

Share this:

Tinggalkan komentar