Agar Tak Salah Merawat, Ini Tips dan Cara Merawat Tanaman Pilea

Masih kesulitan memilih tanaman di dalam ruangan? Tak ada salahnya untuk memilih tanaman jenis pilea.

pada artikel sebelumnya, bercocok telah membahas jenis-jenis tanaman pilea. Kamu bisa cek disini ya.

Kamu pun bisa sekaligus memilih jenis yang sesuai dengan kepribadian atau kemampuan dalam merawatnya. Yuk, cari tahu ulasan lengkapnya!

Tips Merawat Tanaman Pilea

Pada dasarnya tanaman ini tidak membutuhkan perawatan khusus. Tanaman indoor ini akan tetap tumbuh dengan baik dengan pencahayaan serta kadar kelembaban tanah yang tepat. 

Meski begitu, jenis yang berbeda pun memerlukan perawatan yang tak bisa disamakan satu sama lain. Berikut beberapa tips dan trik perawatan pilea:

Hindari cahaya matahari secara langsung

Hal inilah yang membuat tanaman ini cocok sebagai tanaman indoor. Hampir seluruh jenisnya membutuhkan cahaya matahari namun tidak secara langsung.

Kamu bisa meletakkannya di sisi ruang yang mendapat cahaya matahari. Meski begitu, penempatan tanaman ini di ruang bersuhu rendah juga tak baik.

Jadi, pastikan tanamanmu tetap mendapat pencahayaan walau dalam ruangan. Suhu ruang yang tidak melebihi 30°C adalah habitat tepat bagi pilea.

Tidak perlu menyiram setiap hari

Tak perlu memberi asupan air setiap hari pada pilea karena jenis ini tidak menyukai tanah yang lembab. Bahkan, kamu cukup menyiramnya 2-3 hari sekali. 

Terlalu banyak air bahkan bisa menyebabkan tanaman ini mati. Jadi, pastikan kamu memahami tingkat kelembaban tanahnya sebelum kembali menyiramnya ya. 

Berbeda jika kamu ingin membersihkan daunnya. Salah satu cara membersihkan tanaman hias adalah dengan menyemprot air atau menyekanya.

Artikel Terkait:  Mengenal Jenis Tanaman Hias Scindapsus Pictus

Meski berukuran kecil, tanaman pilea juga bisa menimbun debu sehingga perlu dibersihkan.

Proses pengembangbiakan tergolong sederhana 

Salah satu alasan tanaman ini banyak ditemukan di berbagai kawasan adalah karena mudah dikembangbiakan. Tanaman yang sehat biasanya mampu menghasilkan peranakan atau tungkai baru. 

Salah satu cara memperbanyak pilea, kamu bisa mengambil tunas baru yang sudah memiliki tinggi 2-3 cm.

Mulailah lebih dahulu mencari akarnya untuk kemudian memindahkannya ke pot baru. 

Cara lainnya, kamu bisa memotong salah satu batang pilea.

Berikutnya, kamu perlu memasukkannya dalam wadah air agar akar pada batang tumbuh lebih dahulu. Cukup sederhana, bukan?


Itulah beberapa penjelasan serta tips dan cara merawat tanaman pilea.

Pada dasarnya, setiap tanaman akan tumbuh dengan baik jika pemiliknya mampu merawat dan berinteraksi secara langsung. Jadi, tunggu apalagi?

Share this:

Tinggalkan komentar