9 Tanaman Hias Daun Unik dan Cantik

Banyak sekali tanaman hias daun unik dan cantik yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Karena selain memiliki bentuk yang cantik, tanaman ini juga rata-rata mudah untuk dirawat.

Tanaman hias daun bukan hanya sebagai hiasan, tapi sebagai alat untuk pelepas stress. Bagi yang ingin mencoba, maka bisa memilih tanaman berdaun unik dan cantik sebagai tanaman hias.

Selain karena cantik, tanaman berdaun unik dan cantik ini juga sangat mudah dalam hal perawatan dan juga bisa memberikan banyak manfaat. Karena itu memilih tanaman ini merupakan langkah yang sangat tepat.

1. Silver Dollar Plant

Tanaman pertama yang kami rekomendasi adalah tanaman silver dollar plant yang juga cocok sebagai tanaman hias daun outdoor.

Hal ini karena tanaman ini bisa hidup dalam kondisi kering, dan membutuhkan paparan sinar matahari langsung.

Bentuk dari tanaman ini sangat cantik dengan bentuk daunnya yang bulat layaknya sendok membuat tanaman ini sangat cantik. Jadi sangat cocok jika kamu meletakkannya di dalam pot sebagai tanaman hias untuk luar ruangan. 

2. Jade Plant

Struktur dari tanaman ini juga sangat unik karena bentuknya mengumpul seperti semak. Jadi kalau penyuka tanaman bonsai sangat cocok untuk menjadi bonsai, dan pada beberapa kondisi tanaman ini dihiasi oleh bunga berwarna pink yang cantik.

Hanya saja tanaman ini juga kurang cocok jika sebagai tanaman hias yang diletakkan di luar ruangan. Meskipun begitu tanaman ini hanya membutuhkan sedikit air saja untuk perkembangannya, jadi jangan terlalu sering disiram.

3. Oxalis

Bentuk yang dimiliki oleh daun ini juga sangat unik karena jika kamu perhatikan lebih lanjut bentuknya seperti kupu-kupu. Daun yang dimiliki oleh tanaman ini bisa memiliki dua warna yakni hijau, dan juga ungu.

Artikel Terkait:  Tanaman Variegata Kuning yang Sedang Hits

Meskipun memiliki bentuk yang cantik, namun tanaman hias kekinian yang satu ini memiliki harga yang murah yakni mulai Rp 13 ribu. Tanaman ini cocok bila kamu tanam di dalam maupun di luar ruangan, dan juga memiliki banyak manfaat.

4. String of Pearls

Tanaman yang satu ini termasuk dalam tanaman hias daun kecil yang tumbuh dengan cara merambat sehingga lebih cocok jika sebagai tanaman gantung. Warna dari tanaman ini juga sangat banyak, dan bahkan ada warna unik seperti biru.

Harga dari tanaman ini juga termasuk murah karena mulai dari Rp 35 ribu dan bisa kamu beli secara offline maupun online. Selain murah, tanaman yang satu ini juga sangat mudah dalam hal perawatan sehingga cocok tidak akan memakan banyak biaya.

5. Calathea

Jenis calathea ini memiliki bentuk yang unik dengan warna yang seperti ulir dengan pergabungan antara warna hijau dan putih.

Tanaman hias daun
Calathea Green Lipstick (instagram.com/bercocok.id)

Bentuk daunnya juga lebar, namun dengan batang yang kecil sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tanaman ruangan.

Harga yang ditawarkan dari tanaman ini juga sangat murah, dan bisa kamu dapatkan dengan mudah. Tanaman ini juga memiliki banyak manfaat seperti mempercantik ruangan, membersihkan udara, dsb. 

6. Gelombang Cinta

Tanaman hias yang satu ini pernah menjadi viral pada masanya, dan bahkan saat itu memiliki harga yang sangat tinggi. Bentuk daunnya yang bergelombang dan juga memiliki ukuran yang lebar membuatnya menjadi menarik.

Tumbuhan ini bisa tumbuh menjadi sangat lebar sehingga membutuhkan pot dengan ukuran yang sangat besar. Selain itu juga perlu perhatikan hal yang terkait dengan perawatannya, jangan sampai ada daun yang busuk.

7. Lidah Mertua

Siapa yang tidak mengenal tumbuhan yang satu ini, dengan bentuk yang khas yakni daun memanjang dan juga warnanya yang bagus. Tidak hanya cantik, tanaman yang satu ini juga memiliki manfaat bagi lingkungan sekitar. 

Artikel Terkait:  Jenis Jenis Alocasia yang Siap Mempercantik Rumahmu
Tanaman hias daun unik
Lidah Mertua (instagram.com/bercocok.id)

Pada bagian ujungnya akan ada warna kuning, sementara warna hijau tua mendominasi bagian tengahnya. Manfaat dari tanaman ini adalah mengurangi radiasi dan juga polusi udara sehingga udara di sekitar menjadi lebih bersih.

8. Sirih Gading

Tanaman ini sangat mudah untuk ditemukan dan juga sangat mudah untuk dirawat dan memiliki warna yang cantik. Bentuk dari tanaman ini juga sangat beragam, ada banyak sekali bentuk dan warna yang bisa kamu pilih. 

Karena bentuknya, tanaman ini juga memiliki cara perawatan yang beragam ada yang bisa kamu letakkan di bawah ada juga yang bisa kamu jadikan sebagai tanaman gantung. Selain itu harga dari tanaman ini juga sangat murah mulai dari Rp 10 ribu.

9. Suplir 

Terakhir adalah suplir yang merupakan tanaman hias berdaun bulat yang memiliki ukuran daun kecil dengan cara tumbuh merambat. Tumbuhan ini memiliki bentuk seperti semak dengan warnanya yang hijau cerah.

Karena tanaman hias daun unik dan cantik ini tumbuhnya merambat, maka tanaman ini bisa dijadikan sebagai tanaman hias gantung yang bisa diletakkan di dalam ruangan.


Itulah tadi beberapa tanaman hias daun unik dan cantik yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi. Karena tidak hanya cantik, tapi semua tanaman yang disebutkan di atas mudah untuk dirawat dan ditemukan serta memiliki harga yang murah.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with