8 Jenis Anthurium Penghias Apartment dan Cara Merawatnya

Share this Article
Jenis anthurium

Tanaman hias indoor semakin populer di kalangan pecinta tanaman. Mereka tidak hanya memberikan keindahan visual tetapi juga membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Salah satu tanaman hias indoor yang menarik perhatian adalah Anthurium. Anthurium adalah tanaman yang menonjol dengan bunga yang mencolok dan daun yang indah. Dalam artikel ini, kami akan mengenalkan Anda pada 8 jenis Anthurium yang menarik dan memberikan panduan lengkap tentang cara merawat tanaman ini agar tetap subur dan cantik.

Jenis Anthurium Sebagai Penghias Apartment

Anthurium Jenmanii

Anthurium Jenmanii adalah salah satu jenis yang paling populer dalam keluarga Anthurium. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati yang indah dengan tepi yang meruncing. Daunnya memiliki warna hijau mengkilap yang menambah pesona tanaman ini. Anthurium Jenmanii menghasilkan bunga yang unik, berbentuk seperti bulatan berwarna merah terang. Untuk merawat Anthurium Jenmanii, berikan cahaya terang yang tidak langsung dan pastikan tanah tetap lembab tetapi tidak tergenang air.

Anthurium Andreanum

Anthurium Andreanum sering disebut sebagai “Flamingo Lily” karena bentuk bunga yang menyerupai burung Flamingo. Bunga Anthurium Andreanum memiliki warna cerah yang mencolok, seperti merah, merah muda, atau putih. Daunnya besar, berbentuk hati, dan seringkali memiliki pola unik seperti bercak atau garis-garis. Tanaman ini menyukai lingkungan dengan suhu hangat dan kelembaban yang tinggi. Sirami secara teratur dan letakkan tanaman di tempat dengan cahaya terang namun tidak terkena sinar matahari langsung.

Anthurium Clarinervium

Anthurium Clarinervium adalah jenis yang menarik karena memiliki daun besar berbentuk jantung dengan tulang daun yang kontras. Daunnya berwarna hijau tua dengan garis putih yang mencolok, menciptakan tampilan yang sangat menarik. Tanaman ini menyukai cahaya terang hingga sedang dan tanah yang lembab tetapi bebas dari genangan air. Pertahankan suhu yang hangat dan tingkat kelembaban yang baik untuk merawat Anthurium Clarinervium dengan baik.

Artikel Terkait:  7 Tanaman Hias Dalam Pot Terbaik untuk Pemula

Anthurium Crystallinum

Anthurium Crystallinum adalah jenis lain yang memiliki daun besar dengan tekstur yang menarik. Daunnya berbentuk hati dengan permukaan yang mengkilap dan garis putih yang kontras di sepanjang tulang daun. Tanaman ini membutuhkan cahaya sedang hingga terang dan tanah yang lembab. Penting untuk menjaga kelembaban udara yang cukup agar tanaman tetap sehat dan daunnya tetap bersinar.

Anthurium Warocqueanum

Anthurium Warocqueanum juga dikenal sebagai “Queen Anthurium” karena keindahan daunnya. Daunnya besar, berbentuk hati, dan dilengkapi dengan pola garis putih yang menonjol. Anthurium Warocqueanum membutuhkan cahaya terang yang tidak langsung dan kelembaban yang tinggi. Sirami secara teratur dan pastikan tanah tetap lembab tetapi tidak tergenang air.

Anthurium Magnificum

Anthurium Magnificum adalah jenis Anthurium yang menarik perhatian dengan daunnya yang besar, berbulu, dan berwarna hijau tua. Daunnya berbentuk hati dengan permukaan yang berserat dan tekstur yang unik. Anthurium Magnificum membutuhkan cahaya sedang hingga terang dan tanah yang lembab namun bebas dari genangan air. Jaga kelembaban udara yang baik untuk menjaga tanaman tetap sehat.

Anthurium Regale

Anthurium Regale adalah jenis Anthurium yang langka dan paling dicari. Daunnya besar, berbentuk hati, dan memiliki pola unik berwarna putih atau perak di atas warna hijau tua yang kaya. Anthurium Regale membutuhkan cahaya terang hingga sedang dan suhu yang hangat. Pastikan untuk memberikan kelembaban yang cukup agar tanaman tetap subur dan daunnya tetap menawan.

Anthurium Veitchii

Anthurium Veitchii adalah jenis Anthurium yang memiliki daun besar dengan tepi yang bergelombang. Daunnya berwarna hijau tua dengan vena putih yang mencolok, memberikan tampilan yang elegan. Anthurium Veitchii menyukai cahaya terang hingga sedang dan kelembaban yang tinggi. Pastikan untuk menyemprotkan air pada daun secara teratur untuk menjaga kelembaban udara yang cukup.

Artikel Terkait:  5 Jenis Tanaman Hias untuk Cafe Indoor

Cara Merawat Anthurium

Untuk merawat Anthurium dengan baik, ikuti tips berikut:

Pencahayaan

Letakkan Anthurium di tempat dengan cahaya terang namun tidak terkena sinar matahari langsung. Cahaya yang cukup akan membantu tanaman tumbuh dengan baik dan mencegah daun terbakar.

Siram secara Teratur

Pastikan tanah tetap lembab tetapi tidak tergenang air. Sirami secara teratur dan periksa kelembaban tanah sebelum menyiram kembali. Hindari kelebihan air yang dapat menyebabkan akar membusuk.

Kelembaban

Anthurium menyukai kelembaban yang tinggi. Anda dapat menyemprotkan air pada daun secara teratur atau meletakkan tanaman di atas wadah berisi kerikil yang basah untuk meningkatkan kelembaban udara di sekitarnya.

Suhu yang Ideal

Anthurium tumbuh baik dalam suhu hangat antara 20-30 derajat Celsius. Hindari suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas yang dapat merusak tanaman.

Pemupukan

Berikan pupuk cair dengan dosis yang tepat setiap bulan selama musim pertumbuhan aktif. Pemupukan akan memberikan nutrisi yang cukup untuk tanaman dan membantu pertumbuhan yang sehat.

Perawatan Daun

Bersihkan daun Anthurium secara berkala dengan menggunakan kain lembut yang lembab untuk menghilangkan debu dan memungkinkan daun bernapas dengan baik.

Anthurium adalah tanaman hias indoor yang menawan dengan berbagai jenis yang indah. Dengan memberikan perawatan yang tepat, Anda dapat menikmati kecantikan daun dan bunga Anthurium dalam rumah Anda. Ikuti panduan merawat Anthurium yang kami berikan, dan pastikan untuk memberikan kondisi yang ideal dalam hal pencahayaan, irigasi, kelembaban, suhu, dan pemupukan. Dengan demikian, Anthurium Anda akan tumbuh subur dan menjadi pusat perhatian dalam koleksi tanaman hias Anda.

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,