7 Tanaman Varigata Mahal Banyak Peminatnya

Siapa yang tidak kenal tanaman varigata. Tanaman ini tergolong yang paling banyak penggemarnya dikalangan pecinta tanaman.

Dengan keindahannya sebagai tumbuhan hias, maka tidak heran kalau tumbuhan ini memiliki harga mahal. Harganya bisa hingga jutaan rupiah. Namun untuk orang yang suka mengoleksi tanaman indah untuk hiasan rumah, harga tidak pernah menjadi masalah besar.

Sebenarnya tanaman varigata merupakan tanaman yang memiliki kelainan genetika. Hal ini karena corak warnanya berbeda dengan warna daun aslinya. Namun, justru kelainan inilah yang menjadi keunikannya. Perbedaan tanaman ini dengan tanaman pada umumnya menjadi keindahan.

Biasanya, orang – orang atau ibu – ibu sering berlomba memiliki tumbuhan varigata. Mereka memiliki target sendiri untuk memiliki tumbuhan dengan harga mahal ini. Inilah daftar tumbuhan varigata dengan harga mahal yang banyak peminatnya.

Jenis Tanaman Varigata dengan Harga mahal

Kelainan pada tumbuhan malah justru jadi keunikannya dan membuatnya semakin mahal. Hal ini benar karena harganya tidak hanya 1 atau 2 juta namun hingga belasan dan bahkan bisa puluhan juta. Tumbuhan ini banyak sekali ditargetkan oleh orang untuk menjadi miliknya.

Meskipun ada varigata dengan harga hanya 100 ribu namun tetap harga ini lebih mahal daripada tumbuhan lainnya. Pembelian tanaman lain bisa didapatkan hanya dengan harga 20 ribu hingga 40 ribu dan tentu cara mendapatkannya lebih mudah di toko manapun.

Syngonium Varigata

Memulai dari tumbuhan berkelainan dengan harga murah. Tumbuhan Syngonium dijual dengan harga sekitar 50 ribu hingga 100 ribu. Dibandingkan tumbuhan lain, syngonium ini termasuk mahal mengingat harga bunga pada umumnya hanya dibawah 50 ribu.

Syngonium dapat kamu beli dari kolektor bunga atau tumbuhan. Bisa juga kamu dapat dengan mudah di toko tanaman jika memang masih musim. Syngonium tergolong tanaman varigata yang tidak hanya memiliki warna putih namun juga kuning pada kelainannya.

Alocasia Varigata

Alocasia memiliki harga sekitar 100 ribu ke atas. Bentuk daunnya seperti kuping gajah dengan 2 warna bercampuran yaitu antara hijau dan putih. Alocasia ini termasuk dalam tumbuhan berkelainan yang sering diburu oleh ibu – ibu.

Daunnya yang berukuran besar membuatnya cocok menjadi hiasan halaman rumah. Alocasia tergolong langka sehingga jika ada pecinta tanaman dan bunga yang melihatnya dipajang di suatu tempat, pasti akan langsung dibeli.

Philodendron Sodiroi Varigata

Tanaman ini sempat populer karena dapat menjadi hiasan rumah yang tidak terlalu ramai namun tetap tampak indah. Philodendron memiliki ukuran daun kecil sehingga hanya perlu ditanam dengan media pot bergantung saja.

Banyak orang menargetkan jenis ini dari toko offline bahkan hingga toko online. Ini membuktikan bahwa taman varigata tetap banyak peminatnya meskipun memiliki kelainan unik dengan harganya yang lebih mahal dari tanaman lain.

Monstera Adansoni Varigata

Monstera selain menjadi tanaman hias di dalam dan luar ruangan, ternyata juga memiliki jenis varigata. Kadang, orang salah mengiranya dengan tanaman janda bolong karena sama – sama memiliki lubang di tengah daunnya.

Namun monstera adansoni berbeda dengan janda bolong. Ukuran daunnya bisa lebih besar dan memiliki banyak rumbai. Tidak seperti janda bolong yang tidak memiliki rumbai. Monstera adansoni dengan varian warna putih ini sangat indah jika kamu jadikan hiasan

Syngonium Mojito Varigata

Syngonium mojito merupakan jenis lain dari tumbuhan syngonium yang menjadi bagian dari tanaman varigata. Bentuk daunnya tentu berbeda dengan syngonium pada umumnya, syngonium mojito memiliki daun bentuk kuping gajah kecil dan hijau gelap. Sedangkan syngonium varigata sebelumnya memiliki wana hijau lebih muda.

Namun keduanya sama – sama memiliki corak putih yang menjadikannya indah. Bagi kolektor bunga dan tumbuhan pasti tidak akan cukup jika hanya memiliki satu syngonium.

Waru Varigata

Ada banyak orang mengetahui jenis tanaman waru ini. Terutama karena menjadi salah satu tanda dalam permainan kartu. Tumbuhan waru ini sungguh ada dan tidak hanya ada dalam permainan. Warna daunnya hijau dan ukurannya kecil.

Bayangkan saja jika waru yang berwarna hijau memiliki campuran warna dengan putih karena kelainannya. Tidak menjadikannya jelek malah justru semakin bagus. Itu sebabnya waru varigata juga banyak diincar oleh orang – orang pecinta varigata.

ZZ Plant atau Zamia Varigata

Tanaman varigata jenis zamia ini terlihat seperti batang dengan daun – daun kecil. Batangnya juga berwarna hijau namun Nampak lebih indah dengan daun kuning hijaunya. Tidak heran zamia ini sering diletakkan di halaman atau depan rumah.

Zamia pada umumnya berwarna hijau tua dan daunnya mengkilap. Namun jenis zamia varigata ini memiliki warna campuran antara hijau dengan kuning. Menjadikan daun ini lebih bagus daripada versi aslinya, tentunya harga zamia juga menjadi lebih tinggi.

Manfaat Memiliki Tanaman Varigata di Rumah

Meskipun harganya mahal, namun tetap banyak orang ingin memiliki jenis tanaman ini. Tentunya karena tumbuhan dengan kelainan ini memiliki manfaat bagi pemiliknya, yaitu sebagai tanaman hias di dalam maupun di luar rumah.

Tanaman hias memiliki kekuatan penuh untuk membuat rumah terlihat lebih asri. Pasti semua rumah dengan banyak tumbuhan hijau akan terasa lebih segar, hal ini karena ada pertukaran oksigen dan karbon dioksida dengan baik. Sehingga sirkulasi udara dalam rumah menjadi bagus.

Namun tetap banyak orang lebih memilih mengkoleksi tanaman berkelainan ini. Karena memiliki tanaman varigata seperti paket komplit untuk membuat rumah terlihat lebih indah sekaligus menjadi penghijauan dan kesegaran sendiri bagi penghuni rumah.

Selain memberikan hiasan terbaik bagi rumah, jenis varigata juga melatih kesabaran bagi orang yang memilikinya. Karena, jenis ini membutuhkan perawatan agak berbeda dari jenis pada umumnya. Seperti tidak boleh sering terkena sinar matahari apalagi yang terlalu panas di luar ruangan.

Sebenarnya boleh – boleh saja terkena sinar matahari asalkan cukup jangan sampai berlebihan. Karena sinar matahari terlalu banyak akan membuat corak putihnya hanya tumbuh di beberapa bagian. Sedangkan jika terlalu sedikit maka akan membuat tanaman jadi kehilangan coraknya.

Itulah mengapa perawatannya harus ekstra hati – hati bahkan dalam peletakannya. Tanaman ini juga harus kamu tanam dengan pupuk yang baik serta disiram rutin namun cukup air, tidak terlalu banyak air atau terlalu sedikit air. Untuk itu perawatannya harus lebih mendapat perhatian lebih.


Meskipun perawatannya lebih sulit dari tanaman lain dan harganya mahal, tetapi banyak orang tetap menyukai jenis varigata. Mereka menyukainya dan mau merawatnya karena keunikan semacam albino ini membuat pemiliknya berani pamer atas tanaman varigata yang dimilikinya.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

Rekomendasi Tanaman Indoor untuk Cafe

Tanaman indoor merupakan jenis tanaman yang dapat kamu letakkan di dalam ruangan. Cukup banyak gedung dan rumah yang sengaja menanam tumbuhan di dalam

Tanaman calathea

Cara Merawat Tanaman Calathea

Untuk kamu yang memiliki calathea mungkin sering menemukan permasalah daun calathea yang menguning bahkan kering. Bagaimana ya cara merawat tanaman calathea? Memang tanaman

© 2021 Bercocok.id • Built with