7 Tanaman Hias Pembersih Udara dalam Rumah

Share this Article
Tanaman hias pembersih udara

Rumah adalah tempat di mana kita menghabiskan sebagian besar waktu kita, dan kualitas udara di dalam rumah sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita. Udara di dalam ruangan dapat terkontaminasi oleh berbagai polutan, termasuk debu, bahan kimia, dan zat-zat berbahaya lainnya. Namun, ada cara alami untuk membersihkan udara di dalam rumah kita, yaitu dengan menggunakan tanaman hias. Tanaman hias tidak hanya menambah keindahan dan kesegaran pada rumah kita, tetapi juga berperan sebagai alat pembersih udara alami.

Tanaman hias pembersihkan udara di dalam rumah

Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata)

Tanaman ini adalah tanaman hias yang populer karena kemampuannya untuk membersihkan udara dari berbagai polutan seperti formaldehida, benzene, dan trichloroethylene. Selain itu, tanaman ini juga menghasilkan oksigen pada malam hari, membuatnya menjadi pilihan ideal untuk diletakkan di kamar tidur. Lidah mertua juga memiliki reputasi sebagai pembersih udara yang tangguh, tidak memerlukan banyak perawatan. Tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan.Lidah mertua memiliki daun tebal dan tegak yang menyimpan air. Sehingga menjadikannya toleran terhadap kondisi kelembapan yang rendah. Tanaman ini berasal dari Afrika Barat dan tumbuh subur di daerah dengan cahaya yang cukup. Tetapi bisa juga bertahan dalam kondisi cahaya yang minim. Tanaman ini cocok untuk diletakkan di ruang tamu, ruang kerja, atau bahkan di dalam kamar tidur.

Areca Palm (Dypsis lutescens)

Areca palm adalah tanaman hias yang elegan dengan daun hijau yang lebat. Tanaman ini sangat efisien dalam menghilangkan zat-zat berbahaya seperti formaldehida, xylene, dan toluene. Selain itu, areca palm juga membantu meningkatkan kelembaban udara di sekitarnya, yang baik untuk kesehatan saluran pernapasan.Tanaman ini berasal dari Madagaskar dan biasa tumbuh di daerah beriklim tropis. Areca palm membutuhkan sinar matahari yang cukup, tetapi tidak menyukai sinar matahari langsung yang terlalu terik. Oleh karena itu, letakkan tanaman ini di tempat yang mendapat sinar matahari pagi atau sore hari. Areca palm adalah tambahan yang indah dan fungsional untuk ruang tamu atau ruang keluarga Anda.

Artikel Terkait:  Jenis Tanaman Hias Indoor yang Sedang Hits di Indonesia

Krisan (Chrysanthemum morifolium)

Krisan adalah tanaman hias berbunga indah yang dapat membersihkan udara dari amonia, formaldehida, benzene, dan xylene. Selain itu, krisan juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.Tanaman krisan populer karena bunganya yang cantik dengan berbagai warna dan bentuk yang menarik. Tanaman ini sering digunakan sebagai hadiah atau hiasan dalam perayaan tertentu, seperti Hari Ibu atau pernikahan. Namun, selain keindahannya, krisan juga memiliki manfaat fungsional sebagai pembersih udara dalam rumah. Tanaman ini tumbuh baik dengan paparan cahaya matahari yang cukup, sehingga letakkan di tempat yang mendapat sinar matahari langsung atau cahaya yang terang.

Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Tanaman ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan formaldehida dan xylene dari udara. Spider plant mudah tumbuh dan perawatannya sederhana, menjadikannya pilihan yang bagus bagi pemula dalam berkebun.Spider plant adalah tanaman hias yang cantik dengan daun berwarna hijau cerah dan pola putih yang kontras. Tanaman ini memiliki akar rimpang yang menggantung, sehingga cocok untuk diletakkan di tempat yang tergantung atau di tempat tinggi. Selain sebagai pembersih udara, spider plant juga dapat menghasilkan anak tanaman (pup) yang dapat dipotong dan ditanam secara terpisah, sehingga Anda bisa mendapatkan tanaman baru dengan mudah.

Lidah Buaya (Aloe vera)

Lidah buaya adalah tanaman serbaguna yang tidak hanya berguna untuk perawatan kulit, tetapi juga untuk membersihkan udara dari bahan kimia berbahaya seperti formaldehida dan benzene. Selain itu, lidah buaya juga membantu mengurangi iritasi pada saluran pernapasan.Tanaman lidah buaya memiliki daun tebal dengan duri halus di tepinya. Dalam gel bagian dalam daunnya terdapat lendir yang kaya akan kandungan nutrisi dan memiliki sifat penyembuhan. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup dan tanah yang cukup kering, sehingga letakkan di tempat yang mendapat sinar matahari langsung dan jangan terlalu sering disiram.

Artikel Terkait:  7 Tanaman Hias Dalam Pot Terbaik untuk Pemula

Palem Kipas (Chamaedorea seifrizii)

Palem kipas adalah tanaman hias populer yang efektif dalam menghilangkan formaldehida, benzene, dan amonia dari udara. Tanaman ini memiliki penampilan yang menarik dengan daun berbentuk kipas yang indah.Tanaman palem kipas berasal dari Amerika Tengah dan biasa ditemukan di hutan hujan tropis. Tanaman ini cocok untuk diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga, terutama karena ukurannya yang kompak dan bentuk daunnya yang menarik. Palem kipas membutuhkan sinar matahari yang cukup, tetapi juga toleran terhadap cahaya yang redup, sehingga Anda bisa meletakkannya di tempat yang agak teduh.

Bambu Runcing (Dracaena marginata)

Tanaman bambu runcing memiliki daun merah muda atau ungu yang menarik perhatian. Selain itu, tanaman ini sangat baik dalam membersihkan udara dari formaldehida, benzene, dan trichloroethylene.Bambu runcing adalah tanaman hias populer yang sering digunakan untuk menghias ruang tamu atau kantor. Tanaman ini berasal dari Madagaskar dan tumbuh subur di daerah dengan iklim tropis. Bambu runcing membutuhkan cahaya matahari yang cukup, tetapi tidak menyukai sinar matahari langsung yang terlalu terik. Anda dapat meletakkannya di tempat yang mendapat sinar matahari pagi atau sore hari.

Mendekorasi rumah dengan tanaman hias pembersih udara dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan, mengurangi risiko terpapar polutan berbahaya, dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan seluruh keluarga. Selain menyediakan sumber oksigen, tanaman-tanaman ini juga membantu menyeimbangkan kelembaban udara dan menciptakan lingkungan yang segar dan menyegarkan secara alami. Dengan memilih tanaman-tanaman di atas, Anda dapat menciptakan lingkungan rumah yang sehat, segar, dan indah secara alami. Selamat berkebun!

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,