Bercocok

6 Jenis Kaktus Indoor Sebagai Penghias Ruangan

Kaktus menjadi salah satu tanaman hias yang populer belakangan ini. Bukan hanya sebagai penghias taman, tapi juga dapat kamu gunakan untuk mendekorasi rumah. Misalnya kamu letakkan di meja maupun dekat jendela sebagai pemberi aksen pada ruangan.

Apakah kamu pernah menggunakan tanaman berduri ini untuk menghias ruangan atau meja kerja? Kalau belum, mengapa tidak mencoba? Tanaman ini punya berbagai bentuk unik sehingga bisa jadi elemen dekoratif yang menyegarkan ruangan.

Namun, jangan salah pilih, kamu harus mencari tipe tanaman berduri ini khusus untuk dalam ruangan. Ada banyak pilihan, di antaranya akan kami berikan dalam artikel ini.

Jenis Kaktus Indoor

Mau punya hiasan dekoratif berupa tumbuhan hijau dalam rumah, tapi tidak mau repot perawatannya, maka pilih saja tanaman berduri yang dikenal dengan nama cactus. Apa saja pilihan jenisnya, yuk simak yang berikut:

Haworthia

Sekilas tumbuhan dengan warna hijau bercampur putih ini mirip lidah buaya. Namun, jika kamu perhatikan kemiripan itu hanya sedikit. Sebab sama-sama berada dalam keluarga asphodeloideae.

Jenis sekulen ini punya pertumbuhan lamban sehingga cocok jika menjadi dekorasi rumah. Bentuknya mungil dan bisa kamu tempatkan dalam pot kecil, jadi cocok sebagai penghias meja tamu, meja ruang keluarga, bahkan dapat kamu letakkan di ruang belajar.

Selain bisa menjadi dekorasi rumah sendiri, kamu juga bisa menjadikannya sebagai hadiah untuk teman, rekanan, maupun kolega.

Koboi

Memiliki nama Koboi karena bentuknya seperti cactus yang ada di wilayah western dan juga bisa dikatakan mirip topi koboi juga. Namun, bentuknya lebih kecil sehingga bisa masuk dalam pot dan menjadi hiasan dalam ruang tamu maupun ruang santai.

Kamu juga bisa meletakkannya di luar rumah, seperti dekat pintu, di taman, atau tempat-tempat lain yang memang kamu rasa sesuai. Untuk perawatan seperti biasa hanya perlu sinar matahari dan sedikit sekali air.

Artikel Terkait:  4 Cara Merawat Kaktus Mini Sebagai Dekorasi Ruangan

Centong

Nama kaktus ini unik, bentuknya juga tidak kalah unik. Apabila melihatnya dari jauh memang tampak seperti centong. Di Jawa orang-orang menyebutnya tentong dan dalam bahasa Inggris disebut warm hand atau nopal cactus.

Kamu bisa menempatkannya dalam pot ukuran sedang atau besar, tergantung ukuran tanaman. Berikan tanah dan hiasan batu putih di permukaan tanahnya, maka akan menghasilkan dekorasi yang enak dipandang mata.

Cristata Brain

Karena bentuknya yang seperti otak manusia makan jenis ini dinamakan cristata brain atau otak. Uniknya tumbuhan ini membuat dekorasi ruangan akan semakin ciamik, terutama karena bentuknya berliku dan berbelit-belit.

Sebenarnya, bentuk unik tersebut karena terjadinya kerusakan ketika masa pertumbuhannya. Namun, justru sel-sel yang cedera membentuk lekukan khas dan menjadikannya berbeda dari jenis biasa.

Kursi Mertua atau Golden Barrel Cactus

Namanya sudah sangat berbeda dan langsung memberikan kesan. Jenis ini paling populer di antara pilihan indoor cactus. Karena bentuknya memang sangat unik, yakni bulat seperti bola dengan bulu duri pada seluruh permukaan tubuhnya.

Kalau terkena cahaya matahari bulu duri tersebut akan memperlihatkan warna cantik keemasan. Jadi, harus kamu letakkan di bawah cahaya matahari. Bukan hanya agar terlihat estetik, tapi juga karena tumbuhan ini membutuhkan sinar matahari lebih banyak.

Karang

Euphorbia lactea cristata atau dalam bahasa Indonesia disebut karang memang punya bentuk seperti karang. Terkadang terlihat tidak beraturan, tapi justru membuatnya tampil beda.

Kamu bisa meletakkannya di sudut ruangan apabila ukurannya cukup besar. Namun, ukuran kecil bisa menjadi penghias meja. Bahkan juga bisa kamu jadikan penghias meja kantor atau kubikel kerja kamu.

Perawatannya tidak sulit yang penting jangan meletakkannya di bawah sinar matahari langsung. Sebab bisa membuat tumbuhan satu ini gosong dan terlihat seperti kerang gosong. Jangan lupa siram sekali sehari agar bisa bertahan hidup.

Artikel Terkait:  Ketahui Jenis Jenis Tanaman kaktus yang Bisa Ditanam Indoor

Kamu mau pilih yang mana? Saat ini, cukup mudah mendapatkan berbagai indoor cactus. Bisa dengan datang langsung ke toko bunga atau memesannya melalui marketplace maupun toko online penjual kaktus dan sekulen.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

begonia polkadot

Cara Stek Daun Begonia Polkadot

Begonia polkadot menjadi salah satu bunga yang banyak dibudidayakan karena corak daunnya yang unik. Ada dua cara memperbanyak begonia polkadot. Cara pertama adalah

© 2021 Bercocok.id • Built with