Tanaman Hias Untuk Pemula, Anti Rewel

Selama pandemi kegiatan berkebun makin banyak yang menggemari, bahkan dari berbagai kalangan. Dari sini lah banyak sekali orang yang baru pertama merawat tanaman hias. Ternyata tidak mudah ya, maka dari itu bercocok ingin memberikan rekomendasi tanaman hias untuk pemula yang mudah banget perawatannya.

Kegiatan ini tak mengharuskan kalian memiliki lahan kosong yang luas. Bahkan bisa kamu lakukan di dalam ruangan rumah maupun di dalam kamar, yang penting ruangan kalian punya pencahaayaan yang bagus serta sirkulasi udara yang baik.

5 tanaman hias yang akan bercocok rekomendasikan bahkan sangat bisa kamu rawat di dalam ruangan, lho. Cocok sekali untuk di dalam kamar tidur atau apartmentmu.

Tanaman-tanaman ini juga memiliki nilai keindahan yang menjadikan sudut ruangan rumah atau kamar kamu lebih apik.

Sirih Gading/ Pothos

Menjadi salah satu tanaman favorit bercocok karena perawatannya sangat mudah. Sirih gading /pothos adalah rekomendasi pertama dari bercocok sebagai tanaman hias untuk pemula.

Sirih gading bisa kalian tanam di media tanah maupun air.

Bahkan bisa kalian gantung di sudut ruangan agar si pothos menjuntai ataupun kalian bisa biarkan si pothos untuk merambat bebas.

Sirih gading tahan terhadap hujan maupun panas bahakan hidup di ruangan ber AC.

Tips buat kamu jika memelihara tanaman dalam air, ganti air nya rutin satu minggu sekali ya dan pindahkan ke wadah yang lebih besar kalau akarnya sudah lebat.

Lidah mertua/ sensiviera

tanaman hias untuk pemula

Tanaman hias untuk pemula selanjutnya adalah Lidah Mertua. Tanaman ini perawatannya hampir mirip seperti kaktus, butuh sedikit air.

Artikel Terkait:  Cara Merawat Karet Kebo Agar Hidup Lebih Lama

Jika terlalu banyak menerima air si lidah mertua akan membusuk. Tanaman ini bisa kamu letakan di dalam ruangan maupun di luar ruangan, tapi ingat ya tetap butuh pencahayaan matahari.

Salah satu khasiat sensiviera adalah mengurangi radiasi yang dihasilkan oleh barang-barang elektronik, contohnya komputer dan tv.

Jadi coba letakan sensiviera di dekat komputer atau tv mu ya.

Janda Bolong/ Monstera Andansoni

Tanaman ini yang beberapa waktu lalu menjadi pembicaraan cukup ramai karena terjual dengan sangat mahal.

Fenomena tanaman mahal saat itu belum terlalu ‘wajar’. Jika dibandingkan sekarang tanaman dengan harga jutaan rupiah sudah lumrah kita temui ya.

Kamu bisa dapat harga murah kalau pilih daun yang sedikit dan muda, tinggal kamu rawat sampai dia besar sendiri. Untuk jenis yang jutaan bahkan sampai puluhan juta adalah jenis monstera andansonii variegata.

Untuk perawatannya sendiri cukup mudah, jangan taruh di bawah sinar matahari langsung dan siram tanaman secara rutin 3-4 kali sehari. Baiknya kamu letakan pada ruangan suhu 15 derajat celcius – 30 derajat celcius.

Zz Plants

Memiliki nama panjang Zamioculcas Zamiifolia yang disingkat menjadi ZZ.

Tanaman ini mudah sekali untuk di budidayakan, cukup dengan cara memotong batang pada bagian tanaman lalu pindahkan ke media yang baru.

Bisa juga melakukan propagation pada daun zz plant.

Zz plant tidak suka tinggal pada habitat yang lembab, sebaiknya jangan terlalu sering kamu siram dan letakan pada bagian yang memiliki pencahayaan yang baik.

Tanaman ini sangat di rekomendasikan sebagai tanaman hias untuk pemula karena perawatannya yang mudah.

Monstera Borsigiana

tanaman hias untuk pemula

Tanaman ini yang paling banyak di buru karena bentuk nya yang unik. Monstera sendiri hidup di habitat yang lembab tapi tidak terlalu banyak air karena cepat busuk.

Artikel Terkait:  Memperbanyak Tanaman Kuping Gajah

Maka disarankan menyiram tanaman ini 2 kali seminggu atau ketika 3cm tanah dibawah terasa kering.

Mostera sering dihinggapi hama kutu putih, hama ini juga sering menghinggapi sensiviera. Tips untuk mengatasi hama kutu putih adalah cukup semprotkan sabun pencuci buah dan sayur atau bisa juga menggunakan minyak neem.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with