5 Tanaman Hias Paling Laku Saat Ini

Hobi mengoleksi tanaman hias nyatanya menjadi booming sejak pertengahan tahun 2020. Bahkan beberapa jenis tanaman dibanderol dengan harga fantastis. Popularitas koleksi tanaman juga dipengaruhi adanya Covid-19. Sehingga, asyarakat memiliki waktu luang di rumah yang lebih banyak. 

Trend tanaman daun dan bunga hias masih berlanjut hingga 2021 sekarang ini. Namun, apakah jenis tanaman yang paling laku di pasaran? Yuk simak ulasan rincinya berikut ini!

Rekomendasi 5 Tanaman Hias Paling Laku Tahun Saat Ini 

1. Janda Bolong dan Monstera

Ketenaran dari janda bolong atau monstera saat ini tampaknya berimbas pada banyaknya masyarakat yang membuka bisnis jual beli tanaman hias. Janda bolong adalah tanaman asli dari hutan tropis di Amerika Tengah. 

Sedangkan Monstera mulai dibudidayakan di seluruh negara, termasuk di daerah tropis seperti Indonesia. Penyebutan janda bolong sendiri sebenarnya mengarah pada salah satu jenis monstera yakni Monstera Deliciosa dan Borsigiana. 

Jenis Deliciosa adalah varietas yang banyak dibudidayakan karena mudah dan banyak diminati masyarakat.

Sedangkan Janda bolong termasuk jenis tanaman daun hiasyang memiliki ciri bentuk daun yang lebar, tetapi terdapat beberapa lubang di bagian tengahnya. 

Warna daunnya hijau tua atau muda dan untuk beberapa jenis tertentu terdapat tambahan warna lain meskipun sedikit. Jika Anda ingin merawat atau membeli tanaman jenis ini, jangan kaget dengan harganya. Sebab, ada yang menjual hingga puluhan juta rupiah untuk jenis variegata.

2. Hoya

Tanaman untuk hiasan rumah akan menciptakan suasana yang lebih hidup dan indah di pandang mata. Selain memilih tanaman daun hias, Anda juga bisa memilih jenis tanaman bunga hias, salah satunya Hoya. Apakah terdengar masih asing? 

Ya, Anda mungkin jarang menjumpai tanaman Hoya pada toko penjual bunga atau tanaman. Namun, daya tarik dari Hoya akan membuat siapa saja yang melihatnya langsung jatuh cinta dan terpana. Tanaman ini memiliki tekstur bunga yang kasar dengan kilaau warna-warni. 

Mungkin tanaman Hoya ini jika dilihat dari kejauhan akan tampak layaknya bunga palsu. Ada beberapa jenis tanaman Hoya yang bisa Anda rawat di rumah, misalnya Diversofilia, Cumingiana, Verticillata, Cinnamomifolia hingga Parasitica. 

Bagi Anda yang merasa kesulitan mendapatkan bunga hias ini di toko terdekat, cobalah untuk mencari di e-commerce terpercaya. Agar terhindar dari penipuan, lakukan pengecekan dahulu pada platform penjual sekaligus testimoni dari beberapa customer. 

Artikel Terkait:  Janda Bolong Variegata, Jepang Vs Lokal

3. Earth Star

Cryptanthus Red atau Earth Star merupakan jenis tanaman daun hias dengan bentuk sesuai namanya ‘star’ atau ‘bintang’. Banyak kolektor daun hias yang berburu tanaman ini karena memiliki bentuk yang unik dan warnanya sangat indah. 

Jenis-jenis Earth Star sangat beragam. Salah satu yang memiliki tampilan cantik adalah Cryptanthus fosterianus L.B Smith dengan corak warna dasar ungu kemerahan dan bagian pinggir berwarna merah muda. 

Perawatan untuk tanaman Earth Star sangat mudah. Anda hanya perlu menyiraminya 1x dalam sehari. Usahakan letakkan tanaman di tempat yang terjangkau oleh sinar matahari. Mengapa demikian? Sebab, jika kekurangan sinar matahari, warna daun akan cepat memudar. 

Tanaman Earh Star dijual dengan harga relatif murah, yakni sekitar 20 ribu saja. Namun, untuk jenis tertentu ada juga yang banderol hingga ratusan ribu rupiah per pot nya. Tanaman ini sangat cocok diletakkan dan disusun di sela ornamen taman depan rumah. 

Lidah Mertua

Ingin tanaman hias yang menyehatkan dan mempercantik ruangan? Salah satu pilihan yang tepat adalah lidah mertua atau Sanseviera. Tanaman ini merupakan jenis tanaman daun hias dengan bentuk daun memanjang dan ramping. 

Warna daunnya terdiri dari perpaduan hijau dan kuning serta bermotif. Tekstur daun sangat halus dan cukup tebal. Panjang daun lidah mertua mulai dari 2 cm hingga 60 cm. Perbedaan ukuran sesuai dengan jenis lidah mertua. 

Tidak hanya memiliki corak yang cantik, ternyata khasiat dari lidah mertua adalah jika diletakkan di dalam ruangan, maka akan membersihkan udara di sekitar dan menggantinya dengan udara yang bersih. Secara tidak langsung, ruangan dengan tanaman lidah mertua menjadi lebih sehat. 

Tanaman daun hias ini juga sangat mudah didapatkan. Anda bisa membelinya di toko tanaman terdekat atau via e-commerce. Harganyapun relatif murah meriah. Soal perawatannya, Anda juga tidak perlu khawatir karena tidak memerlukan penyiraman yang intens. 

Penyiraman hanya dilakukan 2x sehari atau seperlunya saja dan biarkan kondisi tanaman tetap kering. Lidah mertua juga tetap membutuhkan paparan sinar matahari. Jenis daun dengan warna hijau yang dominan cukup dijemur 1 minggu sekali. 

5. Anggrek

Tanaman bunga hias yang banyak digemari dan dijual di toko tanaman adalah bunga Anggrek. Jenis bunga ini hampir tidak pernah kehabisan idolanya karena tampak cantik, berwarna-warni dan mudah dalam perawatannya. 

Artikel Terkait:  Monstera Paling Populer di Kalangan Pecinta Tanaman

Bunga anggrek akan lebih indah jika ditempel di dinding. Bentuk bunga terdiri dari kelopak dan putik dengan warna-warna terang yang khas. Ketika mekar, ruangan di sekitarnya menjadi lebih indah dan estetik. Anda bisa meletakkan anggrek dimana saja, misalnya taman samping, teras hingga dapur.  

Anggrek atau Orchidaceae merupakan bunga yang memiliki organ berdaging atau sukulen dengan kadar air yang tinggi. Kondisi ini membuat anggrek mampu bertahan hidup di lingkungan yang kering. Bunga hias ini sangat menyukai paparan sinar matahari langsung. 

Bagian akar dari batang anggrek termasuk akar serabut dan bersifiat epifit. Artinya, memiliki akar sukulen yang melekat di batang pohon tempat pertumbuhannya. Namun, penempelan anggrek tidak akan merugikan inangnya. 

Daun tanaman anggrek bentuk panjang dan obal. Tulang daun terlihat jelas dan berwarna hijau kecoklatan. Daun tidak hanya sekedar sebagai pemanis, tetapi juga bertugas untuk menyimpan air dengan cara menebalkan permukaannya. Selain sebagai tanaman epifit, anggrek juga disebut:

Anggrek saprofit

Jenis anggrek yang satu ini biasanya tumbuh dengan media daun kering atau humus dan hanya membutuhkan asupan sinar matahari sedikit saja. Anggrek terestial tidak memiliki klorofil dan hanya terdiri dari darun saja. Contohnya adalah Goodyera sp.

Anggrek Litofit

Jenis anggrek yang bis tumbuh di kawasan bebatuan atau tanah berbatu adalah anggrek litofit. Tanaman hias ini sangat tahan terhadap pancaran sinar matahari langsung sepanjang hari. Anggrek Litofit akan mengambil makanan dari udara, hujan dan humus.

Anggrek terestial 

Phaius sp dan Spathoglottis Plicata adalah salah satu contoh anggrek terestial. Jenis ini tumbuh subur di tanah dan memerlukan cahaya matahari cukup banyak. Bagian akarnya akan mengambil makanan dari tanah. 

Jika ingin memiliki anggrek di rumah, Anda bisa membelinya secara langsung di toko bunga terdekat. Harganya sangat terjangkau, mulai dari 35 ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Ada berbagai jenis anggrek dengan warna yang cantik untuk menghiasi hunian Anda.


5 rekomendasi tanaman hias di atas bisa didapatkan dengan mudah di toko tanaman terdekat. Namun, untuk variasi yang cukup langka, Anda dapat berburu ke para kolektor tanaman. Selain itu, masyarakat juga bisa memanfaatkan peluang ini untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

memperbanyak tanaman kuping gajah

Memperbanyak Tanaman Kuping Gajah

Tanaman kuping gajah adalah sebutan popular untuk Anthurium daun. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman satu ini. Tapi apakah kamu masih bingung

Berkenalan Dengan 12 Jenis Syngonium

Kali ini bercocok akan ngebahas beberapa jenis si cantik Syngonium, karena jenisnya banyak sekali ada beberapa tanaman yang serupa tapi tak sama loh.

Tanaman hias termahal

Tanaman Hias Termahal 2021

Jika kamu pecinta tanaman hias sejak dulu, mungkin kamu masih ingat tanaman hias termahal yang berhasil terjual seharga mobil di tahun lalu yang

© 2021 Bercocok.id • Built with