5 Tanaman Hias Daun yang Paling Populer

Maraknya penjual tanaman hias akhir-akhir ini tidak lain karena wabah pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Kondisi ini membuat masyarakat mulai melirik untuk melakukan kegiatan bercocok tanam, khususnya merawat tanaman hias daun atau bunga. 

Ada banyak tanaman daun yang bisa dipilih sebagai hiasan di area indoor atau outdoor rumah. Jika ditambah dengan tanaman hias, maka hunian akan terasa lebih segar, indah dan nyaman di pandang mata. Apa sajakah tanaman daun yang paling populer saat ini? 

Pilihan 5 Tanaman Hias Daun Terpopuler Tahun Ini

Monstera

Jenis monstera mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Pasalnya tanaman daun hias ini sangat digemari karena bentuknya yang indah. Meskipun terbilang cukup mahal, namun masyarakat tetap saja memburunya. 

instagram/@leaf.lusts

Monstera atau Janda bolong terbilang unik karena permukaan daunnya dipenuhi lubang-lubang. Ada yang lubangnya hanya di bagian tengah saja dan ada pula yang berada di tengah hingga pinggir. Namun, Monstera tanpa lubang juga bisa Anda dapatkan dan tampilannya tidak kalah cantik. 

Calathea

Tidak kalah juga dengan popularitas dari Monstera, Calathea juga memiliki peminat yang tidak sedikit. Tanaman ini memiliki tekstur yang unik karena bagian bawahnya menyerupai tekstur kain beludru. Garis-garis bergelombang tampak sangat tegas di bagian daunnya. 

instagram/@bercocok.id

Baca juga : Cara Merawat Tanaman Calathea

Calathea memiliki beberapa varietas. Spesies aslinya berasal dari negara Brazil bagian utara dan barat. Selanjutnya mulai dibudayakan dan Asia, termasuk Indonesia. Pembudiayaan yang dilakukan menciptakan varietas-varietas baru yang berkarakter unik. 

Salah satu varietas yang banyak digemari para kolektor adalah Calathea Black Lipstik. Warna daunnya merupakan perpaduan hijau gelap dengan ungu. Jika diperhatikan dari kejauhan akan tampak seperti daun yang berwarna hitam. 

Keunikan lain dari Calathea Black Lipstik adalah adanya corak garis kelir berwarna merah mudah layaknya coretan lisptik.  Maka dari itu, varietas ini disebut dengan Black Lipstik. Jika memiliki tanaman hias daun ini, Anda tidak perlu khawatir soal perawatannya. Mengapa? 

Calathea jenis apapun bisa tumbuh subur dan beradaptasi di lingkungan dataran tinggi maupun rendah. Penyiraman dilakukan 1x dalam sehari dan tetap diperlukan paparan sinar matahari langsung secukupnya. 

Philodendron

Pilihan lainnya yang bisa Anda coba untuk menambah koleksi tanaman daun hias di rumah adalah Philodendron. Tanaman ini termasuk tanaman hias gantung yang sangat cocok diletakkan di teras rumah atau taman samping rumah. 

instagram/@bercocok.id

Ciri khas dari Philodendron adalah bentuk daun yang khas dengan ragam warna yang cantik. Setidaknya terdapat 500 spesies Philodendron yang tersebar di seluruh dunia. Anda bisa memilih salah satunya sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Artikel Terkait:  Jenis Tanaman Merambat Berdasarkan Tempatnya

Aglaonema

Aglaonema atau Sri Rejeki menjadi salah satu tanaman daun hias yang tetap eksis daan populer hingga sekarang. Nama yang disematkan pada tanaman ini dipercaya dapat mendatangkan energi positif, sehingga dapat melancarkan pundi-pundi rejeki bagi pemiliknya. 

instagram/@bercocok.id

Popularitas Aglaonema tidak hanya sekedar dari filosofi ‘pembawa rejeki’, tetapi adanya pernyataan dari NASA yang menjelaskan jika tanaman ini termasuk flora paling efektif untuk menghilangkan polutan. Manfaat ini sama halnya dengan Benzena dan Formaldehida di udara.

Keladi (Caladium)

Tanaman daun hias yang banyak ditemui di taman depan rumah adalah daun keladi. Mungkin tampaknya jenis tanaman ini tidak terlalu istimewa dan hanya dianggap sebagai daun biasa.

Instagram/@hobytanaman

Namun, ada beberapa jenis keladi yang corak yang unik dan patut dijadikan hiasan di dalam rumah. 

1. Miss Muffet

Bentuk daun dari jenis Miss Muffet sama halnya dengan tanaman Keladi lainnya. Ukuran daun lebih kecil dengan warna hijau muda sebagai dasarnya. Semua permukaan daun dipenuhi bintik merah pekat dan bagian tulang daun berwarna merah menyala. Harga mulai dari 100k – 500k.

2. Amazon

Jenis keladi yang diprediksi akan semakin melejit di tahun 2021 adalah Amazon. Keunikan dari jenis ini adalah warna daunnya anti mainstream dan cocok dijadikan tanaman hias di rumah Anda. Bentuknya menyerupai daun keladi tengkorak hitam. Harganya?  25k sampai 100k. 

3. Thai Beauty

Thai Beauty juga disebut sebagai keladi batik. Bentuk daunnya memanjang dan didominasi oleh warna merah muda terang. Terdapat sedikit warna hijau di bagian tepi  dan tulang daun. Harga keladi jenis ini di pasaran dibanderol mulai dari 25 ribu hingga 95 ribu rupiah. 

4. Radiance

Jenis Radiance adalah salah satu keladi yang banyak disukai dan dicari. Sebab tanaman ini sangat cantik dan cocok diletakkan di salah satu sudut rumah. Bagian pinggir daun berwarna hijau dengan bercak merah muda dan batang berwarna merah gelap. Harganya mulai 80 ribuan. 

5. Spring Fling

Jika Anda menyukai tanaman daun hias berwarna terang, cobalah untuk membeli dan mengoleksi daun keladi. Pilihlah jenis spring fling karena memiliki dominasi warna merah muda. Bagian pinggiran dan tulang daun berwarna hijau. Harganya cukup mahal mulai dari 1 jutaan. 

Artikel Terkait:  Jenis Jenis Alocasia yang Siap Mempercantik Rumahmu

6. Gingerland 

Daun keladi dengan bentuk hati yang cocok untuk mempercantik rumah Anda adalahh Keladi Gingerland. Ukuran daunnya variatif, mulai dari kecil hingga sedang. Warna dasar daun berupa putih lembut. Bagian pinggir berwarna hijau tua. 

Keunikan dari Gingerland karena adanya bintik merah muda keunguan yang menyebar merata di seluruh permukaan daun. Bintiknya ada yang besar maupun kecil. Anda bisa mendapatkan Keladi Gingerland dengan harga mulai 15 ribu saja di toko tanaman terdekat atau e-commerce.

7. White Queen

Unik dan cantik merupakan gambaran dari tanaman keladi jenis White Queen. Sesuai dengan namanya, tanaman ini memiliki dominasi warna putih di bagian permukaan daun. Pinggiran daun dan tulangnya berwarna hijau terang dengan urat-urat yang tampak jelas. 

Anda bisa mendapatkan white queen di toko tanaman terdekat. Siapkan uang mulai dari 35 ribu hingga 250 ribu rupiah. Untuk merawatnya, Anda hanya perlu menyiraminya secara teratur dan diletakkan pada ruangan yang terjamah sinar matahari. 

8. Moonlight

Keladi Moonlight merupakan salah satu jenis tanaman daun hias yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Warna permukaan daun keseluruhan adalah putih bersih dan akan tampak cantik ketika ada paparan sinar matahari. 

Bagian urat-urat daunnya sangat tampak karena memiliki warna hijau terang. Harga Keladi Moonlight dijual sekitar 20 ribu hingga  75 ribu rupiah. 

9. Bicolor

Keladi Bicolor banyak merupakan jenis yang mungkin sering Anda lihat di rumah tetangga atau alam liar, seperti pinggir sungai. Jenis Bicolor merupakan keladi yang paling umum dan sangat mudah dibudidayakan. Harga bibitnya mulai dari 10 ribu rupiah saja. 

10. Carylon Whorton

Trend mengoleksi tanaman keladi tampaknya akan semakin pesat di tahun 2021. Jenis Carylon Whorton bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki kombinasi warna yang cantik. Bentuk daunnya menyerupai hari dan corak warnanya terdiri dari hija, merah dan merah muda. 

Harga keladi Carylon Whorton di pasaran sekitar 10 ribu hingga 75 ribu saja. Harga ini sudah termasuk yang paling murah di antara jenis keladi lainnya. Anda juga bisa membudidayakan keladi Carylon dan menjadikannya lahan bisnis tanaman hias. 

Memiliki tanaman hias daun saat ini bisa menjadikan Anda sebagai jutawan baru. Pasalnya, tanaman daun hias sedang banyak peminat dan menjadi peluang bisnis menjanjikan sejak tahun 2020 lalu. Anda bisa memulainya dari sekarang dan pastikan lakukan perawatan dengan baik dan benar. 

Share this: