5 Perbedaan Philodendron dan Pothos yang Harus Diketahui

Memiliki bentuk daun yang hampir sama, berikut ini perbedaan philodendron dan pothos atau yang lebih dikenal dengan nama sirih gading pada artikel di bawah ini.

Memiliki bentuk daun yang hampir sama, tanaman hias philodendron dan pothos atau lebih dikenal dengan nama sirih gading ini kerap kali disebut mirip. Simak beberapa perbedaan philodendron dan pothos pada artikel dibawah ini.

Bercocok tanam memang tengah menjadi tren semenjak pandemi covid-19 melanda Indonesia. Sebagian orang menjadikannya sebagai hobi baru untuk hiburan di kala sedang di rumah saja.

Philodendron ini menjadi salah satu jenis tanaman yang paling populer pada tahun 2021. Perawatannya yang mudah dan bentuknya yang cantik membuat orang-orang ingin memilikinya.

Ada berbagai macam jenis tanaman hias philodendron seperti Philodendron Birkin,Philodendron Melanochrysum, Philodendron Golden Dragon, Philodendron Marble, Philodendron Billietiae, Philodendron Gloriosum, dan lain sebagainya.

Sementara itu, tanaman pothos atau yang lebih terkenal sirih gading ini merupakan jenis tanaman merambat yang memiliki ukuran lebih kecil dari dari philodendron. 

Cara merawat kedua tanaman tersebut sangat mudah. Media tanam yang digunakan pun tidak sulit. Kamu bisa memilih menggunakan media tanah maupun media air. Jika menggunakan media air sebaiknya rutin mengganti airnya seminggu sekali.

Kemudian untuk penempatan pothos, kamu bisa pilih untuk menggantungnya di sudut ruangan agar daunnya menjuntai ataupun bisa dibiarkan merambat bebas. Selanjutnya, meskipun keduanya memiliki bentuk yang hampir mirip sekilas, namun ternyata ada beberapa perbedaan antara philodendron dan pothos ini, antara lain:

Berbeda kelompok atau jenis

Menurut taksonomi, yakni ilmu pengelompokan organisme biologis, pothos dan philodendron ada dalam satu keluarga tumbuhan yang sama, yaitu aroid (Araceae). Namun, memiliki genera terpisah. Pothos masuk dalam genus Epipremnum sedangkan philodendron masuk dalam genus Philodendron.

Berbeda bentuk dan tekstur daun

Kedua tanaman tersebut jika dilihat secara sekilas memang terlihat sama, tetapi jika kamu memperhatikan secara lebih detail maka perbedaanya akan terlihat.

Perbedaan philodendron dan photos
Koleksi pribadi Bercocok

Perbedaan tersebut akan terlihat pada area tangkai dan pangkal daun yang saling terhubung. Philodendron memiliki daun berbentuk hati yang lebih banyak, tipis serta bertekstur lembut. Pangkal daunnya juga melengkung ke dalam dan berbentuk seperti bagian atas hati.

Sementara pothos memiliki daun yang lebih besar, tebal, dan juga lebih berkilau dengan pangkal daun yang relatif lurus.

Berbeda akar dan tangkai daun

Pada akar udara, pothos hanya memiliki satu akar udara besar, sedangkan philodendron memiliki beberapa akar udara yang lebih kecil dan terlihat lebih liar. Namun keduanya sama-sama memiliki akar udara yang agresif yang dapat membantu untuk merambat dan memanjat pada permukaan sekitar. 

Koleksi pribadi Bercocok

Selanjutnya pada tangkai daun, pothos memiliki tangkai daun yang lebih menjorok ke arah batang dan terhubung dengannya, sedangkan tangkai daun philodendron selain lebih tipis ia juga membulat penuh. Perbedaan tersebut terjadi karena perbedaan kebiasaan pertumbuhan dari keduanya.

Berbeda kebiasaan tumbuh daun baru

Perbedaan selanjutnya terlihat dari kebiasaan tumbuh daun baru. Pada philodendron, daun baru yang tumbuh akan muncul dari katafil, yakni daun kecil yang membungkus dan melindungi daun baru tersebut saat tumbuh.

Koleksi pribadi Bercocok

Setelah daun baru terbentang, daun lama akan tetap ada di tanaman tersebut sampai akhirnya mengering dan rontok dengan sendirinya. 

Artikel Terkait:  5 Tanaman Hias Indoor yang Cocok Buat Menghiasi Ruanganmu

Sementara itu, pada tanaman pothos daun baru akan tumbuh dan membentang dari daun yang sebelumnya.

Berbeda cara bertumbuh

Selanjutnya adalah perbedaan dari cara bertumbuh. Kedua tanaman tersebut sama-sama membutuhkan tanah, air, suhu, dan cahaya untuk bertumbuh, namun ternyata ada sedikit perbedaan.

Perbedaan berada pada unsur cahaya yang diterima, pothos lebih mudah mentolerir cahaya redup dibandingkan philodendron. Jika tidak mendapat cahaya yang cukup Philodendron akan tumbuh lebih cepat namun dengan ukuran daun yang sangat kecil.

pothos tidak terpengaruh dengan cahaya redup, ia akan terus tumbuh dan ukuran daunnya juga akan seperti biasa. 


Itu dia 5 perbedaan philodendron dan pothos. Gimana menambah pengetahuan kamu bukan?. Semoga artikel ini bisa membantu kamu agar tidak bingung lagi untuk membedakan antara philodendron dan pothos ya.

Share this:

Tinggalkan komentar