5 Jenis Tanaman Hias Wijaya Kusuma yang Memesona

Share this Article
Tanaman hias wijaya kusuma

Wijaya Kusuma (Epiphyllum oxypetalum), yang juga dikenal sebagai Orchid Cactus atau Night-Blooming Cereus, adalah tanaman hias yang sangat populer di kalangan pecinta tanaman. Dikenal karena keindahan bunga-bunga yang mempesona dan aroma yang harum, Wijaya Kusuma memiliki beberapa jenis yang menarik perhatian. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa jenis tanaman hias Wijaya Kusuma yang dapat Anda jadikan pilihan untuk menghiasi rumah atau kebun Anda.

Jenis Tanaman Hias Wijaya Kusuma

Epiphyllum oxypetalum ‘Queen of the Night’

Salah satu jenis Wijaya Kusuma yang paling terkenal adalah ‘Queen of the Night’. Tanaman ini mendapat julukan tersebut karena bunganya mekar pada malam hari dan memberikan keindahan yang luar biasa. Bunga ‘Queen of the Night’ memiliki kelopak putih berbentuk lonceng yang panjang dan lebar, dengan aroma yang khas dan menyegarkan. Keindahan bunga yang muncul di malam hari ini membuatnya menjadi daya tarik yang sangat istimewa.

Epiphyllum oxypetalum ‘Red Dragon’

‘Red Dragon’ adalah jenis Wijaya Kusuma yang menonjol berkat warna bunganya yang mencolok. Bunga dari tanaman ini memiliki warna merah terang yang sangat menarik perhatian. Seperti jenis Wijaya Kusuma lainnya, bunga ‘Red Dragon’ juga mekar pada malam hari, menciptakan suasana misterius dan romantis di sekitar tanaman.

Epiphyllum oxypetalum ‘Golden Beauty’

Jika Anda mencari variasi warna yang lebih unik, ‘Golden Beauty’ bisa menjadi pilihan yang menarik. Bunga tanaman ini memiliki kelopak kuning cerah yang memberikan kilauan keemasan yang indah. Kombinasi warna kuning cerah dengan daun hijau gelap memberikan tampilan yang menawan dan menyegarkan.

Epiphyllum oxypetalum ‘White Moon’

‘White Moon’ adalah jenis Wijaya Kusuma yang menampilkan kelopak putih murni yang elegan. Bunga ini memberikan kesan keanggunan dan kelembutan, terutama saat mekar di malam hari. Warna putihnya yang mencolok kontras dengan daun hijau gelap, menciptakan tampilan yang menarik dan indah.

Epiphyllum oxypetalum ‘Peach Blossom’

‘Peach Blossom’ adalah jenis Wijaya Kusuma yang memiliki kelopak berwarna persik atau merah muda. Warna yang lembut dan cerah ini memberikan kesan yang sangat manis dan feminin. Bunga ‘Peach Blossom’ juga mekar pada malam hari, menambah daya tarik romantis yang khas dari tanaman ini.

Memiliki jenis-jenis Wijaya Kusuma ini di dalam koleksi tanaman hias Anda akan memberikan variasi warna dan keindahan yang luar biasa. Dalam merawat tanaman ini, pastikan Anda memberikan pencahayaan yang cukup, tanah yang baik, dan kondisi lingkungan yang sesuai dengankebutuhan tanaman ini. Wijaya Kusuma biasanya tumbuh subur di tempat yang teduh dengan sinar matahari pagi atau sore yang tidak terlalu terik. Penting juga untuk menjaga kelembaban tanah yang konsisten dan menghindari genangan air yang berlebihan.

Selain itu, perlu diingat bahwa Wijaya Kusuma adalah tanaman epifit, yang berarti mereka biasanya tumbuh di atas permukaan tanah atau di batang pohon. Oleh karena itu, penting untuk memberikan dukungan yang tepat, seperti tiang atau potongan kayu, untuk mendukung pertumbuhan tanaman ini.

Dalam menjaga kesehatan Wijaya Kusuma, penting juga untuk memberikan pupuk secara teratur, terutama saat tanaman sedang dalam masa pertumbuhan aktif. Pilih pupuk yang mengandung nutrisi lengkap dan ikuti petunjuk penggunaan yang dianjurkan.

Dalam menghadapi musim dingin atau cuaca yang ekstrem, pastikan untuk melindungi tanaman ini dengan membawanya ke tempat yang lebih hangat atau memberikan penutup pelindung. Meskipun Wijaya Kusuma tahan terhadap beberapa kondisi cuaca, suhu dingin yang berkepanjangan dapat merusak tanaman ini.

Tanaman hias Wijaya Kusuma adalah tambahan yang menakjubkan untuk setiap ruang atau taman. Keindahan bunga-bunganya yang mekar di malam hari dan aroma harumnya menciptakan pengalaman yang magis bagi para pengamatnya. Dengan memilih dari berbagai jenis yang ada, Anda dapat menciptakan koleksi tanaman hias yang unik dan menakjubkan.

Cara Merawat Tanaman Wijaya Kusuma

Pencahayaan yang tepat

Wijaya Kusuma menyukai cahaya yang terang, tetapi tidak langsung terpapar sinar matahari yang terik. Tempatkan tanaman ini di dekat jendela yang mendapat sinar matahari pagi atau sore yang lembut. Jika ditempatkan di luar ruangan, pilihlah tempat yang teduh.

Air dan kelembaban

Pastikan tanah tetap lembab, tetapi tidak terlalu basah. Sirami tanaman secara teratur, terutama saat musim panas, tetapi jangan biarkan akar terendam dalam air. Periksa kelembaban tanah dengan mencelupkan jari Anda ke dalam tanah. Jika terasa kering di permukaan, berikan air dengan cukup. Selain itu, semprotkan air ke daun tanaman secara teratur untuk menjaga kelembaban udara di sekitarnya.

Pemupukan

Berikan pupuk kepada Wijaya Kusuma setiap bulan selama musim semi dan musim panas. Gunakan pupuk cair yang diformulasikan khusus untuk tanaman berbunga atau pupuk organik. Ikuti petunjuk penggunaan yang terdapat pada kemasan pupuk untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Perawatan setelah berbunga

Setelah Wijaya Kusuma mekar, jangan mengganggu tanaman atau memindahkannya ke tempat baru. Biarkan bunga-bunga tersebut mengering dengan sendirinya. Setelah bunga layu, Anda dapat memotongnya dengan hati-hati untuk menjaga penampilan tanaman tetap rapi.

Penyemaian dan pemangkasan

Jika Anda ingin menyebarkan tanaman ini, Anda dapat menggunakan biji yang dihasilkan setelah bunga mekar. Tanam biji-biji tersebut di dalam pot dengan media tanam yang baik. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pemangkasan ringan pada tanaman untuk menjaga bentuk dan kepadatan tanaman.

Perlindungan musim dingin

Jika Anda tinggal di daerah dengan musim dingin yang keras, pertimbangkan untuk membawa tanaman Wijaya Kusuma ke dalam ruangan selama musim dingin. Tanaman ini tidak tahan terhadap suhu yang terlalu rendah. Jika tidak memungkinkan untuk membawanya ke dalam ruangan, berikan perlindungan dengan menutupi tanaman dengan kain atau bahan penutup lainnya.

Dengan memberikan perawatan yang tepat, Wijaya Kusuma akan tumbuh subur dan memberikan Anda keindahan bunga yang menakjubkan. Pastikan untuk memperhatikan kebutuhan tanaman dan mengamati tanda-tanda kekurangan air atau masalah kesehatan lainnya. Dengan sedikit perhatian dan cinta, Wijaya Kusuma akan menjadi sorotan yang memukau di dalam ruangan atau taman Anda.

Baca juga : Rahasia Sukses Merawat Tanaman Hias Monstera di Rumah

Cara Mudah Memperbanyak Tanaman Syngonium

Syngonium, juga dikenal sebagai arrowhead vine atau goosefoot plant, adalah tanaman hias populer yang memiliki daun berbentuk panah dan tumbuh merambat. Tanaman ini berasal dari

Follow Us

Ikuti kami di Instagram untuk mendapatkan tips tentang bertanam tanaman hias dan juga ada promo menarik lainnya