20 Rekomendasi Tanaman Hias Outdoor yang Tahan Panas

Share this Article
Tanaman tahan panas

Mempunyai kebun yang subur dan indah adalah impian setiap tukang kebun. Namun, jika Anda tinggal di daerah yang memiliki iklim panas dan tanah yang cenderung kering, mungkin Anda merasa sulit untuk menemukan tanaman yang cocok untuk tumbuh di lingkungan tersebut. Tanah yang terpapar sinar matahari secara langsung dan memiliki suhu yang tinggi dapat menjadi tantangan bagi banyak tanaman. Namun, dengan memilih tanaman yang tahan panas, Anda masih bisa menciptakan kebun yang mempesona. Dalam artikel ini, kami akan memberikan 20 rekomendasi tanaman yang cocok untuk tanah panas dan iklim yang panas. Mari kita mulai!

1. Kaktus

Kaktus merupakan tanaman yang sangat populer dan cocok untuk tanah panas. Mereka dikenal dengan kemampuannya bertahan dalam kondisi panas yang ekstrem dan ketersediaan air yang minim. Kaktus hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran yang indah, sehingga dapat menambah keunikan dan keindahan pada kebun Anda.

2. Agave

Agave adalah tanaman sukulen lain yang sangat cocok untuk tanah panas. Tanaman ini memiliki daun tebal yang dapat menyimpan air dengan baik, sehingga mereka dapat bertahan dalam cuaca kering dan panas. Agave juga hadir dalam berbagai warna dan ukuran, sehingga Anda dapat memilih yang sesuai dengan selera Anda.

3. Yucca

Yucca merupakan tanaman yang tahan terhadap sinar matahari langsung dan dapat bertahan dalam kondisi panas yang ekstrem. Tanaman ini memiliki daun yang tebal dan tangkai bunga yang indah. Yucca juga mudah dirawat, sehingga merupakan pilihan yang bagus untuk tanah panas.

4. Lavender

Lavender adalah tanaman herbal yang sangat populer dan tahan panas. Mereka memiliki aroma yang harum dan bunga yang indah. Lavender dapat tumbuh subur di tanah yang panas dan kering, dan mereka juga menarik lebah dan kupu-kupu ke kebun Anda.

5. Rosemary

Rosemary adalah tanaman herba dengan daun hijau keabu-abuan yang aromatik. Mereka tumbuh subur di tanah yang panas dan kering, dan cocok untuk ditanam di area dengan sinar matahari penuh. Rosemary juga dapat digunakan sebagai rempah-rempah dalam masakan, sehingga memiliki manfaat ganda.

6. Bougainvillea

Bougainvillea adalah tanaman yang menarik perhatian dengan bunga-bunga berwarna cerah yang indah. Mereka tahan terhadap sinar matahari yang terik dan iklim panas, serta tumbuh subur di tanah yang kering. Bougainvillea juga bisa digunakan untuk merambat pada pagar atau pergola, menambahkan sentuhan artistik pada taman Anda.

Artikel Terkait:  10 Tanaman Hias Outdoor untuk Teras Rumah dan Taman Mungil

7. Oleander

Oleander adalah tanaman berbunga yang tahan panas dan tumbuh subur di daerah dengan iklim panas dan kering. Mereka memiliki bunga yang indah dalam berbagai warna seperti merah muda, putih, dan kuning. Namun, perlu diingat bahwa semua bagian tanaman ini beracun, jadi pastikan untuk menjaga jarak yang aman jika Anda memiliki hewan peliharaan atau anak-anak.

8. Honeysuckle

Honeysuckle, atau bunga serut, adalah tanaman memanjakan yang cocok untuk tanah panas. Mereka memiliki bunga yang harum dan menarik serangga penyerbuk seperti kupu-kupu dan lebah. Honeysuckle juga dapat merambat pada pagar atau trellis, menciptakan fitur hias yang menarik dalam kebun Anda.

9. Zinnia

Zinnia adalah tanaman bunga yang cerah dan mudah tumbuh. Mereka tahan terhadap suhu panas dan cocok untuk ditanam di tanah yang panas dan kering. Zinnia hadir dalam berbagai warna yang menarik, termasuk merah, kuning, oranye, dan ungu. Tanaman ini juga menarik kupu-kupu dan lebah, sehingga dapat memperindah kebun Anda.

10. Marigold

Marigold adalah tanaman bunga yang tahan panas dan tumbuh subur di tanah yang panas dan kering. Mereka memiliki bunga berwarna cerah seperti oranye, kuning, dan merah. Marigold juga memiliki sifat penolak serangga, sehingga dapat melindungi tanaman lain dalam kebun Anda.

11. Canna Lily

Canna Lily adalah tanaman yang menarik dengan bunga yang besar dan warna-warni. Mereka tumbuh subur di tanah yang panas dan lembap, dan cocok untuk tumbuh di daerah yang memiliki musim panas yang panas dan lembap. Canna Lily juga menambahkan sentuhan eksotis pada kebun Anda.

12. Portulaca

Portulaca, atau kembang semangkuk, adalah tanaman sukulen yang tahan panas. Mereka tumbuh subur di tanah yang panas dan kering, dan memiliki bunga yang indah dengan berbagai warna seperti merah, kuning, putih, dan ungu. Portulaca juga dapat bertahan dalam kondisi tanah yang kurang subur, sehingga merupakan pilihan yang bagus untuk tanah yang panas dan tandus.

13. Sedum

Sedum adalah tanaman sukulen yang cocok untuk tanah panas. Mereka memiliki daun tebal dan mengisi ruang dengan sempurna di antara batu-batu atau di taman kering. Sedum hadir dalam berbagai variasi warna dan bentuk, menambahkan keindahan yang menarik pada kebun Anda.

14. Sunflower

Sunflower atau bunga matahari adalah tanaman yang populer dengan bunga yang besar dan biji yang lezat. Mereka tumbuh subur di tanah yang panas dan iklim yang kering. Sunflower juga menarik burung dan serangga penyerbuk, sehingga memberikan kehidupan pada kebun Anda.

Artikel Terkait:  10 Jenis Tanaman Puring dengan Corak Cantik yang Memukau

15. Salvia

Salvia adalah tanaman berbunga yang tahan terhadap panas dan kering. Mereka memiliki bunga yang indah dalam warna seperti biru, merah, dan ungu. Salvia juga menarik kolibri dan lebah, sehingga menyediakan sumber makanan bagi serangga penyerbuk.

16. Lantana

Lantana adalah tanaman yang tahan panas dan kering, serta memiliki bunga yang cerah dan beraneka warna. Mereka menarik kupu-kupu dan lebah, sehingga memberikan keindahan dan kehidupan pada kebun Anda. Lantana juga mudah tumbuh dan membutuhkan sedikit perawatan.

17. Verbena

Verbena adalah tanaman bunga yang tahan panas dan cocok untuk tanah yang kering. Mereka memiliki bunga yang indah dalam warna seperti merah, ungu, dan putih. Verbena juga menarik kupu-kupu dan serangga penyerbuk, sehingga memberikan kehidupan pada kebun Anda.

18. Periwinkle

Periwinkle adalah tanaman yang tahan panas dan tumbuh subur di tanah yang kering. Mereka memiliki bunga berwarna cerah dan daun hijau mengkilap. Periwinkle juga tahan terhadap kondisi tanah yang kurang subur, sehingga merupakan pilihan yang bagus untuk tanah yang panas dan tandus.

19. Gaillardia

Gaillardia, atau matahari liar, adalah tanaman yang tahan panas dan cocok untuk tanah kering. Mereka memiliki bunga berwarna cerah dengan pola yang menarik. Gaillardia juga menarik serangga penyerbuk dan burung, sehingga memberikan kehidupan pada kebun Anda.

20. Dusty Miller

Dusty Miller adalah tanaman hias yang tahan panas dan memiliki daun abu-abu yang lebat. Mereka tumbuh subur di tanah yang panas dan kering, dan menambahkan kontras warna yang menarik pada kebun Anda. Dusty Miller juga tahan terhadap serangga dan hama, sehingga memudahkan perawatannya.

Memilih tanaman yang tahan panas sangat penting jika Anda tinggal di daerah dengan iklim panas dan tanah yang kering. Dalam artikel ini, kami telah memberikan 20 rekomendasi tanaman yang cocok untuk tanah panas. Mulai dari kaktus yang ikonik hingga bunga-bunga cerah seperti marigold dan sunflower, Anda memiliki banyak pilihan untuk menciptakan kebun yang indah dan subur. Jangan biarkan iklim panas dan tanah yang kering menghalangi Anda untuk memiliki kebun yang mempesona. Pilih tanaman yang tahan panas, berikan perawatan yang tepat, dan nikmati keindahan yang dihasilkannya.

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hortikultura

Selamat datang di dunia hortikultura yang menakjubkan! Ikuti kami dalam perjalanan yang indah ini untuk menjelajahi berbagai jenis tanaman hortikultura yang akan menghiasi taman Anda,