10 Tanaman Termahal di Dunia yang harus Kamu Ketahui

Tanaman termahal saat ini banyak digandrungi masyarakat. Bahkan harganya tidak tanggung-tanggung lagi karena mencapai jutaan rupiah. Meskipun harganya selangit namun tetap menjadi favorit. 

Faktor-faktor yang mempengaruhi antara lain bentuknya yang indah, kelangkaan, perkembangbiakan dan cara perawatan. Aktivitas berkebun di beberapa dekade ini menjadi populer. 

Para generasi muda mulai melirik berbagai spesies langka. Tidak heran jika keinginan untuk memilikinya juga meningkat karena keunikan dari masing-masing spesies menjadi daya tarik tersendiri. 

10 Tanaman Termahal di Dunia 

Harga tidak lagi menjadi penghalang bagi kamu yang suka berkebun untuk membeli tanaman favorit. Apalagi jika bentuknya unik, bunganya cantik dan termasuk spesies langka.

Monstera Obliqua

Ukuran dari monstera obliqua kecil dengan tingginya maksimal 6 inci. Keunikannya terletak pada warnanya bagus dan bunganya indah ketika mekar. 

Daunnya besar, berlubang-lubang dan berbentuk menyerupai renda sehingga tampak lebih menarik. Seiring dengan meningkatnya permintaan dari masyarakat membuat harganya mencapai US $3.700. 

Alocasia Azlanii

Tanaman termahal dari Malaysia ini populer dengan nama mambo merah. Kamu pasti akan jatuh cinta ketika melihatnya karena sangat unik dan langka. 

Daunnya berwana hijau tua yang mana bagian uratnya berkilauan dan berwarna merah, ungu, atau pink. Hal ini membentuk sebuah karya seni yang indah, tidak heran jika harganya US $550. 

Philodendron Minima Varigata

Philodendron minima pada umumnya hanya dijual US $20 sampai US $50. Namun, Trade Me sebuah situs perdagangan paling besar di Selandia Baru berhasil menjualnya US $8.150.

Alasannya karena daun tanaman termahal tersebut sempurna dengan warna hijau muda dan mengkilap. Jumlah keseluruhan daunnya ada 4 di mana salah satu sisi ada yang berwarna kuning.

Artikel Terkait:  8 Jenis Alocasia yang Paling Digemari

Monstera Delicosa

Monstera delicosa menjadi semakin populer setelah para influencer terkenal menampilkannya di Instagram. Salah satu keistimewaannya adalah daunnya mengkilap dan ukurannya besar. 

Hal itulah yang membuat tanaman terlihat mencolok dan semakin hidup. Bentuk paling populer yaitu memiliki bercak putih dan dijual US $750. 

Anggrek Nongke Shenzhen

Anggrek Nongke Shenzhen merupakan hasil buatan manusia. Para ilmuwan memerlukan waktu 8 tahun untuk bisa menciptakannya hingga mekar. Kamu harus menunggu selama 4 sampai 5 tahun untuk melihatnya mekar. 

Banyak orang rela menunggu lama demi melihat tanaman termahal ini mekar. Alasannya karena penampilannya sangat indah dan memiliki aroma khas. Dalam sebuah pelelangan berhasil dijual US $200.000. 

Juliet Rose

Proses pembuatan jenis mawar hibrida ini memakan waktu 15 tahun. Biaya pembuatannya mencapai US $5 juta, pantas saja harganya sangat fantastis yaitu US $15,8 juta. 

Orang yang membuatnya bernama David Austin, kemudian tampil pertama kali di Chelsea Flower Show pada tahun 2006. Kuncup bunganya unik, warnanya merah jambu namun bagian tengahnya semakin gelap. 

Anggrek Kinabalu Emas

Tanaman termahal selanjutnya ada anggrek kinabalu emas yang langka. Kamu hanya menemukannya di Taman Nasional Kinabalu Malaysia. Bunga spesies tersebut dalam setahun hanya tumbuh sebulan di antara April sampai Mei. 

Waktu yang dibutuhkan untuk bisa mekar sangat lama bahkan hingga bertahun-tahun. Keistimewaannya adalah pada kelopak bunga terdapat bintik-bintik merah membentuk sebuah pola sehingga dijual US $5.000. 

Saffron Crocus

Saffron crocus hanya tumbuh 1 minggu per tahun dan jumlahnya terbatas sehingga layak dijual mahal. Harganya mencapai US $1.500 per pon. 

Bunganya berwarna ungu dan mekar sekali dalam setahun di akhir September sampai awal Desember. Negara yang hingga kini menanamnya yaitu India, Iran, Amerika, Belanda, Spanyol dan Afganistan. 

Artikel Terkait:  Kecantikan Monstera Variegata dan Serba-Serbinya

Bunga Kadupul

Tanaman termahal selanjutnya adalah bunga kadupul yang memiliki kelopak putih dan sangat halus. Bunganya sangat langka serta hanya terdapat di Sri Lanka. 

Bunga hanya dapat dilihat setahun sekali dan waktu mekarnya biasanya di tengah malam. Bunga tanaman ini sangat berharga, bahkan kamu tidak akan bisa untuk membelinya. 

Bohlam Tulip

Pada abad ke 17, bohlam tulip cukup populer terutama di negara Belanda. Harga bunganya cukup tinggi sekitar US $5.700 karena bentuknya sangat megah. 

Tanaman di atas selain memiliki karakter yang unik, beberapa juga ada yang langka. Tidak heran jika harga jualnya sangat tinggi sehingga disebut sebagai tanaman termahal. 

Mampir Yuk ke Tokopedia
& Instagram Bercocok

Kamu yang lagi cari tanaman dan perlengkapan berkebun lainnya, Yuk kunjungi tokopedia dan instagram bercocok.

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Seberapa suka kamu dengan artikel ini?

Artikel Lainnya

© 2021 Bercocok.id • Built with